in: News | December 11, 2016 | by: Dian Syarifuddin

NVIDIA Berhasil Kembangkan Platform AI untuk Mobil Otonom

nvidia-bb8

Nvidia memang merupakan salah satu produsen ternama dalam memproduksi chip GPU. Namun, seiring maraknya para perusahaan otomotif ternama yang berlomba menawarkan mobil self-driving atau mobil otonom, Nvidia cukup tertarik ingin berperan dalam perkembangan teknologi canggih di dunia otomotif tersebut.

Berawal dari kerjasama dengan Baidu sejak awal September lalu, Nvidia kini telah berhasil mengembangkan sebuah platform AI (Artificial Intelligent) canggih yang dirancang khusus untuk mobil otonom. Platform yang diberi nama Nvidia BB8 tersebut belum lama ini sudah diuji di California, Amerika Serikat.

Nvidia BB8 yang saat ini masih dalam tahap pengembangan, sudah mampu mempelajari serta mengidentifikasi akan kondisi jalanan. Bahkan setelah diberikan izin dari Departement of Motor Vehicles, California, mobil otonom yang menggunakan platform Nvidia BB8 mampu mempelajari kondisi jalan baik ada marka jalan maupun tidak.

Bagi Nvidia dan Baidu, hasil pengujian ini tentunya telah menjadi langkah awal yang besar di dalam industri mobil otonom. Bila nantinya platform ini telah berhasil dikembangkan dan lolos dalam pengujian, hampir dipastikan para produsen mobil ternama akan tertarik menggunakan platform Nvidia BB8 untuk menghadirkan mobil otonom.

Diketahui, saat ini beberapa produsen mobil terkemuka sudah menunjukkan ketertarikannya dalam menghadirkan mobil otonom. Google, Honda, Ford, Mercedes dan BMW bahkan dilaporkan sudah menjadi partner dari Nvidia dan Baidu yang nantinya akan menghadirkan mobil otonom di masa yang akan datang.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES