in: Audio - Highlights | November 19, 2016 | by: Hendra Wijaya

Menguji AMP-UP Audio Motherboard Gigabyte G1.Sniper A88X

Saat ini, tren bermain game untuk eSports terus berkembang, dan perkembangan ini secara langsung mempengaruhi populasi gamer di dunia. Gamer eSports di dunia, terutama yang menggunakan PC, terus meningkat populasinya, dan mereka membutuhkan PC dengan spesifikasi yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan di dunia eSports. Hal ini mendorong produsen periferal PC mengembangkan teknologi yang mendukung gamer eSports di produk-produk mereka.

Untuk motherboard, agar sesuai dengan kebutuhan gamer eSports, dan memikat hati mereka, produsen motherboard memberikan banyak hal, seperti penggunaan komponen berkualitas dan berdaya tahan tinggi, networking bebas lag, desain produk ala gamer, serta audio yang sesuai untuk gamer. Khusus untuk audio, beberapa produsen sudah menawarkan komponen audio built-in di motherboard yang mumpuni, lebih berkualitas dibandingkan dengan yang ada di motherboard biasa.gigabyte-a88x-g1-sniper

Di kesempatan kali ini, kami akan membahas fitur audio seperti yang kami jabarkan di atas yang ditawarkan di salah satu motherboard dari Gigabyte untuk lini pendukung gamer. Fitur ini  dikenal sebagai “AMP-UP Audio”. Motherboard dengan fitur tersebut yang kami gunakan kali ini adalah Gigabyte G1.Sniper A88X.

Sebelum melanjutkan pengujian ini kami menekankan beberapa hal berikut ini:

  • Pengujian ini lebih bersifat menceritakan pengalaman penggunaan (user experience)
  • Pengujian ini dilakukan dengan objektifitas yang ada, tetapi tentunya terdapat elemen subjektifitas dari penulis sekaligus penguji
  • Masing-masing individu memiliki kemampuan mendengar yang berbeda-beda
  • Masing-masing individu memiliki selera audio yang berbeda-beda

AMP-UP Audio di Gigabyte G1.Sniper A88X

gigabyte-a88x-g1-sniper-amp-up

Gigabyte G1.Sniper A88X ini dilengkapi dengan in AMP-UP Audio yang dipersenjatai dengan chipset Realtek ALC898. Chip ini memiliki 10 channel DAC yang mampu mendukung output hingga 7.1 channel. Untuk spesifikasi lebih lengkapnya dapat dilihat di link Ini.

gigabyte-a88x-g1-sniper-amp-up-capcitor-nichicon

Berbeda dengan kebanyakan motherboard gaming yang ada, yang menggunakan kapasitor aluminium/solid capacitor pada rangkaian audio built-in, Gigabyte menawarkan kapastor elektrolit dari Nichicon di AMP-UP Audio di motherboard ini. Kapasitor Nichicon ini memang umum digunakan di perangkat audio premium.

gigabyte-a88x-g1-sniper-amp-up-op-amp

Gigabyte juga melengkapi audio built-in di G1.Sniper A88X ini dengan OP-AMP dari Burr-Brown “OPA2134PA”.

gigabyte-a88x-g1-sniper-amp-up-opamp-socket

Seperti di beberapa motherboard mereka yang lain, AMP-UP Audio di G1.Sniper A88X ini juga menawarkan fleksibilitas penggunanya untuk mengganti OP-AMP. Ini bisa dilakukan untuk mendapatkan karakter output audio yang berbeda dan lebih sesuai dengan selera pengguna.

gigabyte-a88x-g1-sniper-amp-up-amplification

Salah satu fitur utama yang ditawarkan AMP-UP Audio ini adalah kemampuan amplifikasi audio. Melihat hal itu, tidak heran bila Gigabyte juga menghadirkan switch khusus untuk mengatur kekuatan amplifikasi dari amplifier, dari 2,5x hingga 6x.

gigabyte-a88x-g1-sniper-amp-up-gold-plated-io

Beralih ke konektor audio, G1.Sniper A88X ini dilengkapi dengan “Gold Plated” I/O Audio yang diklaim bisa meningkatkan konduktivitas konektor yang digunakan. Ini diharapkan bisa menjaga nilai impedansi pada setiap perangkat audio yang digunakan agar tetap sesuai dengan spesifikasi yang ada.

gigabyte-a88x-g1-sniper-dac-up

Selain menyediakan konektor audio untuk output analog dan optical, Gigabyte G1.Sniper A88X ini juga dilengkapi dengan USB DAC-UP yang merupakan konektor khusus untuk perangkat sound card/DAC/ADC – AMP eksternal dengan basis USB.

gigabyte-a88x-g1-sniper-dac-up-b

USB DAC-UP ini menggunakan jalur data dan daya tersendiri, terpisah  dari port USB lain. Hal ini dimaksud untuk mengurangi interferensi dan noise listrik, yang bisa mengganggu kualitas audio yang dihasilkan.

Perangkat Pengujian

gigabyte-a88x-g1-sniper-amp-up-perangkat-pengujian

Untuk menguji fitur AMP-UP Audio di motherboard Gigabyte G1.Sniper A88X ini, kami menggunakan beberapa perangkat sebagai berikut:

  • Headphone Sennheiser HD700 (150 ohm)
  • Headphone Sennheiser HD600 (300 ohm)
  • Earphone Sennheiser IE800 (16 ohm)
  • Speaker Altec Lansing MX5021
  • Onkyo SE-U55SX Rev2B (DAC-AMP eksternal untuk pembanding)

Halaman Berikutnya: User Experience Pengujian

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES