in: Awards | January 15, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Jagat Review Awards 2016: Best High-End Wireless Router

Tahun 2016 lalu, wireless router high-end yang ditawarkan oleh berbagai produsen mengusung makin banyak fitur dengan tawaran data rate yang semakin tinggi juga. Produsen sudah tidak ragu lagi menawarkan kemampuan yang sangat tinggi, memaksakan standar tertinggi dari WiFi AC, sembari menyematkan fitur-fitur menarik yang mempermudah hidup penggunanya. Kali ini, kami akan memilih wireless router yang kami anggap sebagai yang terbaik, yang hadir di Indonesia pada tahun 2016 lalu, dan memberikan “Jagat Review Awards 2016”.

Feat-Router

Selain harus hadir di Indonesia sepanjang tahun 2016 lalu, kami juga memberikan batasan-batasan khusus untuk wireless router yang berhak mendapatkan penghargaan “Gold Award” dan “Silver Award” ini. Kami hanya akan memberikan kedua penghargaan itu ke wireless router yang sudah menawarkan kapabilitas kelas atas, seperti dual-band 5 GHz atau MU-MIMO. Selain itu, fitur yang ditawarkan pun haruslah lebih dari sekedar “hanya sebagai penghubung jaringan lokal ke Internet”, dalam artian router itu harus sudah menawarkan fitur yang menarik, yang membantu penggunanya dalam berbagai hal.

Setelah menelusuri sekian banyak wireless router high-end yang ada di Indonesia, berikut ini adalah pilihan kami:

Gold: Asus RT-AC5300

Asus-RT-AC5300

Asus kembali menawarkan sebuah wireless router high-end yang tidak hanya menawarkan kemampuan tinggi, tapi juga fitur yang sangat melimpah. RT-AC5300 ini menawarkan data rate tinggi, mencapai 5300 Mbps dari tiga wireless band yang yang ada. Selain data rate tinggi itu, Asus juga membekali wireless router andalan mereka ini dengan fitur MU-MIMO, serta kapabilitas wired network yang tidak bisa dipandang remeh.

Bicara soal fitur, seperti kebanyakan router Asus yang lain, router ini hadir dengan set fitur yang lengkap. Asus mempertahankan fitur pemanfaatan port USB yang lengkap seperti yang biasa mereka tawarkan, di antaranya file sharing dari storage berbasis USB, serta pemanfaatan 3G/4G USB Modem. Masih ada juga fitur tambahan lain seperti Download Master, Parental Control, Ai Protection dengan dukungan dari Trend Micro, serta Game Boost yang membuat router ini menjadi semakin menarik. Berbagai keunggulan tersebut membuat kami memberikan Gold Award untuk Asus RT-AC5300 ini.

Gold: Netgear Nighthawk X8

Netgear-Nighthawk-X8

Netgear juga menawarkan data rate yang tinggi, 5300 Mbps, dari tiga wireless band dengan dukungan MU-MIMO, di Nighthawk X8 ini. Namun, tidak hanya dari sisi wireless network saja, router ini juga punya daya tarik tersendiri dari sisi wired network. Hal itu hadir dari disertakannya 6 port Gigabit Ethernet dengan kapabilitas Link Aggregation di router yang satu ini, suatu hal yang masih jarang ditemui di router masa kini, di kelas high-end sekalipun.

Router Nighthawk X8 ini juga hadir dengan fitur yang menarik, termasuk dari jajaran ReadySHARE dan ReadyCLOUD khas Netgear. Fitur Load Balancing untuk wireless network, Parental Control dan Dynamic QoS juga ditawarkan Netgear untuk router yang satu ini. Hal-hal tersebut membuat kami merasa Netgear Nighthawk X8 layak mendapatkan Gold Award.

Silver: TP-Link Archer C3200

TP-Link-Archer-C3200

TP-Link membuktikan bahwa mereka bukan hanya jago di pasar entry-level seperti anggapan banyak orang selama ini, melainkan juga di kelas atas. Produk Archer C3200 ini hadir dengan menawarkan wireless tri band dengan data rate maksimal 3200 Mbps. Memang bukan termasuk yang terkencang untuk saat ini, mengingat beberapa router dari produsen lain sudah menawarkan data rate di atas itu, tetapi sudah cukup untuk berbagai kebutuhan yang ada saat ini.

Archer C3200 ini dilengkapi dengan beberapa fitur modern, termasuk Smart Connect, Guest Access, Parental Control, serta kepabilitas file sharing dari storage USB. Fitur-fitur itu memang merupakan standar yang seharusnya ditawarkan oleh router saat ini, terutama yang dilabeli dengan harga tinggi. Menariknya, TP-Link juga bisa menawarkan fitur menarik itu, dan juga wireless network tri-band 3200 Mbps, dengan harga setara dengan beberapa produk AC1900 dari beberapa produsen. Hal itu membuat produk TP-Link Archer C3200 ini panas menyandang Silver Award kami.

Honorable Mention

Seperti yang telah kami sebutkan di awal artikel ini, ada syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh wireless router high end untuk bisa mendapatkan Gold Award atau Silver Award kali ini. Namun, berdasarkan penelusuran kami, ada beberapa produk high-end yang terbilang menarik yang sayangnya tidak memenuhi syarat tersebut, tetapi cukup sayang untuk dilewatkan begitu saja. Karena itu, kami memberikan Honorable Mention untuk produk-produk tersebut, yaitu”

Linksys WRT1900AC

Linksys-WRT1900AC-R1

 

Linksys membangkitkan kembali lini legendaris “WRT” mereka, dan salah satunya pun sudah tersedia di Indonesia, yaitu WRT1900AC. Perangkat ini memang “hanya” menawarkan wireless dual-band dengan data rate maksimal 1900 Mbps, tanpa dukungan MU-MIMO. Namun, dukungan resmi untuk custom firmware, termasuk DD-WRT, yang diberikan Linksys menjadi daya tarik tersendiri karena banyaknya opsi konfigurasi yang bisa diakses, yang bisa dimanfaatkan kalangan profesional sekalipun untuk mendapatkan fungsi lebih dari router ini. Hal itu membuat kami yakin router Linksys WRT1900AC ini layak mendapatkan Honorable Mention.

Synology RT1900AC

Synology-RT1900AC-R1

Synology selama ini lebih dikenal sebagai produsen NAS, tetapi sejak beberapa waktu lalu mereka terlihat juga ingin berkompetisi di pasar router. Salah satu produk perdana mereka, RT1900AC, memang hanya menawarkan dual-band dengan data rate 1900 Mbps, tanpa dukungan MU-MIMO. Namun, Synology membekali router tersebut dengan “sistem operasi” yang serupa yang digunakan di NAS mereka, yang disebut sebagai Synology Router Manager. Fitur yang ditawarkan oleh Synology Router Manager ini membuat RT1900AC memiliki kemungkinan perluasan fitur yang sangat baik, dan hal itu membuat kami bisa memberikan Honorable Mention untuk Synology RT1900AC ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES