in: News | November 17, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Microsoft Bergabung ke Linux Foundation

Sebuah kabar yang cukup menarik hadir dari acara tahunan Microsoft untuk kalangan software developer. Microsoft justru mengumumkan bahwa mereka akan bergabung ke Linux Foundation, pihak yang ada di belakang berbagai sistem operasi yang menjadi pesaing sistem operasi besutan Microsoft sendiri. Bahkan, Microsoft bergabung sebagai Platinum Member di Linux Foundation.

Microsoft Love Linux

Ingin Dekatkan Diri dengan Kalangan Open Source

Langkah Microsoft bergabung sebagai Platinum Member di Linux Foundation ini merupakan wujud nyata mereka menjangkau kalangan open source. Microsoft memang ingin agar solusi yang mereka hadirkan menjangkau lebih banyak pengguna, dengan menghadirkan solusi-solusi itu di lebih banyak ekosistem. Ini akan membawa keuntungan bagi banyak pihak, terutama di bidang cloud dan mobile.

Perwakilan Linux Foundation menyebutkan bahwa Microsoft selama ini sudah banyak berkontribusi untuk perkembangan proyek-proyek di lingkungan open source. Salah satunya adalah dengan .NET Core, framework aplikasi cross-platform yang mereka miliki. Memang, banyak pihak di dunia teknologi yang memanfaatkan .NET Core untuk basis aplikasi di produk mereka, termasuk Samsung di ekosistem Tizen.

Microsoft Makin Rajin Masuk ke Linux

Sejak beberapa waktu lalu, Microsoft memang makin rajin menghadirkan produk mereka ke Linux. Selain .NET Core, Microsoft juga telah menghadirkan SQL Server dan Power Shell di Linux. Kini, dengan bergabungnya Microsoft ke Linux Foundation, selain menjangkau open source, Microsoft tampaknya juga ingin mendekatkan diri dengan Linux, dan bisa jadi akan menghadirkan lebih banyak produk ke Linux.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES