Review Film Sleepless: Polisi Korup Yang Punya Misi!

Author
Irham
Reading time:
January 30, 2017

Film dibuka dengan adegan yang cukup seru, yaitu baku tembak yang terjadi di jalanan. Entah siapa dua kubu yang tengah bertikai ini, namun kedua kubu ini tampaknya tengah memperebutkan sebuah tas yang berisi narkotika. Belakangan diketahui, salah satu dari anggota gangster tersebut adalah seorang polisi. Vincent Downs yang diperankan oleh Jamie Foxx, menjadi tokoh utama di film berjudul Sleepless ini. Sleepless merupakan sebuah remake dari film asal Belgia berjudul sleeples Night yang pernah dirilis di tahun 2011.

sleepless review 2

Hal yang cukup unik dari film Sleepless, diawal film para penonton tidak diberikan clue sama sekali tentang karakter dari Vincent Downs. Yang penonton tahu, Vincent Downs adalah seorang polisi yang terjerumus ke dalam dunia kelam bisnis narkotika.  Sedikit tentang kehidupan Vincent Downs  bahwa ia memiliki masalah dengan keluarganya. Ia telah bercerai dengan isterinya dan anaknya yang tengah tumbuh remaja tak mengenali ayahnya karena jarang berkomunikasi.

Jadi mulai dari awal hingga akhir cerita, penonton digiring untuk mempertanyakan apakah Vincent Downs ini seorang protagonist atau seorang antagonis. Namun karakter yang ia mainkan kali memang punya ‘kamuflase’ yang cukup jelas terlihat. Hanya saja saja, penonton masih terus menebak, siapa sebenarnya Vincent Downs, dan apa motif ia sesungguhnya.

sleepless review 3

Apalagi, pembangunan karakter untuk membuat penonton berfikir bahwa Vincent Downs memang seorang polisi korup yang menjadi backing mafia narkoba ini juga cukup kuat. Bagaimana ekspresi dari Jamie Foxx yang cukup beringas, tak ragu-ragu dalam membunuh lawan yang ada dihadapannya. Tapi juga Vincent Downs cinta akan keluarga, walaupun dirinya sering bertengkar dengan anak dan isterinya. Tapi kehidupan Vincent menjadi kacau, karena anaknya diculik oleh Stanley Rubino, pemiliki dari tas yang berisi kokain seberat 25 kg tersebut.

Kebingungan lain muncul, karena ada karakter polisi ‘jujur’ lain yang diperankan oleh Michelle Monagan, yaitu polwan Jennifer Bryant. Bryant telah mencurigai bahwa Vincent Downs memang seorang polisi korup yang telah bersekongkol dengan geng mafia, dan berbisnis dengan Rob Novak seorang kartel narkoba ternama. Bryant mempergoki Downs tengah berada di sebuah diskotik milik Stanley Rubino. Pastinya cukup rumit, karena tak hanya berurusan dengan orang jahat, Vincent Downs juga telah jadi incaran oleh polisi.

sleepless review 4

Yang kami sukai, justru Vincent Downs tetap memiliki kelemahan dihadapan musuh-musuhnya. Sering  kali Vincent Downs harus menggunakan sedikit akal licik, hanya untuk tetap lari dari kejaran, baik penyelidik Bryant maupun anak buah Stanley dan Rob Novak. Yang jelas, aksi-aksi yang dilakukan Vincent lebih banyak sengaja dibuat terasa spontan dan nekat, dibanding dengan atur-atur strategi.

Meskipun ada pula beberapa kejanggalan yang ‘tidak masuk’ akal, seperti cara-cara Vincent melarikan diri dari kejaran, hingga pertarungan berat dengan kondisi luka tusukan di bagian perut ’sepanjang’ film. Belum lagi adegan tembak menembak di ruang tertutup yang dipenuhi gas air mata, tanpa alat bantu pernapasan sedikitpun.

Yang jelas plot cerita yang dibawa pada film Sleepless, lumayan mengikat penonton untuk menerka apa motivasi Vincent Downs untuk terjun ke dunia kelam bisnis narkoba. Jawaban dari pertanyaan tersebut baru dilepaskan secara ‘gamblang’, apa motivasi Vincent Downs dan mengapa ia tampak selalu bekerja sendiri di tiap aksinya.

sleepless review

Untuk genrenya sendiri, walaupun bertema kriminal dan banyak adegan kekerasan, tapi film Sleepless juga banyak membawa drama keluarga untuk konflik yang dihadirkannya. Hanya saja keterikatan antara Vincent Downs dengan putranya kurang ekspresif secara emosional. Dialog antara Jamie Foxx dan Markel Watson (Cortez Downs) masih terlihat agak canggung. Tidak ada adegan yang terlalu kasar atau sensual yang explicit, baik secara dialog maupun scene yang dihadirkan. Sleepless memiliki rating 17 tahun keatas.

Lokasi yang hanya berkutat di satu gedung, mungkin menjadi hal yang paling membosankan selama film berlangsung. Entah mengapa tim produksi memilih hanya menggunakan satu lokasi tersebut, yang jelas akan lebih baik jika menggunakan lebih banyak tempat, apalagi untuk aksi kejar-mengejar.

Secara keseluruhan, Sleepless punya cerita menarik dan memiliki plot twist yang baik. Hanya saja eksekusinya dalam adegan masih kurang ‘kuat’. Banyak hal-hal yang perlu ditambahkan agar film ini menjadi lebih seru untuk disimak.

Sleepless mulai tayang di tanah air tanggal 28 Januari 2017.

Tanggal Rilis: 28 Januari 2017

Rating: 17 +

Durasi: 95 Menit

Sutradara: Baran Bo Odar

Pemain: Jamie Foxx, Michelle Monaghan, Dermot Mulroney, David Harbour, T.I., Gabrielle Union, Scoot McNairy

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…