in: News | January 31, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Intel Sudah Sebarkan Modul RAM Optane

Di CES 2017 lalu, Intel sudah menampilkan wujud pertama dari teknologi Optane mereka, berupa SSD untuk cache dalam bentuk card M.2. Optane sendiri akan hadir dalam lebih banyak wujud, termasuk untuk SSD untuk storage dan juga RAM DDR4. Terkait Optane dalam wujud RAM DDR4, Intel disebut sudah mulai menyebarkannya ke rekan-rekan mereka.

Intel Optane

Hadirkan RAM Kapasitas Besar

RAM DDR4 dengan Optane ini akan banyak mengubah pemanfaatan RAM di server dan PC. Bila umumnya RAM hanya bisa digunakan untuk penyimpanan data sementara, dengan kapasitas yang relatif lebih kecil dari storage, Optane menawarkan hal yang cukup berbeda. Penyimpanan data yang cukup sering diakses, atau data “hot“, akan bisa dilakukan di RAM Optane.

Memanfaatkan RAM untuk menyimpan data “hot” berarti membutuhkan kapasitas yang besar, lebih dari yang ada saat ini, karena RAM juga tetap akan digunakan untuk penyimpanan data sementara seperti saat ini. Optane memang memungkinkan hal itu, karena bisa menawarkan kecepatan mendekati DRAM, tetapi dengan harga per kapasitas mendekati SSD. Hal itulah yang tampaknya akan ditawarkan sebagai daya tarik tersendiri dari RAM Optane.

Fokus ke Data Center

Walaupun pada akhirnya berbagai wujud Optane ini disebut juga akan hadir di PC, Intel tampaknya akan mendorong Optane ini ke data center di awal debutnya. Data center memang akan banyak terbantu dengan hadirnya teknologi Optane ini, baik dalam wujud cache, RAM, maupun storage. Sementara bagi Intel, bisnis data center memang jadi salah satu ujung tombak mereka untuk saat ini, yang memang mulai terlihat menghasilkan banyak keuntungan bagi perusahaan tersebut di tahun 2016 lalu.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES