in: Motherboard - News | January 11, 2017 | by: Luthfi Fuardi

Preview Motherboard MSI Z270 GAMING Pro Carbon

The Board

Sesuai namanya, motherboard ini hadir dengan chipset Intel Z270 yang merupakan chipset unggulan terbaru Intel pada lini motherboard 200-Seriesnya. Terlahir untuk memenuhi kebutuhan para pengguna yang menginginkan performa tinggi pada sistemnya, motherboard dari MSI coba memberikan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya. Berikut tampilan lengkap motherboard ini.

msiz270procarbon_5_wm

Datang dengan tema serba hitam dengan sedikit ornamen karbon di bagian heatsinknya, salah satu motherboard terbaru dari MSI ini mampu menampilkan aura yang mampu meyakinkan bagi para calon penggunanya, khususnya para gamer. Fitur-fitur perlindungan, Anda bisa langsung dapatkan saat melihat motherboard ini, seperti adanya armor pelindung pada slot RAM dan slot PCI-e 16x pertama dan kedua yang diklaim dapat melindungi memori serta graphic card Anda dari kerusakan.

 

msiz270procarbon_7_wm

msiz270procarbon_10_wm

Datang dengan komponen VRM yang dibekali fitur Military Class 5, motherboard terbaru dari MSI ini dilengkapi dengan heatsink yang mumpuni untuk menjaga suhu dari komponen VRM tersebut, Tak hanya komponen VRM yang mendapatkan perlindungan terhadap panas, chipset PCH Intel Z270 yang tertanam di motherboard ini juga dibekali dengan heatsink besar. Fitur RGB LED Mystic Light MSI juga akan Anda temukan pada heatsink PCH ini. Hal ini mungkin dilakukan MSI demi meningkatkan daya tarik dari motherboard ini.

 

msiz270procarbon_9_wm

Dengan empat buah slot DIMM DDR4 yang diklaim dapat menangani memori DDR4 hingga kecepatan 3800 MHz (OC) dan mampu menampung kapasitas maksimal hingga 64 GB. Demi melindungi sirkuit memori, MSI membekali slot memori motherboard ini dengan fitur MSI Steel Armor yang diklaim dapat mengisolasi sirkuit memori.

 

msiz270procarbon_6_wm
Pada bagian panel IO di belakang, motherboard ini menyediakan beragam konektor yang berlimpah termasuk konektor USB 3.1 Gen 2 Type-A dan Type-C. Kehadiran port konektor ini membuat Anda bisa menikmati kecepatan transfer data yang lebih baik ketimbang dari USB 3.0 sebelumnya.

Menariknya, MSI masih menyediakan port PS/2 dan port USB 2.0 yang mana akan mempermudah Anda yang masih ingin menggunakan sistem operasi lawas seperti Windows 7 yang sejak platform Skylake membutuhkan port ini untuk mempermudah proses instalasi.

msiz270procarbon_12_wm

Untuk sistem tata suara, MSI tetap mengandalkan fitur Audio Boost yang kini telah mencapai generasi ke-5 dan juga mengkombinasikannya dengan Nahimic 2 yang diklaim mampu meningkatkan performa dari audio yang disuguhkan motherboard ini. Sedangkan untuk chip audionya sendiri, MSI telah membekali motherboard ini dengan chip audio Realtek® ALC1220 Codec yang merupakan chip audio terbaru dan tertinggi dari Realtek saat ini.

msiz270procarbon_13_wm

msiz270procarbon_14_wm

 

Yup, kembali lagi Anda tak akan menemukani konektor SATA Express sama sekali pada motherboard ini. Anda hanya akan hanya terdapat enam konektor SATA 3 6Gbps yang telah mendukung konfigurasi RAID. Absennya SATA Express sepertinya tidak akan hanya terjadi di motherboard ini melainkan hampir di semua motherboard berbasis Intel 200 Series. Hal ini bukanlah suatu kerugian yang besar mengingat hampir sulitnya perangkat berkonektor SATA Express ditemukan.

Untuk Anda yang masih setia dengan perangkat berkonektor USB 3.0, motherboard ini pun menyediakan cukup berlimpah konektor USB 3.0 di I/O Panelnya. Jika Anda merasa jumlah tersebut kurang, Anda bisa memanfaatkan dua buah header USB 3.0 yang tertanan pada motherboard.

msiz270procarbon_8_wm msiz270procarbon_11_wm

 

Motherboard ini hadir dengan tiga buah slot PCI Express 3.0 x16, yang mana Anda bisa menjalankan konfigurasi multi-graphics 2-Way CrossFire ataupun SLI. Terdapat juga tiga slot PCI Express 3.0 x1 yang Anda bisa gunakan untuk Anda pasangkan Expansion card.

Untuk Anda yang menginginkan opsi storage super cepat, tersedia juga dua slot M.2 PCIe 3.0 yang mampu menyajikan kecepatan tinggi untuk media penyimpanan dan tentunnya telah mendukung fitur Intel Optane yang menjadi daya tarik dari platform Intel Kaby Lake. Menariknya , salah satu dari slot M.2 PCIe 3.0 yang disediakan motherboard ini dilengkapi dengan M.2 Shield. Fitur M.2 Shiled ini diklaim mampu membantu menjaga suhu kerja dari SSD M.2 PCIe yang digunakan pada slot tersebut

Penasaran dengan performa motherboard terbaru MSI ini, tunggu pengujian lengkap kami di JagatReview!

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES