Direct Release: ASUS Memperkenalkan Z270 Series Motherboard

Reading time:
January 8, 2017

Motherboard ROG, ROG Strix, Prime, TUF dan Workstation telah dilengkapi dengan beragam inovasi untuk memaksimalkan kinerja processor Intel Core 7th Gen

Taipei, Taiwan, 4 Januari 2017 — ASUS memperkenalkan serangkaian motherboard Z270 di awal 2017 ini, yang memang dirancang untuk memaksimalkan potensi processor Intel® Core™ 7th Generation. Jajajaran motherboard terbaru yang diperkenalkan termasuk gaming motherboard Republic of Gamers (ROG) Maximus IX Series, dengan pendatang baru Maximus IX Apex yang langsung mencatatkan sejarah dengan 8 world record (WR) dan 13 global first places (GFP) pada beberapa benchmark terkemuka di dunia.

Juga diperkenalkan gaming motherboard terbaru ROG Strix dengan tampilan yang bergaya. Motherboard ASUS Prime untuk penggunaan sehari-hari dengan kemudahan tuning dan kustom, Motherboard ASUS TUF untuk kestabilan non stop 24/7 kini dengan tambahan kemampuan overclocking. Tidak ketinggalan motherboard ASUS workstation Z270 juga diperkenalkan. Kesemua motherboard terbaru ini dilengkapi dengan beragam teknologi eksklusif yang memungkinkan pengguna dapat memaksimalkan kinerja CPU Intel terkini.

Berkenaan dengan diperkenalkannya motherboard Z270, Joe Hsieh, ASUS Corporate Vice President and General Manager of Motherboard Business Unit & New Product Planning Division mengatakan, “Motherboard ASUS generasi terdahulu sudah diakui dan telah meraih paling banyak penghargaan dari media terkemuka, membuktikan ASUS adalah brand motherboard nomor satu. Kami terus berusaha menawarkan Best-selling, Easy-to-use, Stable and Trusted motherboard — that’s why we call them BEST. Untuk motherboard generasi Z270, kami kembali menghadirkan inovasi dan keunikan secara maksimal, dengan fitur untuk personalisasi unik seperti Aura Sync RGB lighting dan dukungan 3D-printed components. Kami juga bekerjasama dengan Shapeways menghadirkan ASUS shop, pengguna dapat membeli, download dan kustom 3D-printable accessories di seluruh dunia, sehingga komputer menjadi semakin menarik. Kini adalah saatnya untuk memaksimalkan kemampuan processor Intel Core 7th Generation, dan ASUS Z270-series motherboard adalah cara yang tepat untuk melakukan hal tersebut!”

 

Built for Performance: Multiple Overclocking-friendly Technologies

ASUS diakui adalah produsen motherboard terkemuka di dunia. Tim research-and-development kelas dunia ini terus berdedikasi untuk menghadirkan kinerja terbaik, dengan melakukan serangkaian pengujian yang sangat ketat di atas standarisasi industri terkait. Hal ini membuat pengguna dapat dengan mudah melakukan overclock hingga 5.0GHz bahkan lebih[1] , semuanya dapat dilakukan dengan mudah, cukup dengan satu klik melalui UEFI profile. ASUS Z270 motherboard menawarkan banyak fitur yang membantu overclocker untuk memaksimalkan kinerja PC.

2 Potensi overclocking dapat bervarias tergantung tipe CPU, motherboard dan cooling yang digunaka.

ASUS 5-Way Optimization mengoptimalkan aspek penting pada PC, termasuk fitur terbaru Stress Test Distribution untuk mengatur proporsi beban kerja maksinal pada CPU atau DRAM untuk kinerja overclocking terbaik. Juga diperkenalkan generasi terbaru Fan Xpert 4 yang kini juga memantau temperatur GPU untuk memastikan graphic card tetap dingin meski dengan beban kerja yang berat saat mengerjakan 3D content creation atau gaming.

Teknologi ASUS Pro Clock juga dilengkapi dengan base-clock (BCLK) generator yang dirancang khusus untuk processor Intel 7th Generation sehingga dapat meningkatkan base-clock frequencies hingga 425MHz bahkan lebih. Teknologi ASUS Pro Clock bekerjasama dengan ASUS TurboV Processing Unit (TPU) dapat meningkatkan overclocking voltage dan base-clock, untuk menghasilkan kinerja hingga 5,4GHz bahkan lebih.

 

Built for Customization: Aura Sync and 3D-printable Components

ASUS Aura Sync menjadi teknologi pertama di dunia dengan mendukung teknologi RGB-synchronization, denga pilihan 9 efek pencahayaan yang memukau pada setiap Aura Sync-capable motherboard, graphic card dan perangkat lain. Semuanya dapat dengan mudah dikendalikan melalui Aura app yang sangat mudah dan intuitif saat digunakan. Tambahan efek pencahayaan Music mode memungkinkan efek pencahayaan dengan pendaran LED yang sinkron dengan lagu favorit. Pengguna juga dapat menambahkan efek pencahayaan yang diinginkan dengan menambahkan RGB LED strip langsung dipasangkan ke 4-pin/12V Aura RGB header, atau menggunakan extension cable yang tersedia pada paket penjualan. Aura hadirkan efek pencahayaan dengan spektrum warna yang  memukau, bahkan dapat berubah warna sesuai temperatur CPU, sehingga pengguna dapat dengan mudah mendapatkan informasi vital temperatur CPU ini.

ASUS terus berdedikasi menghadirkan cara mudah bagi pengguna untuk membuat sebuah PC dengan tampilan yang unik, dan ASUS kembali menjadi pelopor memperkenalkan dukungan untuk 3D-printed component. Ini memudahkan pengguna untuk membuat sendiri tampilan motherboard yang unik, sekaligus dapat mendukung peningkatan kinerja. Dudukan 3D mount khusus yang tersedia menggunakan sekrup dan ukuran mounting yang sama dengan M.2, sehingga dapat dilakukan sendiri dengan mudah oleh pengguna untuk menambahkan misalnya custom nameplate, cable cover, atau bahkan M.2 fan holder untuk mendinginkan M.2 hingga 30°C lebih dingin, sehingga dapat meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan. ASUS juga telah merancang beberapa 3D-printable accessories yang tampil bergaya, seperti antara lain 2-way SLI™ bridge cover, fan grill, cable combs dengan ROG-font letters dan beragam ukuran.

ASUS juga telah bekerjasama dengan Shapeways, sebuah 3D-printing service company terbesar di dunia, dan menghadirkan ASUS 3D Printing Store. Di sini tersedia pilihan lengkap ASUS 3D-printable part, sehingga pengguna dapat memilih part yang diinginkan untuk di print 3D, memilih material yang digunakan dan warna yang diinginkan, dan pesan langsung via Shapeways. Atau dengan download CAD file yang tersedia, untuk kustom atau personalisasi lebih lanjut, dan kemudian pesan via Shapeways printing service atau membuatnya sendiri menggunakan 3D printer.

 

Record-breaking Performance: Redefining Limits for The 7th Gen Era

Motherboard ROG Maximus IX Apex adalah tipe terbaru dari jajaran motherboard ROG, sesuai dengan akar komunitas ROG yaitu para entusias kelas dunia yang membutuhkan motherboard terbaik untuk menghadirkan kinerja gaming pada puncak tertingi. Dengan layout yang memang dirancang untuk menghasilkan performa terbaik Apex memungkinkan overclocking ekstrim untuk malampaui batas maksimal menggunakan pendingin ekstrim seperti liquid nitrogen (LN2) atau liquid helium (LHe), dan sudah terbukti mencatatkan sedemikian banyak world record (WR) dan global first place (GFP). Antara lain the best Intel Core processors CPU frequency  processors, dengan catatan record 7,383GHz dengan single core dan one thread, 7,328GHz dengan four core dan eight thread using the Intel Core i7-7700K. Motherboad ini juga telah mencatatkan reference clock (BCLK) 584MHz dan memory frequency 5041MHz (lebih dari 5GHz!). Secara keseluruhan Maximus IX Apex sudah mencatat prestasi 8 world record dan 13 global first place, detilnya pada tabel berikut:

 

CategoryBenchmarkNew scoreWR/GFP*
2D benchmarksPiFast8sec 72msWR
SuperPi 1M4sec 937msWR
SuperPi 32M4mn 17sec 500msWR
Cinebench R11.5 – 4x16.73GFP
Cinebench R15 – 4x1515GFP
Geekbench3 multi – x429463GFP
GPUPI for CPU – 1B x4225643GFP
HWBOT Prime – 4x8471GFP
wPrime 32M – 4x2sec 891msGFP
wPrime 1024M – 4x1mn 31sec 516msGFP
XTU – 4x2301GFP
CategoryBenchmarkNew scoreWR / GFP
Legacy benchmarksAquamark
1x GPU652098GFP
3DMark2001 SE
1x GPU212326WR
3DMark03
1x GPU351557WR
2x GPU342682GFP
3DMark05
1x GPU88398WR
2x GPU87604GFP
3Dmark06
1x GPU68888WR
2x GPU68766GFP
CategoryBenchmarkNew scoreWR / GFP
3D BenchmarkUnigine Heaven – Xtreme preset
1x GPU11009.58GFP
2x GPU11187.77WR

*All world records were verified on 3rd January 2017 on HWBOT.org

 

ROG and ROG Strix: Defeat All Challengers Together with a New Creed

Motherboard ROG yang diperkenalkan kali ini adalah Maximus IX Extreme, Maximus IX Formula, Maximus IX Hero, dan 2 model baru lain yaitu Maximus IX Code dan Maximus IX Apex. Juga diperkenalkan anggota keluarga baru baru, ROG Strix. Semua motherboard tersebut menggunakan Intel Z270 Chipset terbaru dan dirancang dengan inovasi dan teknologi  dari ROG untuk memberikan kinerja mengesankan di segala sisi.

Jajaran motherboard ROG ini dilengkapi solusi audio terbaik dengan SupremeFX audio codec, inovasi terbaik air- and water-cooling, best auto-overclocking performance, dan masih banyak desain terbaik dan fitur teratas di kelasnya. Juga dilengkapi dengan dukungan Aura Sync dan 3D-printing-friendly untuk PC gaming unik yang tampil mengesankan.

Maximus IX Apex dirancang untuk menghadirkan kemampuan overclocking terbaik, dengan desain DIMM.2 yang revolusioner, slot M.2 yang terpasang secara vertikal. Dibantu dengan fan untuk RAM atau fan PC case dapat membantu mendinginkannya, memastikan sistem bekerja secara maksimal. Dibuat untuk menghadirkan terobosan, motherboard Maximus IX Apex ini dibuat dengan bentuk asymmetrical X-shaped, namun yang lebih penting adalah desain ini juga sekaligus memberikan efek iluminasi cahaya Aura Sync yang lebih menarik. Desain heatsink yang terinspirasi pesawat, dan iluminasi custom nameplate semakin melengkapi keindahan yang ditawarkan Apex.

Maximus IX Apex
Maximus IX Apex

ROG juga menawarkan 2 motherboard Z270 yang mendukung penggunaan solusi water-cooling, yaitu Maximus IX Extreme dan Maximus IX Formula.

Maximus IX Extreme adalah motherboard pertama di dunia yang dilengkapi dengan monoblock, dibuat oleh ahlinya yaitu Bitspower. Maximus IX Extreme ini hadir dengan terobosan untuk solusi water cooling. Monoblock yang digunakan dapat mendeteksi flow rate water coolant, dan sensor khusus untuk mendeteksi baik temperatur inlet juga outlet, dan sensor untuk mendeteksi sekiranya terjadi kebocoran. Monoblock ini juga sekaligus mendinginkan heatsink M.2, memberikan pendinginan M.2 yang tidak tertandingi, sehingga meningkatkan performa dan keandalan jangka panjang.

Maximus IX Extreme
Maximus IX Extreme

Maximus IX Formula melanjutkan tradisi penggunaan hybrid heatsink dengan rancangan terbaru dari ahlinya EKWB. Dengan fin yang lebih tipis yang mempercepat pendinginan, 4˚C lebih dingin dibanding generasi terdahulu, sehingga lebih efisien dan lebih dingin.

Maximus IX Formula
Maximus IX Formula

Semua motherboard ROG terbaru ini menawarkan solusi water-cooling yang lebih baik, dengan tersedianya onboard header untuk sensor water flow dan temperature.

ROG Strix dihadirkan menjadi sebuah tren baru dalam gaming, dengan desain yang menggoda pada motherboard ATX ROG Strix Z270E Gaming, ROG Strix Z270F Gaming, ROG Strix Z270H Gaming; motherboard mATX ROG Strix Z270G Gaming; dan motherboard mini-ITX ROG Strix Z270I Gaming. ROG Strix Z270 gaming motherboard mengkombinasikan desain yang mengesankan dengan kinerja kelas atas dan gelegar audio SupremeFX untuk menghadirkan pengalaman gaming terbaik yang tak tertandingi. Desain garis miring dengan sudut-sudut unik layaknya tebasan pedang pada motherboard ROG Strix ini memberikan aksen tersendiri, ditambah logo ROG dengan bahan reflective polychrome pada logo ROG yang menghiasi motherboard ROG Strix ini. Ditambah dengan dukungan teknologi Aura Sync yang dapat disinkronisasi dengan komponen lain yang kompatibel dengan Aura untuk memberikan efek iluminasi dengan warna yang tidak berbatas.

ROG STRIX Z270E GAMING
ROG STRIX Z270E GAMING

ASUS Prime: Primed to Outclass

ASUS Prime adalah evolusi terkini dari motherboard ASUS, melanjutkan tradisi dan nama besar motherboard ASUS yang sudah dikenal sejak 1989. Tim ahli kelas dunia dengan semangat untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan untuk tuning dan kustomisasi, menjadi semangat dari pengembangan motherboard seri Prime untuk mengembangkan dan memudahkan fungsi pengendalian, memaksimalkan performa, kestabilan dan kompatibilitas bagi pelaku PC DIY.

Prime dilengkapi dengan fitur ASUS-exclusive 5-Way Optimization dengan fungsi  one-click full-system tuning, daapat melakukan auto-tuning dengan mudah untuk melakukan overclock hingga 4.8GHz atau lebih. Fan Xpert 4 dapat memonitor temperatur GPU untuk mendapatkan PC yang lebih dingin. T-Topology generasi ketiga memungkinkan untuk mendukung penggunaan DDR4 hingga 3866MHz bahkan lebih, dengan konsisten dan stabil. 5X Protection III hadirkan perlindungan seperti SafeSlot core, desain dengan tambahan pengikat sehingga 1,6x lebih kuat dari penarikan dan 1,3x  lebih tahan pergeseran dibanding slot standar.

Motherboard Prime Series juga dilengkapi dengan ASUS Aura Sync dengan integrated 4-pin RGB header untuk efek iluminasi cahaya yang sinkron dengan perangkat lain yang kompatibel dengan Aura Sync. Ditambah 3D mount khusus untuk 3D-printing-friendly design. Prime series juga memberikan standar audio kelas atas menggunakan S1220A codec. Dirancang bersama dengan Realtek®, codec ini mampu memberikan peningkatan audio dengan signal-to-noise ratio (SNR) 120dB pada stereo line-out, dan SNR 113dB pada line-in, sehingga pengguna dapat menikmati kemurnian suara dengan lebih sempurna. Dengan impedance-sensing circuit yang dapat secara otomatis menyesuaikan dengan headphone yang terpasang.Teknologi DTS Headphone:X®  hadirkan 3D surround sound yang mengesankan.

Ultra-fast connectivity juga dihadirkan pada motherboard all-new Prime Z270 series, dengan dukungan dual M.2 slot untuk mendapatkan 32Gbps of PCI Express® (PCIe®) bandwidth, USB 3.1 Type-A dan reversible Type-C™. Motherboard Prime series mendukung Intel Optane™ memory. Prime Z270-A and Z270-AR juga mendukung ASUS SLI HB Bridge (2-Way-M), sebuah expansion card yang dapat memaksimalkan bandwith untuk surround gaming dan kompatibel dengan graphic card NVIDIA® Titan X, GeForce® GTX™ 1080 dan GeForce GTX 1070.

ASUS PRIME Z270-A
ASUS PRIME Z270-A

ASUS TUF: Unconditionally Tough with 24/7 Reliability

TUF menghadikan kombinasi keandalan dengan kinerja kelas atas yang hadir dalam satu produk, dan telah melalui serangkaian pengujian ketat oleh salah satu lab uji terkemuka di dunia untuk mendapatkan sertifikasi TUF yang sesuai dengan standar militer. ASUS sangat yakin dengan keandalan dan ketangguhan produk ini, dan tiap motherboard TUF dilengkapi dengan garansi 5 tahun.

ASUS TUF Z270 MARK
ASUS TUF Z270 MARK

Dan untuk pertama kalinya, motherboard TUF juga dibuat untuk mendukung overclocking. Dengan menggunakan DRAM layout terbaru, ASUS T-Topology generasi ketiga ini dapat mengadirkan kemampuan DDR4-overclocking sehingga pengguna dapat meningkatkan memory frequency hingga 3866MHz dengan semua slot memory terisi.

Base-clock generator ASUS Pro Clock dapat meningkatkan base-clock frequencies hingga 425MHz[2] pada Intel CPU 7th Generation, sehingga motherboard TUF kini dapat meningkatkan kinerja secara ekstrim. Motherboard ini juga dilengkapi dengan Thermal Radar 2+ dan TurboV Processing Unit (TPU) untuk voltage control dan monitoring yang efisien, semua dapat dilakukan dengan satu klik.

Motherboard ASUS TUF telah dirancang ahlinya dengan dilengkapi TUF ICe, sebuah processor khusus untuk melakukan monitor onboard temperature sensor dan fan speed sehingga dapat melakukan sistem pendingin yang akurat, baik saat dilakukan secara manual ataupun otomatis menggunakan one-click optimization via Thermal Radar 2+ dan TUF Detective 2. Thermal Radar 2+ memungkinkan pengguna untuk mengendalikan fan graphic card ASUS, juga fan pada PC case. Tersedianya beberapa sensor tambahan memungkinkan monitor temperatur bagian penting lain di motherboard, termasuk GPU temperatur saat gaming dan 3D content-creating.

TUF Thermal Armor yang kuat, dengan desain yang futuristik ditambah efek iluminasi cahaya Aura RGB, membuat tampilannya menarik perhatian dengan variasi efek cahaya yang beragam, sekaligus TUF Thermal Armor membuat motherboard ini tetap dingin. Cukup dengan memasang fan tambahan[3]  untuk meningatkan aliran udara ke bagian voltage-regulator module (VRM), sehingga lebih dingin hingga 18.9°C.

Seperti Prime Series, TUF Z270 hadirkan gelegar suara 3D surround sound dengan Realtek S1220A dan Crystal Sound 3, juga DTS Headphone:X Technology.

TUF Z270 series dirancang dengan teliti untuk kompatibel dengan beragam high-performance workstation graphic card. ASUS menjamin kompatibilitasnya seperti yang tertera pada Qualified Vendor List (QVL) yang mencakup produk dan brand ternama, sehingga pengguna mendapatkan kepastian kompatibilitas dengan graphic card yang akan digunakan.

ASUS Workstations: Engineered for Professional Performance

ASUS workstation motherboard juga telah mengalami upgrade pada era Z270 ini. Z270-WS dilengkapi dengan ASUS 5-Way Optimization yang secara dinamis dapat mengoptimalkan kinerja cukup dengan satu klik, sehingga keseluruhan sistem dapat dioptimalkan sesuai dengan scenario penggunaan.

Z270-WS dilengkapi dengan 4 slot PCI Express x16, dengan proteksi teknologi ASUS SafeSlot, dan dapat terpasang hingga 4 dual-slot graphic card. Dengan dukungan teknologi NVIDIA GeForce SLI, NVIDIA Quadro® SLI, dan AMD® CrossFireX™, Z270-WS adalah pilihan yang tepat untuk desainer atau profesi lain yang membutuhkan graphic card bertenaga,  sehingga sangat ideal untuk design and modeling, processing-intensive simulation, dan 3D-rendering.

ASUS-Z270-WS
ASUS-Z270-WS

Seperti Prime Series, Z270-WS dilengkapi dengan Realtek S1220A dan Crystal Sound 3. Ditambahkannya DTS Headphone:X Technology, Z270-WS hadirkan suara sempurna dengan 3D surround sound yang mengesankan.

Z270-WS juga dilengkapi dengan dukungan media storage dan konektivitas berkecepatan tinggi, dengan tersedianya dukungan dual M.2 dan dual U.2, hadirkan kecepatan bandwidth 32Gbps. Z270-WS mendukung konekivitas beragam dengan tersedianya port USB 3.1 Type-A, dan reversible USB 3.1 Type-C, semua ini tersedia di stainless-steel back I/O shield. Z270-WS juga dilengkapi dengan ASUS ThunderboltEX 3, sebuah add on card  dengan transfer speed hingga 40Gbps. Motherboard ini juga dilengkapi dengan dual Intel Gigabit LAN, sehingga memudahkan untuk terkoneksi dengan banyak jaringan.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…