in: Notebook / Laptop | November 11, 2016 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook Gaming: MSI GE72VR 6RF Apache Pro

Konsumsi Daya

msi-ge72vr-6rf-apache-pro-power

Note: Total system power consumption (In Watts)

Pada beban kerja tinggi, konsumsi daya notebook/laptop ini hampir mendekati batas atas kemampuan power adapter yang digunakan oleh MSI GE72VR 6RF Apache Pro. Walaupun begitu, angka konsumsi daya sebesar itu masih tergolong hemat terlebih mengingat performa keseluruhan yang ditawarkan.

Battery Life

msi-ge72vr-6rf-apache-pro-battery

Setting: Windows Power Option – Balanced | Screen Brightness – 50% | Speaker Volume – 50 % | Airplane Mode – On

Daya tahan baterai MSI GE72VR 6RF Apache Pro memang terlihat pendek pada skenario gaming tetapi masih tergolong cukup wajar. Sementara itu pada skenario non-gaming dengan menonton video secara terus-menerus, notebook/laptop ini sanggup bertahan nyaris mendekati angka 3 jam. Untuk aktivitas lebih ringan dan tidak dilakukan secara terus-menerus, daya tahan baterai MSI GE72VR 6RF Apache Pro seharusnya dapat bertahan lebih lama lagi.

Kesimpulan

Diposisikan sebagai notebook/laptop gaming, MSI GE72VR 6RF Apache Pro memang sukses menampilkan performa luar biasa saat menjalankan game 3D modern sekalipun. Dipadukan dengan layar 1920 x 1080 piksel membuat GeForce GTX 1060 sanggup menjalankan game 3D pada kualitas visual maksimal sekalipun tanpa perlu takut faktor kenyamanan tergangu akibat rendahnya frame rate. Bahkan dengan kapasitas memori/VRAM sebesar 6 GB membuat notebook/laptop ini siap menangani game 3D rakus memori/VRAM sekalipun. Tidak sampai disitu saja, tingkat refresh rate layar MSI GE72VR 6RF Apache Pro hingga 120 Hz membuat game 3D dapat dijalankan hingga 120 fps saat fitur penghilang gejala image tearing, VSYNC, dinyalakan. Tentu saja untuk mencapai tingkat frame rate 120 fps akan sangat ditentukan oleh game 3D itu sendiri dan setting yang digunakan. Tidak ketinggalan, MSI GE72VR 6RF Apache Pro siap menjadi sistem VR portable yang dipadukan dengan perangkat VR (Virtual Reality) seperti Oculus Rift atau HTC Vive.

msi-ge72vr-6rf-apache-pro-notebook-02

Tingginya spesifikasi hardware memang membuat notebook/laptop gaming siap menangani aplikasi harian kelas “berat” sekalipun tidak terkecuali MSI GE72VR 6RF Apache Pro. Melakukan rendering objek 3D, melakukan editing gambar/gambar kelas profesional, membuat animasi bukan menjadi kendala berarti bagi MSI GE72VR 6RF Apache Pro. Paduan prosesor Core i7 6700HQ dengan kemampuan menangani delapan proses komputasi sekaligus, memori/RAM kecepatan tinggi dengan kapasitas besar, dan penggunaan storage SSD menjadi kunci tingginya performa MSI GE72VR 6RF Apache Pro baik di aplikasi harian ataupun game 3D.

Performa tinggi MSI GE72VR 6RF Apache Pro juga ditunjang dengan penggunaan gaming grade keyboard dari SteelSeries dengan lampu backlit yang membuat penampilan semakin “keren”, tata suara 2.1-channel dengan komponen speaker buatan Dynaudio, dukungan virtual surround sound dengan aplikasi Nahimic, sistem pendingin Cooler Boost 4 yang sukses menjaga temperatur tetap pada batas normal, dukungan dua perangkat display eksternal ekstra melalui konektor HDMI beserta mini Display Port, dan dukungan enam color profile layar dengan aplikasi True Color. MSI GE72VR 6RF Apache Pro juga tidak luput untuk memberikan kelengkapan konektivitas seperti dua port USB 3.1 Gen 1 beserta satu port USB 3.1 Gen 2 dengan konektor Type-C untuk transfer data ukuran besar dengan cepat, card reader, Gigabit Ethernet, Wi-Fi ac, dan Bluetooth V4.2.

msi-ge72vr-6rf-apache-pro-rear-side

MSI GE72VR 6RF Apache Pro ditawarkan untuk pasar Indonesia pada kisaran harga 25 juta rupiah untuk varian dengan SSD 256 GB dan memori/RAM 16 GB. Untuk Anda yang sedang mencari sistem gaming portable dengan performa kencang dengan harga tidak terlampau tinggi, MSI GE72VR 6RF Apache Pro merupakan salah satu pilihan menarik saat ini.

Kelebihan

(+) Performa komputasi tinggi berkat Intel Core i7 6770HQ

(+) Performa gaming memuaskan berkat GeForce GTX 1060 6 GB GDDR5

(+) Layar 120 Hz

(+) Enam pilihan color profile untuk layar

(+) Dukungan kapasitas memori/RAM hingga 32 GB

(+) Menggunakan SSD untuk sistem operasi

(+) SteelSeries keyboard

(+) Backlit keyboard

(+) USB 3.1 Gen 2 Type-C

(+) Dua port USB 3.1 Gen 1

(+) Sistem pendingin terpisah untuk prosesor dan graphics card

(+) Dua mode kecepatan kipas

(+) Tombol untuk memilih kecepatan kipas

(+) Dukungan dua perangkat display eksternal

(+) Ventilasi pada sisi belakang sehingga tangan bebas dari paparan udara panas

(+) Irit daya

Kekurangan

(-) Temperatur titik tertentu pada bodi notebook/laptop cukup tinggi sehingga akan terasa agak hangat saat disentuh

(-) Sejumlah area pada bodi notebook/laptop mudah ditempeli bekas sentuhan tangan

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES