in: News | December 15, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Hacker Berhasil Curi 1 Miliar Akun Yahoo!

yahoo

Profesionalisme Yahoo sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan email, tampaknya sudah semakin mengkhawatirkan. Setelah pada akhir September lalu, sistem keamanan Yahoo dapat dibobol sehingga terjadinya pencurian ratusan juta akun, kini Yahoo mendapatkan laporan yang lebih mencengangkan. Kali ini, hacker dilaporkan berhasil mencuri akun para pengguna Yahoo dalam jumlah yang jauh lebih besar.

Pihak Yahoo pun secara resmi memberikan pernyataan resminya dan mengakui bahwa hacker kembali berhasil menguasai akun Yahoo dan kali ini dalam jumlah yang sangat besar, yaitu 1 miliar akun. Jumlah akun Yahoo mencapai 1 miliar yang dicuri berdasarkan lanjutan penyelidikan yang dilakukan Yahoo sejak September lalu.

“Perusahaan telah melakukan analisis semua data dan melalui bantuan para ahli forensik di dunia hacker, menemukan terjadinya pencurian data para pengguna Yahoo. Berdasarkan hasil laporan yang diperoleh bersama para tim ahli forensik, Yahoo menyimpulkan bahwa para hacker yang berhasil mencuri 1 miliar akun Yahoo terjadi sejak Agustus 2013”, Ungkap Yahoo.

Yahoo pun kembali memberikan peringatan bagi para penggunanya yang berpotensi terkena dampak pencurian untuk melakukan pengamanan terhadap akun mereka, khususnya bagi mereka yang memiliki akun berkaitan dengan nomor rekening bank atau data kartu kredit.

Atas kejadian ini, tentunya semakin memperburuk tingkat kepercayaan para pengguna terhadap Yahoo. Bahkan Verizon yang sempat tertarik ingin mengakuisisi Yahoo pada Juli lalu, membatalkan niatnya tersebut akibat kasus hacking yang terjadi pada Yahoo.

Sumber: Tech Spot

Tags: