in: News | December 8, 2016 | by: Yufianto Gunawan

Qualcomm Rilis Prosesor 48 Core – Centriq 2400

Salah satu produsen chip ternama dunia, yang selama ini lebih banyak bermain di perangkat mobile, Qualcomm, akhirnya mengumumkan prosesor baru mereka. Prosesor ini menggunakan basis ARM dan mengusung hingga 48 core. Qualcomm menyebut lini prosesor baru ini dengan sebutan keluarga Centriq 2400.

qualcomm-centriq-2400

Gunakan Core Falkor dengan Fabrikasi 10 nm

Centriq 2400 ini merupakan prosesor keluarga Centriq pertama yang dihadirkan oleh Qualcomm. Berdasarkan penjelasan dari Qualcomm, prosesor ini dilengkapi dengan core Falkor, custom core buatan mereka dengan basis ARMv8. Core ini didesain khusus untuk pekerjaan yang umum dilakukan di sebuah data center, dengan optimasi khusus ke performa dan konsumsi daya.

Qualcomm menggunakan fabrikasi 10 nm FinFET untuk membangun prosesor ini. Mereka mengharapkan prosesor ini menawarkan apa yang belum bisa ditawarakan pemain besar di dunia prosesor untuk server saat ini yang disebabkan karena belum siapnya prosesor dari produsen lain yang menggunakan fabrikasi 10 nm. Prosesor ini disebut akan hadir di paruh kedua tahun 2017.

Hingga 48 Core Falkor

Spesifikasi untuk prosesor dari keluarga Centriq 2400 ini masih belum diumumkan secara resmi oleh Qualcomm. Namun, mereka sudah menyebutkan bahwa prosesor Centriq 2400 akan hadir hingga konfigurasi 48 core dalam satu prosesor. Spesifikasi dari lini prosesor ini bisa jadi baru akan diumumkan Qualcomm tahun depan, menjelang waktu perilisan prosesor ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES