in: Audio - Highlights | November 19, 2016 | by: Hendra Wijaya

Menguji AMP-UP Audio Motherboard Gigabyte G1.Sniper A88X

Hasil Pengujian

Kekuatan Amplifikasi

AMP-UP Audio di motherboard Gigabyte G1.Sniper A88X ini dilengkapi dengan amplifier built-in dengan 2 opsi kekuatan amplifikasi, yakni  2,5x dan 6x. Selama pengujian yang kami lakukan, dengan menggunakan opsi kekuatan amplifikasi 2,5x saja, yang merupakan konfigurasi standar, volume yang dihasilkan sudah cukup powerfull untuk mengangkat/men-drive sebuah headphone yang memiliki impedansi 300 ohm tanpa masalah. Bahkan kami harus mengatur volume suara di OS pada kisaran 80-90% agar suara yang dihasilkan tidak terlalu keras. Sementara untuk headphone ber-impedansi 150 ohm, kami cukup menggunakan volume sebesar 60-70% saja.

gigabyte-a88x-g1-sniper-amp-up-amplification

Sayangnya, kami tidak memiliki headphone ber-impedansi 600 ohm untuk pengujian ini. Namun, melihat hasil yang ada, kami headphone ber-impedansi 600 ohm sekalipun kami perkirakan masih dapat di-drive dengan baik dengan amplifikasi 2,5x saja. Jika kurang kuat, masih terdapat opsi amplifikasi 6x yang siap mengakomodasikan headphone ber-impedansi 600 ohm. Hanya saja, saat menggunakan amplifikasi 6x ini, noise audio yang dihasilkan sedikit meningkat.

Kualitas dan Karakter Suara

Strix Raid DLX 56

Dibandingkan dengan audio built-in motherboard konvensional, AMP-UP Audio di motherboard Gigabyte G1.Sniper A88X ini menawarkan detail yang jelas dan mumpuni. Untuk sebuah audio built-in motherboard, kualitasnya bahkan mampu menyaingi detail yang dapat diberikan oleh sebuah sound card gaming eksternal kelas premium. Saat memainkan game CS-GO, kami dapat mendengar suara footstep yang berada di kejauhan dengan mudah dan jelas.

piano guys

Saat digunakan untuk mendengarkan musik, AMP-UP Audio ini mampu menawarkan detail, separasi dan kualitas bass yang bisa dibilang tergolong cukup impresif untuk sebuah audio built-in motherboard. Setidaknya kami (penulis) masih dapat menikmati musik/lagu dengan headphone/earphone yang digunakan pada pengujian, walaupun sudah terbiasa menggunakan DAC-AMP ONKYO SE-U55-SXII Rev 2B yang merupakan salah satu sound card eksternal kelas premium yang harganya saja lebih mahal dibandingkan motherboard yang digunakan pada pengujian ini.

AMP-UP Audio yang tertanam pada motherboard Gigabyte G1.Sniper A88X ini memiliki karakteristik yang bright, sehingga tidak heran jika mampu memberikan detail yang baik. Hanya saja, karakteristik ini dapat menjadi kelemahan pada saat menggunakan headphone dengan karakteristik “bright” juga, di mana suara yang dihasilkan menjadi agak kasar dan cukup sering menusuk telinga.

Software

gigabyte-a88x-g1-sniper-software-1

gigabyte-a88x-g1-sniper-software-2

gigabyte-a88x-g1-sniper-software-3

Untuk software pengaturan audio, Gigabyte sendiri masih menggunakan interface bawaan yang digunakan oleh Realtek. Software “Realtek HD Audio Manager” ini justru membuat pengaturan untuk AMP-UP Audio ini terlihat cukup sederhana dan mudah dipahami. Ssoftware ini juga menyediakan konfigurasi equailizer sehingga pengguna bisa lebih menyesuaikan output sesuai dengan selera. Terdapat juga fitur kalibrasi speaker 5.1/7.1 dan efek-efek spesial.

Kesimpulan

gigabyte-a88x-g1-sniper-amp-up-amplification

Setelah mencicipi audio yang ditawarkan oleh motherboard G1.Sniper A88X ini, kami dapat melihat bahwa komponen audio built-in “AMP-UP Audio” ini telah dilengkapi dengan amplifier yang powerfull, siap mengakomodasi headphone yang memiliki impedansi 600 ohm sekalipun. Tentunya, dengan kekuatan amplifikasi yang powerfull ini, para pengguna earphone ataupun headphone ber-impedansi rendah, harus sedikit berhati-hati ketika menggunakan perangkat audio miliknya untuk pertama kali di motherboard ini. Kami sarankan pengguna mengatur volume suara sekecil mungkin terlebih dahulu, baru meningkatkannya perlahan-lahan agar tidak terkejut dengan volume yang suara yang dihasilkan saat menikmati lagu, film ataupun game.

gigabyte-a88x-g1-sniper-amp-up

Selain kekuatan amplifikasi yang powerfull, AMP-UP Audio ini menawarkan kualitas audio yang tergolong mumpuni untuk di kelas audio built-in motherboard. AMP-UP Audio mampu menawarkan detail audio yang memuaskan serta kualitas separasi dan bass yang tidak dapat diremehkan. Kami merasa kualitas yang ditawarkan tidak kalah dengan sound card gaming eksternal yang beredar di pasaran.

Hanya saja, perlu diketahui, kualitas audio yang ditawarkan oleh AMP-UP ini juga kembali bergantung pada headphone atau earphone yang digunakan. Kami menyarankan menggunakan headphone/headset/earphone yang memiliki karakteristik audio yang netral dan warm. Kami kurang menyarankan menggunakan headphone/headset/earphone berkarakteristik “bright” yang dapat membuat presentasi detail menjadi berlebihan. Ini akan membuat suara yang dihasilkan terasa sedikit kasar dan sering menusuk telinga pada saat mendengar suara frekuensi tinggi.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES