in: Power Supply | November 23, 2016 | by: Hendra Wijaya

Hands-On PSU Thermaltake Smart DPS G 650W

Sebagai produsen power supply, Thermaltake memiliki beberapa lini produk power supply yang masing-masing punya ciri khas tersendiri. Kali ini, salah satu power supply/PSU dari Thermaltake, Smart DPS G, hadir di lab. pengujian kami. PSU ini ditawarkan Thermaltake dalam dua pilihan kapasitas daya, yaitu 650 Watt dan 750 Watt, dan mengantongi sertifikasi efisiensi daya 80 Plus Gold. Penasaran dengan apa yang ditaawrkan PSU Smart DPS G ini? Simak hands-on kami berikut in!

thermaltake-smart-dps-g-gold-9

Smart DPS G ini hadir sebagai Smart PSU dari Thermaltake, yang berarti PSU ini dilengkapi dengan sistem kontrol digital yang disebut sebagai Thermaltake DPS G Smart Power Management (SPM). Pengguna PSU ini dapat memantau dan melakukan pengaturan PSU ini melalui aplikasi di PC atau smartphone. Mari kita mulai pembahasan terkait PSU yang satu ini!

Spesifikasi

Berikut spesifikasi singkat dari Thermaltake Smart DPS G 650W ini:

spesifikasi-thermaltake-dps-650-g-2spesifikasi-thermaltake-dps-650-g-3spesifikasi-thermaltake-dps-650g-4

Seperti yang disebutkan oleh Thermaltake, PSU ini mendukung output daya maksimal 650 Watt, dengan peak output di angka 780 Watt. PSU ini dilengkapi dengan Active PFC, dan didinginkan dengan sebuah fan 140 mm. Thermaltake mendesain PSU ini sebagai PSU semi-modular, dalam artian tidak semua kabel di PSU ini adalah kabel modular.

Paket Penjualan

thermaltake-smart-dps-g-gold-2
Kemasan Thermaltake Smart DPS G 650W
thermaltake-smart-dps-g-gold-4
Konten paket penjualan Smart DPS G 650W

thermaltake-smart-dps-g-gold-5

Thermaltake Smart DPS G 650W ini hadir dengan perlengkapan yang cukup lengkap. Di paket penjualan PSU ini terdapat unit PSU, kabel modular, kabel AC, cable tie, baut, kartu gransi dan manual book. Thermaltake juga menyediakan kantong kabel modular untuk menyimpan kabel-kabel yang tidak digunakan.

thermaltake-smart-dps-g-gold-9
Thermaltake Smart DPS G 650W

thermaltake-smart-dps-g-gold-11

Satu hal yang menarik, Thermaltake menempelkan satu label peringatan di bagian belakang PSU ini. Label tersebut ditujukan untuk mengingatkan pengguna bahwa kipas di PSU ini tidak selalu berputar. Thermaltake menyebutkan bahwa kipas hanya akan berputar saat PSU mendapatkan beban kerja 30% ke atas dari kapasitasnya.

thermaltake-smart-dps-g-gold-10

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, PSU ini dilengkapi dengan fan 140 mm untuk pendingin. Fan ini didesain untuk beroperasi di tingkat kebisingan rendah.

thermaltake-smart-dps-g-gold-12

PSU ini menggunakan desain singlerail 12V+. Ini membuat pengguna tidak perlu pusing akan pengaturan keseimbangan daya di rail yang ada di PSU.

thermaltake-smart-dps-g-gold-13
Kabel power ATX 20+4 pin dan CPU 12V 4+4 pin

Smart DPS G 650W ini hadir kabel ATX 20+4 pin dan CPU 12V 4+4 pin sudah terpasang permanen. Sementara kabel-kabel lain hadir sebagai kabel modular. Kabel modular PSU ini hadir dengan desain tipis, sehingga memudahkan pengturan kabel di dalam casing.

thermaltake-smart-dps-g-gold-14

Sementara untuk kabel modular, berikut ini adalah daftar kabel modular yang dimiliki PSU Smart DPS G 650 Watt:

Kabel power PCIe 6+2 pin untuk VGA Card
2x kabel power PCIe 6+2 pin untuk graphics card

 

thermaltake-smart-dps-g-gold-1
2x kabel power SATA, masing-masing dengan 3 konektor power SATA

thermaltake-smart-dps-g-gold-17

1x kabel power molex 4-pin dan floppy

thermaltake-smart-dps-g-gold-15Terdapat juga satu kabel USB untuk menghubungkan PSU ke header USB di motherboard. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, PSU ini memang dilengkapi dengan sistem kontrol digital. Kontrol itu dilakukan melalui aplikasi yang disediakan oleh Thermaltake.

software-thermaltake-650g-dps-2

Aplikasi khusus tersebut memungkinkan pengguna memantau beberapa parameter ketika PSU beroperasi. Parameter yang bisa dipantau antara lain suhu operasi, daya listrik yang digunakan, efisiensi, dan kecepatan fan. Aplikasi Thermaltake itu disebut sebagai “DPS G App”.

software-thermaltake-650g-dps-4

Thermaltake juga menawarkan DPS G Smart Power Management (SPM), di mana sistem ini memungkinkan pengguna untuk memantau kondisi kelistrikan PC dari jarak jauh, melalui Internet. Tentunya aplikasi ini harus diinstall di smartphone atau laptop milik pengguna terlebih dahulu. Aplikasi bisa mengirimkan peringatan jika terjadi kegagalan di sistem, termasuk fan yang bermasalah, suhu operasi yang terlalu tinggi, dan tegangan listrik yang tidak stabil.

Penutup

Melihat apa yang ditawarkan oleh Smart DPS G 650W, kita bisa melihat bahwa PSU Thermaltake ini merupakan salah satu produk PSU yang kaya akan fitur. PSU ini menawarkan kontrol digital, sehingga pengguna bisa memantau beberapa hal di PSU atau PC, bahkan dari jarak jauh sekalipun. Tidak heran jika Thermaltake sendiri memberikan label Smart PSU ke PSU ini.

PSU ini juga sesuai dengan kebutuhan di PC masa kini, terutama dengan sertifikasi 80 Plus Gold dan menggunakan sistem kabel semi-modular. Menariknya, terlepas dari fitur-fitur menarik tersebut, Thermaltake masih menawarkan Smart DPS G varian daya 650 Watt ini dengan harga yang tergolong masuk akal. Harganya ada di kisaran Rp 1.700.000 yang merupakan harga yang menarik untuk PSU 80 Plus Gold kelas menengah.

 

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES