in: Tips | November 18, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Tips Download Hemat Listrik: Tanpa PC!

 

 

file-download-v2

Selain browsing, berinteraksi di media sosial, membalas email, dan menonton video, download file adalah aktivitas yang umum dilakukan terkait dengan Internet. Khusus untuk download file, masih banyak orang yang menggunakan PC, baik desktop maupun laptop, dengan alasan kenyamanan dan kemudahan, sementara aktivitas lain sudah mulai biasa dilakukan dengan perangkat lain, terutama dengan smartphone dan tablet. Memang, untuk download file, faktor kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkan PC saat ini masih sulit digantikan oleh smartphone. Hanya saja, untuk satu faktor, download dengan PC bisa jadi bukanlah solusi terbaik, yaitu dari biaya listrik!

Download File dengan PC: Boros Listrik

pc-power-consumption-download

 

Grafik di atas menunjukkan konsumsi daya PC, baik desktop, laptop, maupun Mini PC, dalam kondisi idle, termasuk saat menjalankan download saja. Konsumsi daya seperti itulah yang umumnya terjadi saat menyalakan PC hanya untuk download saja, dalam kondisi monitor tidak menyala (kecuali laptop). Daya listrik yang dibutuhkan memang terlihat tidak terlalu besar, tetapi tetap saja akan berujung pada harus dibayarnya biaya listrik lebih, terutama bila pengguna tidak butuh melakukan hal lain di PC saat download berjalan.

Sebenarnya, ada cara untuk melakukan download file dari Internet yang lebih hemat daya, tanpa harus menyalakan PC dalam jangka waktu lama, terutama bila file yang akan didownload banyak, atau berukuran besar, dengan memanfaatkan perangkat jaringan. Di era modern ini, perangkat jaringan, seperti NAS, sudah mendukung download file dari Internet dengan menawarkan kenyamanan serupa desktop. Hanya saja, NAS mungkin masih jarang digunakan oleh pengguna rumahan di Indonesia. Alternatifnya? Router WiFi!

Download File dengan Router WiFi

wifi-router

Router WiFi yang ada saat ini sudah semakin canggih, dan rata-rata dilengkapi fitur lebih dari sekedar penghubung jaringan lokal ke Internet saja. Beberapa produsen sudah menghadirkan fitur untuk mendukung download file dari Internet melalui tool di dashboard perangkat, dan ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung download file yang lebih hemat listrik.

Berbeda dengan PC yang dinyalakan hanya untuk download file saja, router WiFi di rumah umumnya akan selalu dinyalakan untuk akses Internet ke perangkat-perangkat yang ada. Router WiFi sendiri umumnya membutuhkan daya yang relatif kecil, 3-4 Watt saja. Oleh karena itu, menggunakan router WiFi untuk download file dari Internet bisa jadi alternatif bagi yang terbiasa menyalakan PC hanya untuk download saja.

Tentu saja, tidak semua router yang ada bisa digunakan untuk download file. Namun, umumnya, router dengan port USB sudah dibekali oleh produsennya dengan fitur yang mendukung download file ke storage berbasis USB yang terpasang. Memang, pengguna tetap akan butuh bantuan PC untuk mengatur file-file apa saja yang ingin didownload oleh router, tetapi itu bisa dilakukan dalam waktu singkat, dan tidak membuat pengguna menghabiskan biaya listrik untuk download file saja.

p_setting_fff_1_90_end_500-png

Di tips kali ini, kami menggunakan router dari Asus, RT-N14UHP, salah satu router termurah yang ada di lab. kami yang sudah dilengkapi dengan fitur untuk download file dari Internet. Asus menyebut fitur tersebut dengan sebutan Download Master. Produsen lain tentu akan memiliki sebutan yang berbeda untuk fitur download file di router mereka, tetapi umumnya dioperasikan dengan cara yang serupa.

Menyiapkan Fitur Download

Fitur download di router WiFi umumnya perlu disiapkan terlebih dahulu sebelum bisa digunakan. Langkah persiapan yang harus dilakukan umumnya melibatkan pemasangan storage berbasis USB ke router dan memasang aplikasi untuk download yang telah disediakan ke dalam router. Untuk Asus RT-N14UHP, setelah memasang storage berbasis USB, Download Master bisa dipasang melalui menu USB Applications.

Download Berbasis HTTP

Untuk download file berbasis HTTP, router WiFi yang mendukung download file dari Internet umumnya membutuhkan link ke file yang akan didownload. Link seharusnya bisa didapatkan langsung dari situs atau memanfaatkan beberapa fitur yang ada di browser. Setelah link didapatkan dan dimasukkan ke aplikasi download di dalam router, download umumnya akan otomatis berjalan, dan PC bisa dimatikan.

Download Berbasis Torrent

Selain download berbasis HTTP, beberapa router, termasuk Asus RT-N14UHP yang kami gunakan, juga mendukung download P2P dengan basis Torrent. Download berbasis Torrent bisa dilakukan dengan beberapa cara, sesuai yang didukung masing-masing router, baik dengan file .torrent, atau menggunakan Magnet Link. Setelah proses download berjalan, pengguna juga tetap bisa mematikan PC dan membiarkan router menyelesaikan download.

Konsumsi Daya

power-consumption-download

Terlihat bahwa router WiFi akan menawarkan konsumsi daya yang jauh lebih rendah dar PC saat digunakan untuk download. Bila memang Anda tidak memiliki keperluan lain di PC saat melakukan download, ada baiknya Anda mengalihkan tugas download tersebut ke router bila router yang ada memang mendukungnya. Biaya listrik akan bisa dihemat dengan mengalihkan tugas download ke router seperti ini.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES