in: Motherboard | December 29, 2016 | by: Hendra Wijaya

Pengujian Ekstrim: Daya Tahan Motherboard Terhadap Korosi

Umumnya, untuk perangkat elektronik, korosi, atau karat, akan membuat garansi hangus karena ini merupakan tanda bahwa pengguna kurang memperhatikan lingkungan tempat perangkat digunakan. Hal ini berlaku juga untuk peragkat-perangkat di dalam sebuah PC, terutama motherboard. Banyak produsen yang menyebutkan bahwa mereka tidak akan menanggung klaim apapun bila motherboard diketahui berkarat.

box-gigabyte-h81

garansi-korosi-1-tahun

Namun, hal itu tidak berlaku untuk semua produsen. Seperti yang bisa kita lihat di atas, salah satu produsen motherboard ternama, Gigabyte, ternyata memberikan garansi terhadap korosi. Mereka menjamin garansi akan tetap berlaku, setidaknya untuk satu tahun pertama. Mengapa Gigabyte berani memberikan garansi tersebut?

glass-fabric-pcb

Gigabyte berani memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh korosi ini karena mereka telah menggunakan lapisan khusus anti korosi yang disebut sebagai “New Glass Fabric PCB”. Lapisan ini membuat motherboard lebih tahan terhadap korosi, dengan membuat motherboard lebih tahap terhadap kelembapan tinggi yang biasanya menjadi penyebab korosi. Satu hal yang menarik, mereka kini menantang kami untuk membuktikan perlindungan yang diberikan “New Glass Fabric PCB” ini di motherboard mereka.

cameme

Metode Pengujian

motherboard-uji-korosi

Untuk membuktikan keunggulan yang ditawarkan Gigabyte ini, kami menggunakan dua buah motherboard dari perusahaan tersebut. Motherboard pertama yang digunakan adalah H81M-S2PH yang telah mengusung “New Glass Fabric PCB”. Sementara motherboard kedua adalah produk lawas perusahaan tersebut, 8TRS300M, yang masih belum menggunakan “New Glass Fabric PCB”.

peralatan-pengujian-korosi-motherboard-gigabyte

Kami menggunakan metode yang cukup kejam, di mana kami menggunakan cuka (asam asetat) yang dicampur dengan air dalam tingkat konsentrasi tinggi. Nantinya, motherboard akan diletakkan di atas baskom dengan campuran air dan cuka tersebut untuk mempercepat proses korosi yang disengaja. Campuran ini sendiri bisa dikatakan cukup kuat, karena bau cuka benar-benar tercium kuat dari seluruh ruangan lab. kami.

pengujian-korosi-motherboard-gigabyte

Kedua motherboard diletakkan secara terbalik di atas baskom. Kemudian baskom kami letakkan di sebuah ruangan yang cukup lembap. Kami juga menambahkan cuka setiap hari ke baskom karena cuka di dalam air di baskom umumnya akan menguap dengan cepat.

Hasil Pengujian

Setelah 3 Hari

day-3-old-board
(Klik untuk memperbesar gambar)

Setelah 3 hari berlalu, kami melihat motherboard Gigabyte 8TRS300M ini terlihat bersih dan masih belum terlihat tanda-tanda adanya korosi.

day-3-h81
(Klik untuk memperbesar gambar)

Begitu juga dengan motherboard Gigabyte H81M-S2PH yang masih terlihat bersih dan bebas dari korosi.

Setelah 1 Minggu

week1-old
(Klik untuk memperbesar gambar)

Setelah 1 minggu, kami mulai dapat melihat tanda-tanda korosi yang mulai bermunculan hampir seluruh bagian motherboard Gigabyte 8TRS300M ini.

week-1-old-b
(Klik untuk memperbesar gambar)

Tanda-tanda korosi dapat terlihat dengan munculnya bercak-bercak berwana putih pada bagian PCB, kapasitor, dan resistor SMD yang tertanam pada motherboard Gigabyte 8TRS300M ini.

week1-h81
(Klik untuk memperbesar gambar)

Berbeda jauh dengan apa yang terjadi pada motherboard Gigabyte 8TRS300M, hampir semua bagian PCB dan komponen motherboard Gigabyte H81-S2PH masih terlihat bersih dan bebas korosi

week1-h81b
(Klik untuk memperbesar gambar)

Satu-satunya bagian yang mulai menunjukkan tanda-tanda adanya korosi adalah di baterai CMOS dan penutup soket LGA. Kedua komponen ini memang tidak dilindungi oleh “New Glass Fabric PCB”.

Setelah 2 Minggu

week-2-old
(Klik untuk memperbesar gambar)

Setelah 2 minggu sejak penyiksaan motherboard ini dimulai, motherboard Gigabyte 8TRS300M telah mengalami korosi parah di hampir seluruh bagian PCB dan komponen motherboard.

week-2-old-d
(Klik untuk memperbesar gambar)
week-2-old-c
(Klik untuk memperbesar gambar)

Sebagian besar kapasitor dan resistor SMD yang ada pada motherboard Gigabyte 8TRS300M telah diselimuti oleh korosi. Beberapa bagian motherboard pun telah ditutupi karat kecoklatan dengan sempurna. Lalu, bagaimana dengan H81M-S2PH?

h81-week-2
(Klik untuk memperbesar gambar)

Berbeda jauh dengan nasib motherboard Gigabyte 8TRS300M, sebagian besar PCB dan komponen motherboard H81M-S2PH ini masih terlihat bersih dan bebas korosi. Walaupun begitu, tidak semua bagian dari motherboard ini bebas korosi. Kami masih bisa melihat sedikit tanda-tanda korosi.

h81-week-2b
(Klik untuk memperbesar gambar)

Korosi yang terjadi pada bagian baterai CMOS dan pengunci socket LGA 1150, yang sudah terlihat sebelumnya, semakin memburuk. Sudah terlihat karat berwarna coklat pada permukaan baterai dan beberapa spot di bagian pengunci socket LGA 1150. Hanya saja, kami melihat, pin-pin LGA yang ada masih terlihat bersih dan tidak mengalami korosi.

h81-week-2d
(Klik untuk memperbesar gambar)

Selain itu, hampir semua komponen resistor dan kapasitor SMD yang ada di motherboard Gigabyte H81M-S2PH ini masih bersih dan terbebas dari korosi. Hanya ada beberapa resistor dan kapasitor SMD mengalami korosi yang kami temukan di bagian pinggir motherboard, di sekitar konektor ATX12V+ dan PS/2.

h81-week-2e
(Klik untuk memperbesar gambar)

Kami juga menemukan sedikit korosi pada logam yang menutupi komponen back-panel USB 3.0 pada motherboard Gigabyte H81M-S2PH.

Kesimpulan

Hasil pengujian yang kami lakukan selama dua minggu ini menunjukkan bahwa Gigabyte memang berhasil memberikan perlindungan ekstra di motherboard mereka terhadap korosi. Berkat teknologi lapisan coating “New Glass Fabric PCB” yang mereka gunakan ini terbukti berhasil melindungi motherboard Gigabyte H81M-S2PH dari keganasan efek korosi uap asam asetat, dimana motherboard Gigabyte H81-S2PH ini masih terlihat bersih dibandingkan motherboard Gigabyte 8TRS300M yang sudah mengalami korosi hampir di seluruh bagian motherboard. Sehingga wajar saja dengan “New Glass Fabric PCB” ini, Gigabyte berani memberikan garansi anti-korosi selama satu tahun.

Jika dilihat lebih teliti lagi, memang motherboard Gigabyte H81M-S2PH ini memang tidak sepenuhnya 100% bebas dari korosi, terutama pada bagian pengunci socket LGA, baterai CMOS, logam penutup back-panel USB 3.0 dan segelintir komponen SMD yang memang tidak mendapatkan perlindungan lapisan coating “New Glass Fabric PCB”.

Perlu diperhatikan juga, metode pengujian yang digunakan untuk menguji keampuhan lapisan coating “New Glass Fabric PCB” ini bersifat sebagai metode penyiksaan “torture test”. Pengujian ini menggunakan uap asam asetat (Cuka) yang memiliki sifat yang sangat korosif sehingga dapat mempercepat proses korosi puluhan hingga ratusan kali lebih cepat dibandingkan dengan proses korosi yang terjadi secara alami, misalnya korosi yang udara yang lembab, sehebat-hebatnya udara lembab di pinggiran pantai sekalipun. Terlebih lagi hal ini diperparah lagi dengan pengujian kami yang tidak menggunakan casing, sehingga uap asam asetat ini dapat langsung menyebar ke permukaan motherboard. Berbeda jauh dengan kasus korosi di dunia nyata, dimana umumnya PC yang digunakan sudah terlindungi dengan casing PC, sehingga udara lembab alamiah tidak dapat bersentuhan langsung dengna motherboard dan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk membuat komponen motherboard mengalami korosi.

Tags: