in: News | November 25, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Netflix 4K di PC: Windows 10, Browser Edge, dan Prosesor Kaby Lake!

Salah satu penyedia layanan video-on-demand berbasis streaming, Netflix, sudah mulai menghadirkan streaming video 4K sejak tahun 2014 lalu. Sayangnya, layanan video 4K itu hanya berlaku untuk TV dan beberapa perangkat set-top-box saja, bukan untuk PC. Netflix baru akan video 4K di PC pada akhir November 2016 ini. Uniknya, layanan itu membutuhkan PC baru!

netflix-4k

PC Baru: Wajib dengan Kaby Lake & Windows 10

Berdasarkan informasi dari blog Microsoft, video 4K dari Netflix benar-benar hanya bisa dinikmati di sebuah PC baru. Sebuah PC high-end yang ada saat ini, yang baru berumur beberapa bulan, tampaknya tidak mendukung layanan itu. Microsoft menyebutkan bahwa video 4K dari Netflix membutuhkan PC dengan Windows 10, browser Edge, dan prosesor Intel Core i 7th Generation!

Core i 7th Generation sendiri baru hadir di laptop pada akhir tahun 2016 ini, serta di desktop awal tahun 2017 mendatang. Tampaknya, syarat tersebut bukan disebabkan karena kebutuhan akan performa yang hanya bisa dipenuhi keluarga prosesor dengan arsitektur Kaby Lake itu. Syarat ini tampaknya lebih ke kebutuhan hardware-based DRM dan hardware acceleration HEVC.

Dukungan Masih Sangat Terbatas

Di awal kehadirannya, akhir November 2016 ini, layanan video 4K Netflix di PC tampaknya hanya bisa dinikmati oleh sangat sedikit sekali pengguna PC. Hal itu disebabkan karena syarat “PC baru” yang harus dipenuhi tersebut, serta dukungan browser yang sangat buruk, hanya untuk Microsoft Edge. Netflix seharusnya segera memperluas dukungan ke hardware-hardware lain, termasuk GPU modern dan prosesor-prosesor lain, bila mereka ingin layanan itu dinikmati lebih banyak pengguna PC.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES