in: News | November 8, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Intel Siapkan SSD Baru Berbasiskan Vertical NAND TLC

intel-610p

Intel yang merupakan produsen yang sangat terkenal di dunia sebagai produsen prosesor, juga turut dikenal sebagai pelopor hadirnya SSD (Solid State Drive). Diketahui, saat ini Intel cukup banyak memiliki koleksi SSD dengan mengusung beragam teknologi di dalamnya, serta form factor yang digunakan. Dan kali ini, produsen ternama asal Amerika Serikat ini dilaporkan sedang menyiapkan SSD terbaru.

SSD baru yang sedang disiapkan Intel kali ini bernama 610P. Media penyimpanan tersebut dilaporkan akan menggunakan memori Vertical NAND tipe TLC (Triple Level-cell). Selain itu, SSD ini juga dirancang dengan form factor M.2-2280 dengan memanfaatkan jalur PCIe Gen 3.0 x4 sebagai antarmukanya. Sayangnya, kontroler yang digunakan untuk SSD ini belum diketahui. Kemungkinan besar, kontroler yang digunakan memiliki proses fabrikasi 16nm buatan Intel dan Micron atau bisa juga Silicon Motion.

Tidak hanya itu, SSD Intel 610P ini ternyata bakal memiliki performa yang sangat mumpuni dalam menghasilkan kinerja Read dan Write karena akan didukung dengan protokol NVMe (Non-Volatile Memory Express) 1.2. Soal kapasitas yang tersedia, pihak Intel tampaknya akan menyediakan 5 pilihan kapasitas, mulai dari 128GB, 256GB, 512GB, 1TB dan 2TB.

Soal harga untuk SSD ini tampaknya belum diketahui secara rinci. Ketersediaannya di pasaran pun tampaknya akan cukup lama. SSD Intel 610P NVMe dengan form factor M.2 rencananya akan dirilis pada kuartal 4 tahun depan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES