in: News | December 4, 2016 | by: Tim Jagat Review

Supercomputer Baru di Eropa Gunakan CPU x86, ARM, dan Power 9!

Proyek pembangunan supercomputer baru tampaknya tengah berjalan di beberapa negara di dunia. Setelah Jepang mengumumkan akan membangun supercomputer terkencang dunia, dikabarkan juga bahwa ada supercomputer baru yang sedang dibangun di Barcelona, Spanyol. Menariknya, supercomputer di Barcelona ini akan menggunakan CPU dengan tiga set instruksi berbeda, yaitu x86, ARM dan Power 9!

Supercomputer yang bernama The MareNostrum 4 ini akan dibangun oleh Barcelona Supercomputing Center (BCS) dan akan memiliki tiga cluster. Gabungan ketiga cluster dalam supercomputer ini disebut akan menawarkan kemampuan proses hingga 13.7 PFLOPs. Tiga arsitektur berbeda untuk CPU sejauh ini belum pernah digunakan bersama di sebuah supercomputer, sehingga banyak pihak yang masih penasaran bagaimana kerja dari supercomputer ini.

Ketiga arsitektur yang digunakan memiliki cara kerja yang berbeda, sehingga akan sulit menggunakannya secara bersamaan dalam sebuah sistem. Oleh karena itu, sistem operasi yang digunakan di supercomputer baru ini akan dikonfigurasi secara khusus untuk mendukung x86, ARM, dan Power 9; serta menjalankan ketiganya bersama-sama dan menjalankan proses antar cluster dengan baik. Hal ini dimungkinkan karena tim pembangun supercomputer ini memanfaatkan interface seperti Gen-Z dan OpenCAPI yang memang memungkinkan set instruksi berbeda berjalan di satu data center.

Pembangunan supercomputer ini ditujukan BCS sebagai eksperimen sebuah komputer yang bisa menangani semua jenis kalkulasi ilmiah. Selain itu, eksperimen ini juga bisa jadi bahan pelajaran yang baik dalam pengembangan alternatif teknologi komputasi. Supercomputer ini nantinya akan menggantikan MareNostrum 3 yang sudah beroperasi saat ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES