in: Highlights - Storage Devices | November 23, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Review SSD Transcend 220S 120 GB

Kesimpulan

dscf6023

Boleh dibilang, maraknya SSD dengan Flash NAND tipe TLC cukup marak di pasaran. Hampir semua produsen penyedia storage yang cukup ternama terjun untuk meramaikan pasar SSD dengan menawarkan harga yang cukup ketat. Transcend tampaknya tidak mau ketinggalan dalam meramaikan pangsa pasar SSD untuk kelas entry-level. Melalui SSD Transcend 220S ini, para konsumen pemula yang ingin menggunakan SSD tampaknya harus melirik salah satu koleksi SSD milik Transcend ini.

Jika dilihat dari hasil performa yang diperolehnya, SSD Transcend 220S ini memang layak untuk para pemula yang mencicipi SSD pada sistem yang Anda miliki. Kinerja Read yang ditawarkannya tergolong cukup mengesankan dan mampu bersaing dengan baik dari SSD ternama lainnya. Dengan demikian, SSD ini tentunya akan mampu melakukan pemrosesan pembacaan sangat cepat, terutama dalam menjalankan aplikasi berat, seperti aplikasi editing multimedia atau bisa juga mampu memperpendek proses loading pada game.

Sayangnya, performa Write yang ditawarkan Transcend 220S memang kurang begitu memuaskan. Akan tetapi, berbagai dukungan fitur yang lengkap seperti SMART, TRIM, ECC serta ketersediaan dukungan software pendukung berupa SSD Scope bisa menjadi pertimbangan dalam memilih SSD ini.

Perlu diketahui, dukungan software SSD Scope yang disediakan oleh Transcend memiliki kemampuan cukup baik, seperti memantau kesehatan SSD dengan SMART teknologi dan memungkinkan perintah TRIM dalam sistem operasi untuk membantu mempertahankan kecepatan tulis optimal, semua dari satu alat user-friendly. Tersedia pula fitur cloning pada software besutan Transcend ini.

Lalu bagaimana bila SSD ini digunakan pada perangkat laptop? Tentunya laptop yang sudah mendukung interface SATA 3 6Gbps dapat memanfaatkan SSD Transcend yang satu ini. Selain dapat meningkatkan performa, ketersediaan fitur DVSLP pada SSD ini akan sangat membantu memaksimalkan laptop yang Anda miliki, khusus dalam menghemat daya baterai pada laptop itu sendiri.

Dibanderol dengan harga sekitar Rp. 685.000 untuk yang berkapasitas 120 GB, Transcend 220S tergolong memiliki harga cukup murah di kelasnya. Hadir dengan dukungan garansi selama 2 tahun dari distributor resminya, Transcend menyediakan beberapa pilihan kapasitas yang bisa Anda pilih, di antaranya 120 GB, 240 GB, 480GB  dan 960 GB.

Kelebihan:

+ Kinerja Read kencang

+ Dukungan software Lengkap

+ Harga cukup murah di kelasnya

Kekurangan:

– Kemampuan Write kurang memuaskan

Data Teknis

Produsen Transcend
Info http://www.transcend-info.com
Harga Rp 685.000
Distributor Omega Computer
Telepon (021) 612 5111
NAND flash TLC
Kapasitas 120 GB
Interface SATA III

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags: