in: News - Processors | December 14, 2016 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

AMD Ungkap RYZEN: Prosesor 8-Core Baru dari AMD – Mengejar Core i7-6900K!

screenshot-177

Pada sebuah ajang bertajuk ‘New Horizon’, AMD untuk pertamakalinya memperkenalkan nama prosesor mereka yang memiliki arsitektur terbaru, ‘Zen’. Prosesor tersebut diberi nama AMD RYZEN.

screenshot-179

Dr. Lisa Su, CEO AMD terlihat begitu gembira saat mengumumkan RYZEN (baca: ‘Rai-zen’). “We love RYZEN. RYZEN symbolizes the power of Zen, reaching the next horizon of computing“, begitu sebutnya saat mengumumkan nama prosesor tersebut.  AMD RYZEN merupakan sebuah prosesor yang dirancang dari sekitar 4 tahun lalu, dan merupakan sebuah desain yang sama sekali baru, berbeda dengan pendahulunya, AMD FX series.

screenshot-182

RYZEN diklaim memiliki Instruction-per-clock 40% lebih tinggi dari core ‘Excavator’ mereka sebelumnya, lalu memiliki Simultaneous Multi-threading (SMT). Jadi, konfigurasi awal prosesor RYZEN yang akan dirilis Q1 2017 nanti akan memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • 8-Core, 16-Thread
  • Clockspeed 3.4Ghz (minimum, bisa meningkat dengan Boost)
  • 20MB Total L2+L3 Cache (4MB L2 Cache + 16MB L3 Cache)
  • TDP 95 Watt

Dan RYZEN akan berjalan di platform AM4, platform AMD terbaru yang mendukung RAM DDR4 Dual-channel, dan platform ini sendiri dikabarkan akan digunakan pada seluruh ekosistem prosesor AMD dari kelas bawah, menengah, hingga high-end desktop. Ini tentunya menarik, karena AMD ‘Bristol Ridge’ APU juga bisa dijalankan pada platform sama, sehingga pengguna yang awalnya hanya mampu membeli Bristol Ridge APU, secara teori masih bisa meng-upgrade prosesor mereka ke RYZEN.

Clock prosesor RYZEN disebut-sebut akan beroperasi pada 3.4Ghz. namun AMD mengatakan bahwa prosesor mereka ini masih bisa ditingkatkan clockspeednya dengan sebuah fitur ‘boost’, namun mereka belum mau mengungkapkan nilai akhir clockspeed-nya.

 

SenseMI: Maksimalkan Performa RYZEN dengan berbagai sensor pintar

screenshot-186

AMD mengklaim bahwa RYZEN memiliki berbagai fitur yang menjadikannya begitu efisien dan pintar, terutama dengan teknologi SenseMI, yang merupakan paduan dari 5 fitur:

  • Neural Net Prediction
  • Smart Prefetch
  • Pure Power
  • Precision Boost
  • Extended Frequency Range

Neural Net Prediction dan Smart Prefetch menjanjikan eksekusi yang lebih efisien, dan kedua fitur ini sendiri menghasilkan setidaknya 1/4 dari semua peningkatan performa yang dimiliki RYZEN. Sedangkan Pure Power, Precision Boost, dan Extended Frequency Range adalah hasil kerja dari berbagai sensor daya, voltase, dan suhu, yang memaksimalkan clockspeed prosesor berdasarkan kondisi yang ada.

Demo RYZEN : Mengejar Core i7-6900K 8-Core

Lisa Su melanjutkan dengan memberikan demo rendering Blender dan juga video transcoding dengan Handbrake. Sistem tersebut dibandingkan dengan sebuah sistem Intel Core i7-6900K, yang berjalan pada stock speed(3.2Ghz base, 3.7Ghz boost). Perlu diketahui, AMD RYZEN yang berjalan pada demo ini TIDAK menggunakan teknologi Precision Boost yang mereka miliki, sehingga bertahan pada clock 3.4Ghz.

screenshot-188

screenshot-189

Pada demo Blender, AMD RYZEN dan Core i7-6900K menyelesaikan tugas dalam waktu yang serupa, sedangkan pada demo Handbrake, AMD RYZEN berhasil menyelesaikan demo-nya dalam waktu 5 detik lebih cepat dari 6900K (54s di RYZEN, 59s di 6900K).

Mengingat prosesor i7-6900K yang digunakan sebagai pembanding adalah sebuah CPU 8-core High-performance yang dihargai pada angka 1100USD-an, tentu demo yang dilakukan AMD ini memperlihatkan bahwa RYZEN memiliki performa yang menjanjikan.

screenshot-192

screenshot-190

Sebagai tambahan, AMD pun menutup berbagai sesi demo mereka pada ajang New Horizon dengan sebuah demo singkat sistem AMD RYZEN dipadu dengan AMD VEGA GPU, menjalankan game Star Wars Battlefront di resolusi 4K pada 60 FPS+.

 

Berikut konfigurasi sistem demo yang dimiliki AMD:

screenshot-194
Konfigurasi lengkap sistem demo *klik untuk memperbesar*

 

Kami masih terus menanti kedatangan sample AMD Ryzen di lab JagatReview pada Q1 2017 nanti. Nampaknya berdasarkan performance demo yang diberikan ini, kami bisa kembali berkata: “AMD is back“.

 

 

PS: Ingin mencoba RYZEN Blender Demo?

ryzenlogo

Pada website mereka, AMD sendiri memberikan akses bagi pengguna enthusiast yang mau menguji RYZEN Blender Demo, bisa diunduh pada link berikut ini. Kami menguji demo tersebut dengan sistem:

  • Core i7-5960X (8-Core/16-Thread, 3Ghz base, 3.5Ghz boost)
  • ASUS Rampage V Extreme
  • 4x8GB DDR4-2133Mhz
ryzenblenderdemo
*klik untuk memperbesar*

Sistem kami mencatatkan waktu 49.8 detik untuk menyelesaikan waktu render.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES