in: Highlights - News | January 12, 2017 | by: Dedy Irvan

Intel Perkenalkan PC Sebesar Kartu Nama: Compute Card

Setelah berulang kali memperkenalkan beragam form factor mungil, Intel kini memperkenalkan komputer seukuran kartu. Mungkin tidak setipis kartu nama, tapi selebar kartu nama dengan ketebalan sekitar 4-5 kartu nama. Tidak, ini bukan lah form factor terkecil yang diperkenalkan Intel, akan tetapi menurut kami ini adalah bentuk yang unik.

cof
Berbeda dengan Compute Stick yang berukuran sebesar USB drive, Compute Card ini tidak memiliki konektivitas HDMI secara langsung. Semua konektivitas berada di satu sisi saja. Konektor ini terdiri dari sebuah konektor USB-C dan di sebelahnya ada sebuah konektor khusus yang merupakan gabungan dari beberapa konektivitas seperti audio, video dan beberapa pin out yang nantinya akan bisa digunakan di kemudian hari. Tentu saja, di dalam Compute Card ini sudah tersedia konektivitas wireless berupa WiFi dan Bluetooth.

Beda Bentuk Beda Pasar

Compute Card nampaknya ditujukan untuk pasar yang berbeda dibandingkan Compute Stick. Di awalnya Compute Stick dirancang untuk memiliki dua kemungkinan penggunaan: untuk konsumen biasa dan untuk kebutuhan komersial. Akan tetapi, tampaknya kebutuhan komersial lah yang lebih merupakan daya tariknya.

Compute Card dirancang untuk kebutuhan komersial. Bahkan, cenderung sebagai “bahan dasar” untuk sebuah perangkat consumer electronic. Bayangkan sebuah TV berlayar lebar yang dijual dengan 2 opsi: sebagai smartTV atau sebagai TV biasa. Produsen tidak perlu membuat keduanya secara berbeda. Cukup dengan menyediakan sebuah slot upgrade untuk memasangkan Compute Card saja. Produsen dapat memilih untuk menjual dengan pilihan kemampuan komputasi yang berbeda. Pengguna bahkan dapat menikmati kemungkinan melakukan upgrade SmartTV-nya dengan Compute Card yang lebih kencang atau lebih baru.

cof
Saat ini Compute Card memang belum dijual. Intel berencana mengawali distribusinya di paruh kedua tahun ini. Akan tetapi sudah ada beberapa perusahaan berskala internasional yang sudah menyatakan kerjasamanya dengan Intel dalam mendukung Compute Card ini. Dell, HP, Lenovo, dan Sharp adalah beberapa yang sudah menyatakan dukungannya. Sementara itu, untuk rekanan regional, Seneca Data, InFocus, Contec DTx, TabletKiosk dan Pasuntech pun sudah mengumumkan dukungannya.

compute-card-size-comparison-16x9.png.rendition.intel.web.480.270
Secara teknis, Intel dapat mengunakan mulai dari prosesor Atom hingga Core i7 di dalam Compute Card. Tentu saja, untuk prosesor kelas Core, kemungkinan besarnya adalah Core M3 atau i5 dan i7 seri Y. Sebab, Compute Card tidak memungkinkan penggunaan kipas di dalamnya. Meski demikian, hal ini membuat performa komputasi dari produk yang menggunakannya bisa cukup tinggi.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES