in: Storage Devices | December 28, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Review SSD Apacer Panther AS340 240 GB

Seolah tak mau ketinggalan dari para pesaingnya, Apacer kembali meramaikan ranah persaingan SSD (Solid State Drive) di kelas entry-level dengan meluncurkan varian SSD terbaru. Berawal pada Juni lalu, produsen ternama asal Taiwan ini secara resmi meluncurkan salah satu varian SSD terbaru dari seri Panther yakni AS340. SSD tersebut merupakan generasi penerus dari seri Panther sebelumnya, yakni AS330. Dan kini, SSD Apacer Panther AS340 ini akhirnya mampir ke meja pengujian kami dengan kapasitas 240 GB.

as340_06

Kehadiran Apacer Panther AS340 series ini diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan para pengguna PC, baik desktop maupun laptop, yang pertama kali ingin menjajal SSD pada PC mereka. Sang produsen pun mengklaim bahwa SSD ini memiliki harga yang cukup terjangkau di kelasnya, namun tetap mampu menyodorkan performa yang mampu meningkatkan kinerja pada sebuah sistem PC. Mau tahu lebih lanjut seputar varian SSD entry-level terbaru dari Apacer ini? Berikut hasil ulasan lengkapnya kami hadirkan di hadapan Anda.

Paket Penjualan

Box tampak depan
Box tampak depan
Box tampak belakang
Box tampak belakang

as340_04

Produsen yang juga cukup dikenal dengan modul RAM-nya ini, bisa dikatakan cukup rajin dalam menghadirkan SSD dengan berbagai varian. Namun melalui varian Panther ini, sang produsen kembali menawarkan paket penjualan yang bisa dikatakan cukup minim, hanya ada satu unit SSD Apacer Panther AS340 di dalamnya. Selain itu, pada kemasannya juga terbilang cukup minim informasi, seperti spesifikasi yang dimiliki SSD Apacer ini.

SSD Apacer Panther AS340 240 GB

as340_03

Apacer tampaknya cukup cerdas dalam mengemas salah satu varian SSD terbarunya ini. Dengan mengusung nama Panther series, SSD Apacer Panther AS340 memiliki logo khas kucing besar panther dengan di bagian depannya. Tidak hanya itu, Apacer juga menghiasi logo panther tersebut dengan corak belang-belang yang membuat SSD ini terlihat cukup menarik.

as340_02

Soal performa yang ditawarkan SSD ini juga tak kalah menariknya. Pihak Apacer mengklaim bahwa SSD ini mampu menyodorkan performa sequential Read/Writre mencapai 505 MB/s dan 410 MB/s. Sayangnya kontroler yang diusung SSD ini tidak dijabarkan oleh sang produsennya, namun NAND yang digunakan merupakan tipe TLC. Apacer juga turut menyertakan beberapa fitur lainnya seperti NCQ Command, SMART, TRIM dan tentunya ECC yang dapat meminimalisir terjadinya data error sehingga umur SSD jadi lebih panjang. Sebelum kita membahas lebih jauh seputar hasil pengujian yang kami peroleh, berikut ini kami jabarkan terlebih dahulu platform pengujian yang kami gunakan pada SSD yang memiliki MTBF 1.5 juta jam ini.

Platform Pengujian

  • Prosesor Intel Core i7 6950X
  • Motherboard ASUS X99 Series Deluxe II
  • RAM DDR4 Kingston HyperX Fury 16GB
  • SSD Intel NVMe 750 Series
  • Graphics Card GeForce GTX 950
  • PSU Corsair CX500
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags: