in: Storage Devices | December 30, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Review SSD Apacer Z280 M.2 240 GB

Pengujian

Pada segmen pengujiannya, seperti biasa kembali kami membawa dua buah SSD lainnya, OCZ RD400 NVMe 256 GB dan Samsung 950 Pro NVMe 256 GB yang sama-sama mengusung form factor M.2 dan juga interface PCIe Gen 3 x4. Kehadiran dua SSD ini kami lakukan hanya bertujuan untuk membandingkan SSD Apacer Z280 ini dengan SSD lainnya. Berikut hasil pengujian dari SSD Apacer Z280 melalui beberapa benchmark.

HD Tune

hdtune-read

hdtune-write

hdtune-access-time

hdtune-burst-rate

Melalui hasil pengujian menggunakan HD Tune, terlihat performa SSD Apacer ini cukup menjanjikan meskipun salah satu SSD pembanding terlihat lebih unggul.

CrystalDisk Mark

cdm-read

cdm-write

Performa sequential Read dari Apacer Z280 ini tampaknya cukup jauh dari yang diklaim oleh sang produsen. Akan tetapi, performa sequential Write yang dihasilkan ternyata diluar dari dugaan kami. Pihak Apacer menyatakan bahwa performa Write dari SSD ini adalah 860 MB/s, namun yang kami peroleh saat mengujinya mencapai 1250 MB/s.

PC Mark 8

pcm-8-score

pcm-8-score-bandwidth

pcm-8-storage-details

Pada hasil pengujian menggunakan PC Mark 8, terlihat skor yang dihasilkan bersaing cukup ketat dengan para pesaingnya. Akan tetapi, skor bandwidth pada SSD ini tertinggal dari dua pesaingnya.

Tes Transfer File 6 GB

test-transfer-file

Bila dilihat dari hasil pengujian HD Tune dan CrystalDisk Mark, pada hasil pengujian real life dengan melakukan transfer file besar dan kecil berkapasitas 6 GB, SSD Apacer Z280 ini memang memiliki kinerja yang sangat tinggi. Segala macam proses loading pada sistem PC yang menggunakan SSD ini dipastikan akan memakan waktu cukup singkat.

ATTO Disk Benchmark

attodisk

Pada hasil pengujian ATTO Disk Benchmark, SSD ini mampu melumat segala beban kerja yang diberikan saat kami uji. Terlihat bahwa SSD ini memiliki tingkat stabilitas yang cukup tinggi dalam menawarkan performa Read dan Write.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES