in: News | December 13, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Prosesor AMD Zen Akan Gunakan Nama “RYZEN”

Kurang lebih 1 bulan lagi, AMD akan merilis prosesor perdana mereka dengan arsitektur Zen. Sejak beberapa waktu lalu, beberapa kabar sudah beredar terkait prosesor dengan arsitektur Zen ini, baik kabar langsung dari AMD maupun kabar yang bocor dari pihak lain. Kini, satu kabar baru kembali muncul terkait prosesor Zen, yaitu terkait nama yang dipilih oleh AMD untuk prosesor Zen perdana.

amd-zen-feat

Gunakan Nama “RYZEN”

Nama yang dipilih AMD untuk prosesor Zen pertama, berdasarkan kabar yang beredar, adalah RYZEN. RYZEN sendiri muncul di slide yang disebut berasal dari AMD dan menjelaskan berbagai hal terkait prosesor Zen pertama mereka tersebut. Prosesor RYZEN pertama disebut mengusung 8 core dengan 16 thread, clock speed 3.40 GHz++, serta L2 + L3 Cache 20 MB.

Usung Beberapa Fitur Baru

AMD disebut menyiapkan beberapa fitur baru untuk prosesor RYZEN, termasuk beberapa untuk optimasi manajemen daya. Prosesor ini akan hadir dengan fitur Extended Frequency Range (XFR) yang bisa menyesuaikan clock speed prosesor sesuai pendingin. Semakin rendah suhu operasi prosesor, tampaknya boost clock yang bisa dicapai akan makin tinggi.

Selain itu, AMD disebut juga menawarkan fitur Pure Power dan Precision Boost yang akan membantu pengguna mendapatkan kemampuan optimal di konsumsi daya tertentu. Selain itu, terdapat juga fitur Smart Prefetch di prosesor RYZEN ini. AMD tampaknya baru akan memberi penjelasan lebih lanjut terkait fitur-fitur ini saat mereka resmi meluncurkan RYZEN, yang kabarkan akan mereka lakukan pertengahan bulan Januari 2017 mendatang.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES