in: Storage Devices | December 28, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Review SSD Apacer Panther AS340 240 GB

Pengujian

Pada segmen pengujian ini, kami menyajiakan hasil pengujian dari SSD Apacer Panther AS340 240 GB dengan sekaligus menyertakan dua SSD pembanding lainnya yang sama-sama memiliki kapasitas 240 GB dan interface SATA III 6Gbps, di antaranya Toshiba Q300 dan Biostar G300. Kehadiran dua SSD pembanding tersebut kami hadirkan hanya bertujuan sebagai pembanding saja. Berikut adalah hasil pengujian dari SSD Apacer Panther AS340 240 GB melalui beberapa aplikasi benchmark yang kami gunakan.

HD Tune

hdtune-read

hdtune-write

hdtune-access-time

hdtune-burst-rate

Dari hasil pengujian menggunakan HD Tune, SSD Apacer Panther AS340 menunjukkan kinerja yang tergolong cukup memuaskan di antara kedua SSD pembanding. Baik dari segi performa Read dan Write, SSD ini dipastikan akan mampu meningkatkan performa pada sistem PC yang Anda miliki.

CrystalDisk Mark

cdm-read

cdm-write

Berbeda dari hasil HD Tune, pada hasil pengujian menggunakan CrystalDisk Mark, performa Read dan Write yang ditunjukkan SSD Apacer ini bisa dikatakan kurang memuaskan jika dibandingkan dua SSD pembanding.

PC Mark 8

pcm-8-score

pcm-8-bandwidth-score
pcm-8-storage-details

Pada hasil pengujian berikutnya, yaitu PC Mark 8, hasil skor dan juga skor bandwidth pada SSD Apacer Panther AS340 ini kembali tertinggal dari dua SSD pembanding lainnya.

Tes Transfer File 6 GB

tes-transfer-file

Jika pada hasil benchmark CrystalDisk Mark dan PC Mark 8 kurang begitu memuaskan, pada sesi pengujian real life dengan melakukan transfer file besar dan kecil berkapasitas 6 GB, kami memperoleh hasil yang cukup mengejutkan. SSD terbaru dari Apacer ini tergolong cukup memuaskan pada saat melakukan proses transfer file.

ATTODisk Benchmark

attodisk

Begitu pula pada hasil pengujian menggunakan benchmark ATTODisk, kami memperoleh hasil yang cukup baik pada SSD Apacer ini. Hasil di atas membuktikan bahwa SSD ini memiliki tingkat kestabilan yang cukup baik dalam menawarkan performa Read dan Write-nya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES