in: Processors | January 18, 2017 | by: Bhisma Sidarto

Preview: Prosesor Intel Core i3 7350K

Kehadiran Kaby Lake sebagai penyempurnaan arsitektur Skylake membuat antusiasme terhadap terhadap platform tidak terlalu besar. Banyak yang menganggap bahwa prosesor baru ini tidak mempunyai daya tarik yang cukup besar untuk membuat pengguna Skylake untuk berpaling hati. Tetapi dalam lini produk yang diperkenalkan Intel kali ini memiliki sebuah produk yang cukup unik. Produk ini mungkin dapat menggoda pengguna Skylake seri entry level seperti Pentium G atau bahkan Core i3 untuk upgrade ke prosesor ini. Produk ini adalah Core i3 7350K.

Corei3KFront

Mungkin dari penamaannya pun Anda sudah bisa menebak keunikan dari prosesor ini. Jika Anda menebak bahwa prosesor adalah sebuah Core i3 dengan multiplier di-unlock, perkiraan ada jitu sekali (Atau memang Anda memperhatikan bahwa terdapat imbuhan K di akhir nama prosesor tersebut 😉 ). Ini adalah Core i3 dengan multiplier unlock pertama sejak Core i3 generasi pertama. Sebuah prosesor entry level dengan potensi yang tak terkunci. Terakhir kali Intel melakukan ini adalah pada generasi Haswell dengan Pentium Anniversary Edition (Atau yang lebih popular dengan nama Pentium G 3258).

Corei3-7350K_cpu-4212

Mengapa kami menganggap prosesor ini cukup menarik? Karena akhirnya kita bisa meng-overclock sebuah prosesor Intel Core i3 yang notabennya prosesor ini adalah prosesor paling terjangkau di lini Intel Core i. Sebelumnya Intel cukup ketat untuk memberikan “ijin” agar prosesor entry levelnya (terutama kelas Core i3) dapat di overclock. Kami berspekulasi bahwa jika performa Core i3 di-unlock, kelas Core i5 (terutama yang non K) akan terancam. Tapi entah kenapa dengan hadirnya Kaby Lake ini, Intel tidak sungkan-sungkan untuk memperkenalkan sebuah prosesor entry level yang dua core dan empat thread yang di-unlock.

Prosesor ini telah hadir di meja pengujian kami, tetapi karena satu dan lain hal (seperti proses pindah yang masih dalam proses) data pengujian belum terkumpul dengan lengkap. Untuk sementara waktu kami sajikan hasil pengujian singkat, sekedar membuat anda penasaran atas performa keseluruhan dari prosesor ini. Simak hasil pengujian pada halaman berikutnya!

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES