in: Storage Devices | December 26, 2016 | by: Dian Syarifuddin

Review SSD SanDisk Extreme PRO 480 GB

Meski SanDisk kini sudah dimiliki oleh WD (Western Digital), keberadaan SSD (Solid State Drive) mereka di pasaran tentunya masih tetap berlanjut. Sebelum diakuisisi, SanDisk kita ketahui sudah memiliki jajaran SSD yang hadir di pasaran yang terdiri dalam beberapa seri yang ditujukan untuk beragam segmen pengguna, mulai dari entry-level hingga untuk kalangan profesional. Dan pada pembahasan review SSD kali ini, kami akan mengulas salah satu koleksi SSD SanDisk dari nama seri Extreme PRO.

dscf8153

Sebagai salah satu produsen penyedia media penyimpanan ternama di dunia dengan berbagai pengalamannya, tentu pihak SanDisk sangat mengerti akan kebutuhan para konsumennya dalam menghadirkan SSD seri Extreme PRO ini. SSD ini memang lebih menargetkan kalangan profesional gamer yang membutuhkan sebuah sistem PC dengan performa tinggi.

Dengan memanfaatkan interface SATA 3 6Gbps yang digunakan, kemampuan performa baca dan tulis yang ditawarkan oleh SSD ini tergolong sangat tinggi, termasuk tingkat stabilitas dan ketahanan yang ditawarkannya. Penasaran ingin tahu lebih jauh dengan hasil pengujian yang kami peroleh dari salah satu varian SSD milik SanDisk ini? Berikut hasil ulasan lengkapnya.

Paket Penjualan

Untuk varian SSD SanDisk Extreme PRO berkapasitas 480 GB yang mampir ke meja pengujian kami ini, sama seperti para produsen SSD lainnya, SanDisk juga turut mengemas varian SSD miliknya ini dengan sangat apik.

Box tampilan depan
Box tampilan depan
Box tampilan belakang
Box tampilan belakang

Terlihat dari kemasan SSD SanDisk Extreme PRO, sang produsen memberikan beberapa informasi yang tercetak pada kemasannya, baik pada tampilan depan maupun belakang. Garansi yang diberikan oleh SanDisk untuk varian SSD miliknya ini juga tergolong cukup panjang, yaitu selama 10 tahun. Keberanian sebuah produsen yang memberikan garansi cukup panjang, mengindikasikan bahwa SSD ini memiliki tingkat ketahanan yang sangat tinggi.

dscf8161

Di dalam paket penjualannya, SSD SanDisk Extreme PRO ini tergolong memiliki paket penjualan yang cukup lengkap. SanDisk menyertakan satu buku manual petunjuk penggunaan, petunjuk penggunaan software SanDisk SSD Dashboard dan adapter 2.5mm.

dscf8163 dscf8165

Pihak SanDisk menyertakan software khusus SanDisk SSD Dashboard yang dapat di download secara gratis melalui situs resmi mereka. SanDisk SSD Dashboard dapat digunakan untuk melakukan pemantauan kinerja drive, update firmware, TRIM yang manual dan dijadwalkan, secure erase, kesehatan drive dan indicator suhu. Sedangkan adapter 2.5mm akan sangat berguna bila PC yang Anda gunakan hanya memiliki drive bay 9.5mm.

SSD SanDisk Extreme PRO 480 GB

dscf8169

SanDisk menawarkan tiga pilihan kapasitas untuk varian SSD Extreme Pro series ini, mulai dari 240 GB, 480 GB dan 960 GB. SSD ini memiliki kinerja yang sangat tinggi dan memang dirancang khusus untuk kalangan profesional. Hal tersebut bisa dilihat dari kemampuan performa baca dan tulis yang ditawarkan mampu mencapai 550 MB/s dan 515 MB/s. Performa yang diperolehnya melalui kombinasi antara kontroler Marvell 88SS9187 dan Flash NAND buatan sendiri yaitu SanDisk 2nd Generation 64Gbit 19nm tipe MLC.

dscf8175

Tidak hanya mengandalkan kontroler dan Flash NAND yang diusungnya, performa tinggi yang dimiliki SSD SanDisk Extreme PRO ini juga ditopang oleh fitur algoritman pintar “Intelligent SLC caching” yang mereka beri nama nCache. Fitur tersebut diklaim mampu mengoptimalkan kecepatan dan daya tahan pada SSD ini saat diberi beban kerja berat. Sehingga SSD ini diklaim mampu menghasilkan kinerja muti-tasking yang efisien dan respon yang lebih cepat, baik pada saat digunakan pada PC Desktop, laptop atau konsol game. Sudah semakin penasaran dengan hasil performa yang kami peroleh saat menguji SSD milik SanDisk ini? Sebelum kita memasuki segmen pengujian, simak terlebih dahulu platform pengujian yang kami gunakan saat menguji SSD ini.

Platform Pengujian

  • Prosesor Intel Core i7 6950X
  • Motherboard ASUS X99 Series Deluxe II
  • RAM DDR4 Kingston HyperX Fury 16GB
  • SSD Intel NVMe 750 Series
  • Graphics Card GeForce GTX 950
  • PSU Corsair CX500
  • Windows 10
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES