in: News | January 9, 2017 | by: Friska Suryawinata

Norwegia akan Jadi Negara Pertama yang “Mematikan” Radio FM

old-radio

Harus diakui bahwa sejak dahulu, radio menjadi salah satu sumber utama bagi para pendengarnya untuk bisa mendengarkan lagu atau menikmati hiburan audio lainnya selain media televisi. Tapi belakangan ini, seiring dengan perkembangan zaman, hiburan berupa audio atau musik kini bisa didapatkan dengan mudah melalui internet dan media streaming online. Kepopuleran radio pun mulai menurun karena perkembangan teknologi yang semakin maju tersebut, dan Norwegia nampaknya akan jadi negara pertama yang “meninggalkan” media radio tersebut.

Laporan ini ditulis oleh Reuters, di mana nampaknya kepopuleran radio di Norwegia sudah semakin menurun, dan memiliki rencana untuk menghentikan broadcasting radio FM di waktu mendatang. Perlu diingat bahwa mematikan fungsi transmisi radio FM bukan berarti akan mematikan fungsi radio sepenuhnya, mengingat pengguna masih bisa mendengarkan siaran radio melalui media internet/radio digital.

Yang menariknya, walau Norwegia memiliki rencana tersebut, secara keseluruhan para penduduknya justru tidak menyukai ide tersebut. Dalam polling mengenai isu ini, 66 persen dari penduduk Norwegia tidak setuju radio FM harus dimatikan, sementara 17 persen merasa setuju, dan sisanya tidak bisa memutuskan setuju atau tidak. Namun demikian, keputusan untuk menghentikan siaran radio FM memang memiliki dampak tersendiri, seperti bagaimana 2 juta unit kendaraan di negara tersebut masih menggunakan penerima transmisi radio FM, bukan penerima Digital Audio Broadcasting yang menjadi alternatifnya.

Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah setuju jika siaran radio FM lebih baik digantikan saja dengan siaran radio digital?

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES