in: Casing | November 26, 2016 | by: Hendra Wijaya

Review Casing Mini-ITX Silverstone Raven RVZ02

Silverstone adalah salah satu merek yang seharusnya sudah dikenal baik di dunia PC rakitan di Indonesia. Produsen yang satu ini dikenal melalui casing mereka yang memiliki kualitas tinggi juga desain yang unik. Bahkan, mereka juga memiliki beberapa casing Mini-ITX menarik yang juga dipasarkan di Indonesia.

silverstone-rvz02-42

Kali ini, kita akan membahas sebuah casing Mini-ITX dari Silverstone, yaitu Raven RVZ02. Casing ini merupakan penyempurnaan dari RVZ01 yang telah dirilis sebelumnya. Casing ini hadir dengan 2 varian, yakni warna hitam polos & warna hitam dengan acrylic window. Nah, kebetulan, varian yang kami sebutkan belakangan inilah yang hadir di lab. pengujian kami. Casing RVZ02 ini hadir dengan desain yang lebih slim dibandingkan dengan pendahulunya, di mana casing ini hanya memiliki ketebalan yang hanya mencapai 87 mm saja. Hal ini membuat PC di yang dibangun dengan casing ini terlihat memiliki bentuk fisik seperti sebuah console.

Memiliki fisik yang ramping, bukan berarti casing ini hanya dapat menampung hardware kelas rendah. Casing yang satu ini justru punya potensi menjadi rumah hardware kelas atas, termasuk dengan prosesor Intel Core i7 dan graphics card high-end. Penasaran dengan apa yang ditawarkan oleh casing SilverStone RVZ02 ini? Berikut ulasannya!

Spesifikasi

Berikut spesifikasi singkat dari casing SilverStone RVZ02 ini:

spesifikasi-silverstone-rvz02

Paket Penjualan

silverstone-rvz02-1
SilverStone RVZ02 & kemasan paket penjualannya

Seperti casing di dalamnya, kemasan paket penjualan RVZ02 juga berukuran ringkas. Ukuran ini memudahkan siapapun membawanya, termasuk dengan menggunakan motor. Hal ini wajar mengingat dimensi casing di dalamnya yang hanya 380 mm x 87 mm x 370 mm.

silverstone-rvz02-2

Paket penjulan casing SilverStone RVZ02 ini dilengkapi dengan buku manual, baut, graphics card holder, karet penyangga, stand holder, PSU holder, 1 unit PCIe riser, 1 unit 90 degree PCIe riser, cable tie dan penutup khusus untuk slim optical drive.

Silverstone RVZ02

silverstone-rvz02-3
Silverstone RVZ02 dengan side acrylic window

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, varian yang datang ke lab. pengujian kami adalah yang memiliki windows dari bahan acrylic. Kode produk untuk varian casing ini adalah RVZ02B-W.

silverstone-rvz02-4
Bagian depan SilverStone RVZ02

Casing Silverstone RVZ02 ini memiliki fisik yang ramping dengan memiliki ketebalan yang hanya mencapai 87 mm saja.

silverstone-rvz02-5

silverstone-rvz02-6

Front panel di casing ini terdapat di bagian depan dan ditutup oleh pelindung khusus. Terdapat LED berwarna oranye yang akan menyala di bagian ini ketika PC menyala. Terdapat dua port USB 3.0 dan dua konektor audio di front panel, di balik pelindung khusus yang ada.

silverstone-rvz02-7

Satu hal yang menarik, Silverstone ternyata tidak menempatkan tombol power dan reset di daerah dekat konektor-konektor front panel. Tombol power justru diletakkan di sudut kiri bawah sisi depan casing.

silverstone-rvz02-8

Sementara tombol reset ditempatkan di sudut yang berlawanan di sisi depan. Tombol reset di casing RVZ02 ini ditempatkan di dalam lubang kecil. Ini membuat pengguna butuh alat tambahan, seperti jarum, untuk menekan tombol tersebut.

silverstone-rvz02-9
Side panel kiri RVZ02

Penutup sisi kiri casing ini dilengkapi dengan acrylic window yang akan menampilkan komponen di dalam casing.

silverstone-rvz02-10
Bagian belakang SilverStone RVZ02

Dari bagian belakang casing SilverStone RVZ02 ini, kita dapat melihat bahwa casing ini dilengkapi dengan 2 slot ekspansi diposisikan vertikal.

silverstone-rvz02-41
Side panel kanan SilverStone RVZ02

Tidak hanya di sisi kiri saja, Silverstone juga menyediakan acrylic windows di sisi kanan. Tentunya, windows ini akan menampilkan jerohan PC yang berbeda dengan windows yang ada di sisi sebaliknya. Window di sisi kiri ditempatkan di atas, sementara di sisi kanan di bawha.

silverstone-rvz02-11
Bagian atas SilverStone RVZ02
silverstone-rvz02-12
Bagian bawah SilverStone RVZ02

Windows di sisi kiri dan kanan casing tidak hanya berupa window datar satu bidang. Sebagian dari window tersebut berlanjut ke sisi di sebelahnya, di mana window sisi kiri berlanjut ke sisi atas, sementara window sisi kanan berlanjut ke sisi bawah.

silverstone-rvz02-13

Desain dari casing Silverstone RVZ02 ini memungkinkan pengguna meletakkannya dalam dua orientasi. Pengguna bisa meletakkannya secara vertikal maupun horizontal.

silverstone-rvz02-14

Beralih ke sisi dalam casing. Bagian dalam casing Silverstone RVZ02 ini dibagi dengan 2 ruangan. Foto di atas menampilkan ruangan untuk motherboard dan storage SSD/HDD, slim optical drive serta power supply (PSU) SFX. Perlu diperhatikan, PSU yang digunakan harus berukuran SFX, bukan ATX.

silverstone-rvz02-15

Silverstone menyediakan 2 tempat untuk memasang HDD/SSD berukuran 2,5 inci. Tempat memasang storage 2.5 inci itu yang dilengkapi dengan sistem pengunci screwless.

silverstone-rvz02-16

Pengguna juga bisa memasang optical drive slim di casing ini.

silverstone-rvz02-17

Di sisi sebaliknya, Silverstone menempatkan ruangan untuk memasang graphics card dan HDD 3.5 inci.

 

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags: