in: Storage Devices | December 30, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Review SSD Apacer Z280 M.2 240 GB

Menjelang akhir tahun 2016 ini, kembali kami hadirkan ulasan SSD berteknologi NVMe (Non Volatile Memory Express) ke hadapan Anda. Dan kali ini, Apacer yang merupakan produsen ternama sebagai penyedia modul memori, turut menawarkan salah satu varian SSD terbaru berteknologi NVMe dengan nama seri Apacer Z280. SSD dengan form factor M.2 ini hadir turut meramaikan persaingan dengan para produsen terkemuka lainnya seperti Intel, Samsung, OCZ dan Plextor yang sudah menawarkan SSD berteknologi NVMe.

dscf8075

Apacer Z280 merupakan SSD NVMe pertama dari Apacer. Kehadiran SSD ini menunjukkan keseriusan sang produsen yang memang tengah rajin menawarkan beragam media penyimpanan berbasis flash NAND. Hadir dengan form factor M.2, SSD ini dapat diandalkan untuk sistem PC seperti Desktop, ultrabook atau mini PC. Dengan dukungan teknologi NVMe serta memanfaatkan jalur PCIe Gen 3 x4, SSD ini diklaim mampu menawarkan peningkatan bandwidth empat kali lipat kemampuan Read/Write. Ingin tahu lebih jauh soal performa dari SSD Apacer Z280 berkapasitas 240 GB yang mampir di meja pengujian kami ini? Berikut ulasan lengkapnya kami hadirkan untuk Anda.

Paket Penjualan

Box tampak depan
Box tampak depan

Kemasan yang disajikan oleh Apacer untuk varian SSD barunya ini bisa dikatakan cukup sederhana. SSD ini tersaji dalam kemasan dengan bentuk yang cukup ringkas dengan memiliki “jendela” yang memperlihatkan sosok dari SSD Apacer Z280 di bagian depannya. Di bagian depan kemasan ini juga tertulis beberapa informasi seperti kapasitas dari SSD, form factor dan interface yang diusungnya.

Box tampak belakang
Box tampak belakang

Pada bagian belakang kemasan, Apacer menyertakan beberapa informasi seperti spesifikasi, rincian kompabilitas sistem operasi yang didukungnya serta beberapa sertifikasi yang dimiliki SSD ini. Selain itu, Apacer juga turut mencantumkan kecepatan performa yang ditawarkan SSD ini.

dscf8083

Paket penjualan dari SSD Apacer Z280 ini tampak sama seperti SSD dengan form factor M.2 lainnya. Tidak ada kelengkapan lainnya dan Anda hanya akan mendapatkan sebuah SSD ketika membuka kemasannya.

SSD Apacer Z280 M.2 NVMe 240 GB

dscf8102

SSD Apacer Z280 ini hadir dengan desain yang sangat slim dengan bobot sekitar 7 gram. Apacer mendesain varian SSD barunya ini tampak cukup polos, tidak menyertakan encasing atau heatsink untuk mendinginkan suhu pada kontroler dan flash NAND yang diusungnya.

dscf8104

Dengan tampilan yang polos tersebut, Anda bisa melihat secara langsung tampilan dari kontroler dan flash NAND yang digunakan SSD Apacer Z280 ini. SSD ini dilengkapi dengan kontroler Phison PS5007-11 yang dipadukan dengan flash NAND tipe MLC (Multi Level Cell). Melalui jalur PCIe Gen 3 x4, SSD berteknologi NVMe dengan kapasitas 240 GB ini diklaim mampu menghantarkan kecepatan sequential Read hingga 2500 MB/s dan 860 MB/s untuk sequential Write-nya.

Apacer juga telah melengkapi SSD ini dengan beberapa fitur unggulan seperti SMART, Smart ECC (Error Correcting Code) dan SmartRefresh. SSD yang tersedia dalam dua varian kapasitas ini, 240 GB dan 480 GB, memiliki angka MTBF (Mean Time Before Failure) hingga 2 juta jam. Pihak produsen juga mengatakan kalau SSD NVMe pertamanya ini memiliki konsumsi daya yang cukup rendah, 1.455mA/120mA.

Mulai penasaran seperti apa hasil performa yang kami peroleh saat menguji SSD dari Apacer ini? Sebelum kita membahas ke segmen tersebut, berikut kami paparkan terlebih dahulu platform pengujian yang kami gunakan.

Platform Pengujian

  • Prosesor Intel Core i7 6950X
  • Motherboard ASUS X99 Series Deluxe II
  • RAM DDR4 Kingston HyperX Fury 16GB
  • SSD Intel NVMe 750 Series
  • Graphics Card GeForce GTX 950
  • PSU Corsair CX500
  • Windows 10
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES