in: Storage Devices | November 19, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Review SSD Plextor M8Pe (Y) NVMe 256 GB

Plextor kembali menambah daftar panjang review kami di kategori “Storage Device” dengan mengirimkan produk sampel SSD terbaru mereka, yakni Plextor M8Pe (Y). Mungkin sebagian dari Anda ada yang bertanya-tenya dengan adanya huruf Y pada SSD seri ini. Hal tersebut bertujuan untuk membedakan dengan SSD Plextor M8Pe series lainnya, karena  SSD yang datang ke meja pengujian kami ini hadir dengan desain PCIe card.

m8pe-box

SSD ini merupakan produk seri pertama dari Plextor yang mendukung protokol NVMe (Non Volatile Memory Express) dan juga merupakan produk pertama yang memanfaatkan jalur PCIe Gen 3 x4. Dengan memanfaatkan jalur tersebut sebagai antarmukanya, SSD ini diklaim mampu menawarkan peningkatan bandwidth empat kali serta kemampuan baca/tulis yang signifikan. Mulai penasaran seperti apa performa yang ditawarkan SSD dari Plextor ini melalui hasil pengujian kami? Berikut ulasan lengkapnya kami hadirkan untuk Anda.

Paket Penjualan

Sebelumnya kita menyimak lebih jauh tentang SSD milik Plextor ini, terlebih dulu kami sajikan paket penjualan yang ditawarkan SSD ini untuk para konsumennya. Mengenai paket penjualan Plextor M8Pe (Y) NVMe berkapasitas 256 GB yang kami terima ini sebenarnya sudah sempat kami bahas melalui Unboxing-nya yang kami sajikan pada awal Oktober lalu.

Box tampak depan
Box tampak depan
Box tampak belakang
Box tampak belakang

m8pe-box_03 m8pe-box_04

Plextor membekali SSD Plextor M8Pe (Y) ini dengan beberapa paket penjualan pendukung yang bisa digunakan oleh penggunanya seperti informasi garansi, panduan penggunaan dan satu buah bracket untuk memudahkan pemasangan pada PC desktop model Low-profile. Plextor juga memberikan beberapa informasi terkait software pendukung berupa PlexTurbo dan PlexTool SSD Utility yang bisa diunduh secara gratis melalui situs resmi Plextor.

plextor-m8pe_03

 

SSD Plextor M8Pe (Y) 256 GB

plextor-m8pe_02

Sebagai SSD dengan model PCIe card pertama yang didukung protokol NVMe, Plextor merancang SSD andalannya ini cukup apik dan terkesan gahar. SSD ini memang ditujukan untuk kalangan profesional, khususnya para gamer yang mendambakan sebuah kinerja yang lebih tinggi pada sebuah SSD. Pada bagian Pada bagian heat sink yang memiliki motif huruf Y berwarna merah di tengahnya, menggunakan material metal yang sangat solid dan mampu berfungsi dengan baik untuk meredam hawa panas ditimbulkan.

Plextor turut memberikan hiasan berupa lampu LED warna merah yang terpasang dengan heat sink-nya. Kehadiran lampu LED ini tentunya semakin memperkuat tampilannya lebih gahar dalam menghiasi bagian dalam PC desktop Anda.

plextorm8pe

Sedangkan untuk performa, dukungan protokol NVMe yang digunakan pada SSD ini tentunya tak perlu diragukan lagi. Menggunakan Flash NAND Toshiba Toggle 15nm tipe MLC dan kontroler Marvel 88SS1093, Plextor M8Pe berkapasitas 256 GB yang mampir ke meja pengujian kami ini diklaim mampu menawarkan kinerja yang menakjubkan mencapai 2000 MB/s (Read) dan 900 MB/s (Write). Dengan kemampuan yang ditawarkan, SSD ini tentunya sangat cocok untuk mendukung kebutuhan para pengguna yang membutuhkan komputasi tinggi.

Beberapa fitur penting yang membuat SSD ini mampu menawarkan kinerja tinggi berkat adanya TrueSpeed dan TrueProtect. Teknologi TrueSpeed mampu membuat SSD ini memiliki kinerja yang sangat stabil sehingga performa yang ditawarkan layaknya seperti menggunakan SSD baru. Sedangkan teknologi TrueProtect merupakan teknologi dalam bentuk firmware yang fungsinya kurang lebih sama seperti ECC (Error Coreccting Code). Sehingga fitur ini mampu meminimalisir terjadinya data error sehingga umur SSD menjadi lebih panjang.

plextor-m8pe_slot-power

Dengan memanfaatkan jalur PCIe, SSD ini membutuhkan daya 12V 2.0A (Max). Namun, beberapa slot PCIe pada motherboard tertentu ternyata ada yang tidak mampu menyuplai daya seperti yang dibutuhkan pada SSD Plextor ini. Untuk mengatasi hal tersebut, Plextor menyediakan konektor pin power standar SATA 15-pin sebagai penyuplai daya yang dibutuhkan. Oleh karena motherboard yang kami gunakan mampu menyuplai daya yang dibutuhkan, kami tidak perlu memasang konektor pin power pada SSD ini. Ingin tahu lebih lanjut seputar performa yang ditawarkan berdasarkan hasil pengujian kami? Berikut hasil pengujian pada SSD yang memiliki MTBF 2.4 juta jam. Namun sebelumnya, simak terlebih dahulu platform pengujian yang kami gunakan di bawah ini.

Platform Pengujian

  • Prosesor Intel Core i7 6950X
  • Motherboard ASUS X99 Series Deluxe II
  • RAM DDR4 Kingston HyperX Fury 16GB
  • SSD Intel NVMe 750 Series
  • Graphics Card GeForce GTX 950
  • PSU Corsair AX850
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES