in: Highlights - Storage Devices | November 23, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Review SSD Transcend 220S 120 GB

Para produsen storage makin gencar berlomba-lomba dalam menawarkan media penyimpanan berbasis Flash NAND, yaitu SSD (Solid State Drive) dengan form factor 2.5 inci. Tidak hanya menawarkan fitur yang kurang lebih serupa, harga yang ditawarkan juga kian menarik. Terlebih saat ini, kehadiran SSD dengan NAND tipe TLC (Triple-Level Cell) sudah makin marak di pasaran dan tentunya membuat para konsumen kian selektif dalam memilih SSD yang tidak hanya terjangkau, tetapi juga sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

dscf6004

Transcend yang merupakan salah satu produsen media penyimpanan, kembali menawarkan koleksi SSD teranyarnya dengan nama seri 220S. SSD terbaru besutan produsen asal Taiwan ini lebih ditujukan untuk kalangan entry-level yang ingin mulai mencoba menggunakan SSD pada sistem PC mereka, baik desktop maupun laptop dengan dana terbatas.

Pihak Transcend menyatakan bahwa, melalui SSD barunya ini para konsumen pemula yang ingin mencoba SSD akan mendapatkan manfaat yang jauh lebih besar, terutama soal kinerja tinggi pada sistem mereka. Tentunya dengan kinerja tinggi pada sebuah sistem PC akan semakin mempermudah melakukan beragam pekerjaan bahkan diklaim mampu meningkatkan efisiensi daya pada sistem PC itu sendiri. Penasaran ingin tahu lebih lanjut mengenai SSD terbaru dari Transcend 220S ini? Berikut ulasan lengkapnya kami sajikan untuk Anda.

Paket Penjualan

Seperti biasa, kami akan mengulas soal paket penjualan dan juga produk dari SSD Transcend 220S ini terlebih dahulu. Pada Transcend 220S berkapasitas 120 GB yang mampir ke meja pengujian kami ini, sang produsen tampaknya tidak membedakan kemasannya meskipun SSD ini ditujukan untuk entry-level. Box dari Transcend 220S tampil sama seperti SSD Transcend lainnya dengan menyajikan berbagai informasi pada kemasannya, baik di bagian depan maupun belakang.

dscf6010
Box tampak depan
dscf6012
Box tampak belakang
dscf6027
Kelengkapan penjualan Transcend 220S

Mengenai paket penjualan yang ditawarkan, Transcend 220S ini tergolong cukup lengkap. Pihak Transcend menyediakan satu buku panduan penggunaan, kartu garansi, dan 4 buat skrup. Terdapat pula beberapa booklet kecil yang berisikan informasi mengenai produk Transcend lainnya.

Ketersediaan 4 buah skrup, membuat SSD ini mudah untuk dipasang di sistem PC desktop maupun laptop. Tidak lupa, Transcend juga turut menyertakan kelengkapan lainnya berupa software pendukung khas buatan Transcend SSD Scope yang dapat di download melalui situs resmi mereka.

ssdscope

SSD Transcend 220S 120 GB

dscf6014

Beralih ke SSD Transcend 220S, material alumunium yang dibalut dengan warna silver tampaknya menjadi ciri khas juga untuk lini produk SSD Transcend dengan form factor 2.5 inci ini. SSD ini memanfaatkan interface SATA 3 6Gbps sebagai konektornya dan diklaim mampu menawarkan performa Read/Write cukup tinggi mencapai 550 MB/s dan 450 MB/s.

dscf6021

Kemampuan kinerja yang ditawarkan berkat penggunaan Flash NAND tipe TLC dari Micron dengan fabrikasi 16nm yang dipadukan dengan kontroler dari Silicon Motion, SM2256. Penggunaan kontroler dari Silicon Motion tersebut membuat SSD ini memiliki beberapa fitur esensial seperti ECC (Error Correcting Code) yang menjamin umur SSD lebih panjang karena mampu meminimalisir kesalahan data. Lalu ada pula fitur LDPC (Low density Parity Check) dan DEVSLP.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, langsung saja simak hasil pengujian yang kami lakukan pada SSD terbaru Transcend seri 220S berkapasitas 120 GB ini. Namun sebelum itu, simak terlebih dahulu platform pengujian yang kami gunakan di bawah ini:

Platform Pengujian

  • Prosesor Intel Core i7 6950X
  • Motherboard ASUS X99 Series Deluxe II
  • RAM DDR4 Kingston HyperX Fury 16GB
  • SSD Intel NVMe 750 Series
  • Graphics Card GeForce GTX 950
  • PSU Corsair AX850
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags: