in: News | January 4, 2017 | by: Tim Jagat Review

Foxconn dan Sharp Bangun Pabrik Panel LCD di Tiongkok

foxconn-logo-840x560

Layar LCD saat ini diperkirakan akan masih digunakan di berbagai produk elektronik untuk waktu yang masih sangat lama. Melihat peluang ini, kini salah satu perusahaan manufaktur produk elektronik terbesar, Foxconn telah mengumumkan kerja sama baru dengan Sharp untuk membangun dan mengoperasikan sebuah pabrik layar flat LCD TV di China.

Pihak Foxconn mengatakan bahwa untuk membangun sebuah pabrik layar LCD untuk TV ini dibutuhkan biaya sebesar $8.8 juta. Beberapa sumber mengatakan bahwa pabrik baru hasil kerjasama FOxconn dan Sharp ini akan membantu mengatasi permintaan layar flat TV di Asia. Foxconn mengatakan bahwa pabrik LCD tersebut akan memproduksi layar generasi 10.5 dengan resolusi 8K serta layar untuk smart TV dan whiteboard elektronik.

Pabrik LCD baru tersebut diprediksi akan mulai proses produksi pada tahun 2019 mendatang. Walaupun saat ini beberapa perusahaan sudah mulai menggunakan layar OLED pada produk TV dan smartphone tapi Foxconn dan Sharp sepertinya masih melihat adanya peluang di pasar LCD. Bahkan beberapa waktu lalu Panasonic telah mengumumkan layar LCD IPS dengan contrast ratio 1.000.000:1 yang hampir setara levelnya di layar OLED.

Berkebalikan dengan Foxconn dan Sharp yang masih ingin menggarap layar LCD, LG justru saat ini dilaporkan akan lebih fokus untuk menggarap layar OLED. Cukup menarik sepertinya persaingan produsen layar di tahun ini. Namun sepertinya tahun ini akan banyak vendor yang merilis produk dengan layar OLED mengingat kedepan banyak perusahaan yang akan memproduksi lebih banyak layar OLED.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES