IDC: Transformasi Digital di Skala Ekonomi Makro Sebagai Pemicu Awalnya Ekonomi DX

Reading time:
January 19, 2017

Setiap tahunnya, IDC kerap memberikan hasil laporan riset sekaligus memberikan prediksi dari hasil riset yang telah dilakukan tersebut. Dan pada Rabu (18/1), IDC Indonesia pun turut memberikan prediksi teknologi yang mereka temukan tersebut, serta dampak yang akan didapatkan oleh tiga sektor bisnis dan ekonomi di Indonesia, yakni dari segi cross industry (industri silang), top verticals (kelompok vertikal atas), serta government (pemerintahan).

IDC Indonesia sendiri menekankan bahwa transformasi digital akan berdampak besar kepada pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Karenanya, hal ini akan mencangkup ke dalam skala ekonomi makro dalam kurun waktu dua hingga tiga tahun ke depan. Dan dengan demikian, cara perusahaan beroperasi pun akan berubah serta membentuk kembali ekonomi global yang kemudian disebut dengan munculnya “Ekonomi DX”.

IMG_1853

Dalam prediksi yang dipaparkan oleh Mevira Munindra, Research Manager, Consulting, IDC Indonesia, mengungkapkan bahwa keseluruhannya akan memberikan perubahan yang sangat besar bagi seluruh perusahaan di Indonesia.

“Menuju tahun 2020 mendatang, investasi Indonesia dalam ICT akan mencapai Rp 394 triliun, dan dapat diprediksikan bahwa perusahaan manufaktur dan retail dalam lingkup vertikal atas merupakan dua industri yang akan memiliki kecenderungan paling tinggi dalam Ekonomi DX. Hal ini dikarenakan keduanya akan berinvestasi lebih tinggi untuk TI. Selain itu, tingkat konsumsi masyarakat dari kedua industri besar ini juga semakin lama semakin meninggi.” Jelasnya. “Dengan transformasi digital yang semakin marak bertumbuh tersebut, para perusahaan enterprise pun harus berinovasi untuk bisa segalanya dibentuk atas dasar TI yang lebih baik.”

Prediksi ICT yang akan terjadi di tahun 2017 hingga tahun-tahun berikutnya tersebut terpapar sebagai berikut:

  1. Pada tahun 2019, 50% dari perusahaan TI di Indonesia akan mengembangkan layanan customer-facing dan ecosystem-facing baru untuk memenuhi kebutuhan bisnis Transformasi Digital.
  2. Pada tahun 2018, kurangnya visi, kredibilitas, atau kemampuan untuk mempengaruhi akan menjadi penghalang bagi sebagian besar atau 80% eksekutif TI untuk mencapai peran kepemimpinan dalam Transformasi Digital perusahaan.
  3. Pada tahun 2020, perusahaan Indonesia akan memanfaatkan open innovation untuk mengalokasikan keahlian pada 15% proyek baru, dengan tujuan untuk meningkatkan kesuksesan pengenalan produk baru mereka hingga lebih dari 50%.
  4. Pada tahun 2020, hampir 20% dari proses operasional akan menjadi self-healing dan self-learning – meminimalisir kebutuhan campur tangan atau penyesuaian dari manusia.
  5. Pada tahun 2018, Online Brand Ambassadors dan Social Media Influencers akan lebih memiliki kekuasaan pemasaran dari pada iklan digital yang tradisional, namun hal ini akan berkurang selama 2019 dan seterusnya.
  6. Pada tahun 2019, Investasi Transformasi Digital akan naik menjadi dua kali lipat, mengurangi modal toko dan mengubah industri ritel secara mendalam.
  7. Pada 2019, hanya 30% dari perusahaan manufaktur yang berinvestasi pada Transformasi Digital akan dapat memaksimalkan hasil yang didapat; yang lain akan terhambat oleh bisnis model dan teknologi lama.
  8. Pada tahun 2019, Adopsi cloud akan mengurangi pengeluaran infrastruktur sebesar 25% diantara Bank-bank terkemuka.
  9. Pada tahun 2019, 20% dari pemerintah lokal dan daerah akan menggunakan Internet of Things (IoT) untuk mengubah infrastruktur seperti jalan raya, lampu jalan dan rambu lalu lintas menjadi aset dari pada kewajiban.
  10. Pada 2017, 90% kota kota di Indonesia akan mengalami kegagalan dalam memanfaatkan data Kota Pintar dan aset digital dikarenakan kurangnya proses, manajemen proyek, dan keterampilan manajemen perubahan.

Disebutkan juga bahwa pihak perusahaan maupun pemerintahan penting menyadari akan Transformasi Digital yang tengah berlangsung ini untuk bisa berhasil dalam melaksanakan Ekonomi DX. Hal yang juga penting dilihat adalah bagaimana seharusnya mereka sebagai pelaku bisnis perlu melihat berbagai aspek untuk bisa mendukung serta maju ke depan di era digital ini, jika tidak maka dikhawatirkan usaha tersebut akan mengalami kegagalan tersendiri akibat kurangnya aset, proses, manajemen, proyek dan keterampilan manajemen perubahan tersebut.

Tags:

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…