in: Movies | January 12, 2017 | by: Irham

Review Live By Night: Konflik Tak Berujung Si Mafia Rum

live by night poster

Berperan sebagai aktor dan juga sutradara tentunya selalu menjadi tantangan tersendiri bagi Ben Affleck. Ini bukan pertama kalinya Ben Affleck menjadi seorang aktor dalam film sekaligus orang di belakang layar.  Salah satu karya terbaiknya adalah film Argo di tahun 2012 yang juga bergenre drama historical dimana film tersebut berhasil masuk di beberapa kategori nominasi Oscar.

Mengambil latar belakang era tahun 1920an, Live By Night menjadi sebuah drama kirminal yang cukup membuat penontonnya berdecak kagum. Banyak aktor, cerita yang menarik dan konflik yang unpredictable, serta penyelasaian yang penuh makna, menjadikan film yang satu ini salah satu film bergenre drama yang wajib ditonton di tahun 2017.

Berkali-kali penonton menebak , adegan terakhir dari film, Namun ternyata masih diluar dugaan. Bahkan konflik awal yang spele, yaitu soal balas dendam ternyata menimbulkan konflik-konflik lain yang seolah tak berujung dan tidak bisa diprediksi. Balas dendam, mengelola bisnis haram, konflik gangster, perang psikologis, drama romansa, hingga life-lesson semua ditampilkan dalam durasi yang begitu panjang, 129 menit! Konflik awal soal balas dendam tampak hanya menjadi ‘jembatan’ yang menggiring penonton untuk mengikuti film hingga akhir.

live by night 3

Karakter Joe Coughlin yang diperankan oleh Ben Affleck cukup unik. Ia seorang anggota gangster yang secara terpaksa ikut dalam ‘kerja kotor’ para gangster untuk membalaskan dendamnya setelah patah hati karena kekasihnya telah dibunuh oleh bos mafia. Joe Coughlin disebut sebagai orang yang ‘pernah baik’, apalagi ia juga mantan veteran perang di WW1. Meski Joe Coughlin seorang mantan anggota militer, tapi tidak setangguh karakter mematikan Christian Wolff yang juga diperankan oleh Ben Affleck di film The Accountant. Joe Coughlin adalah karakter utama yang mampu memenangkan perselisihan berkat kecerdikannya berdiplomasi dan bernegoisasi.

Live By Night menampilkan cukup banyak aktor dan aktris karena plot perjalanan hidup Joe Coughlin yang cukup panjang. Setidaknya ada  dua karakter polisi, Ayah Joe Coughlin dan juga Irv Figgis, dua boss mafia yaitu Albert White dan Maso Pescatore, dua wanita kekasih Joe yaitu Emma Gould dan Gracias Corales hingga musuh lain seperti RD pruit dan Digger Pescatore. Dan semua aktor tersebut tak hanya muncul sebagai figuran tambahan, tapi masing-masing punya masalah penting dengan Joe Coughlin. Hmm, tampaknya kehidupan si Joe Coughlin benar-benar rumit. Belum lagi konflik Joe Coughlin dengan jati dirinya, yang terlalu lelah dengan dunia kejahatan.

live by night

Serius tapi santai, mungkin bisa disematkan ke film yang satu ini. Semua konflik yang dihadirkan sangat penuh dengan intrik. Joe Coughlin yang terlibat di dunia mafia miras, sangat penuh dengan pertimbangan dalam setiap aksi yang harus dilakukannya. Semua kondisinya seperti memakan buah simalkama. Resiko yang diambil selalu berada dalam pertaruhan nyawa. Karena para mafia saling berebut kekuasaan dalam bisnis miras tersebut. Ada mafia Irlandia, Italia, dan juga Kuba. Belum lagi intimidasi dari Klu Klux Klan yang meneror bar yang dikelola oleh Joe Coughlin.

Tapi sering kali dibumbui dengan dialog humor yang cukup menghibur dari karakter tokoh pembantu lainnya. Sebut saja Dion, sahabat sekaligus tangan kanan Joe Coughlin yang diperankan oleh Chris Messina, dan juga Matthew Maher yang berperan sebagai  RD Pruit, salah anggota Klu Klux klan. Dion adalah ‘pengikut setia’ Joe Coughlin yang selalu punya solusi yang tak terduga dan out of the box. Sedangkan RD Pruit, salah satu musuh Joe yang paling berkesan paling ‘tengil’ tapi justru cukup berkesan di mata penonton.

live by night 5

Secara pribadi, walaupun beberapa film drama yang dibawakan oleh Ben Affleck selalu keren lewat plot cerita, tapi bagi saya Ben Affleck bukan salah satu aktor favorit untuk bermain drama. Entah mengapa bagi saya secara pribadi ekspresi  dari sang aktor yang satu ini selalu kurang mengesankan. Saya jadi membandingkan film ini dengan Black Mass yang diperankan oleh Johnny Depp di tahun 2015 lalu. Memang secara overall, Black Mass membawa nuansa yang lebih mencekam ditambah dengan ekspresi sang aktor yang benar-benar mind-blowing. Hanya saja untuk film Live By Night, Ben Affleck masih terlalu ‘Nice Guy’ saat berperan sebagai seorang mafia. Secara pribadi, saya ingin melihat transformasi yang lebih signfikan sebagai tokoh yang pernah baik kemudian terjun ke dunia gangster.

Setting waktu dan tempat yang ditampilkan terbilang konsiten dan sangat menggambarkan era di tahun 1920an. Bahkan semua hal detail mulai dari gaya rambut, gaya pakaian, interior ruangan, tata kota, kendaraan-kendaraan antik menjadi sebuah perpaduan yang sempurna. Tapi kesan vintage dalam tone sinematografinya masih tidak terlalu menonjol. Oh iya satu lagi yang jugta tidak terlihat signifikan dan kurang dijelaskan dalam film adalah usia dari Joe Coughlin dan berapa lama perjalanan hidup yang ia alami, mulai dari awal hingga akhir. Seolah Joe Coughlin tidak tampak menua, padahal telah banyak moment yang berlalu dalam hidupnya,

live by night 2

Mungkin anda akan merasa bosan karena durasi film yang terlalu lama. Namun di dilm ini tetap menghadirkan adegan aksi juga yang menarik. Meskipun tak banyak, setidaknya ada dua peperangan besar di bagian awal dan akhir film yang menjadi adegan aksi utama. Adu tembak antar kelompok mafia yang cukup seru dan penuh taktik, lagi-lagi menghadirkan plowt twist yang tak terduga yang memberikan surprise pada penonton.  Bahkan di saat-saat genting dan nyaris tak terselamatkan, Joe Coughlin yang cerdas justru mampu membalikan keadaan dengan cara yang paling ‘masuk akal.’ Lagi-lagi berkat kepandaiannya berdiplomasi. Meski dipenuhi dengan adegan kekerasan, tapi tidak berkesan gory dengan banyaknya cipratan darah atau adegan penyiksaan. Setidaknya bukan itu poin yang dijual di film ini.

live by night 4

Durasi yang panjang tentunya harus membawa kesan yang beragam bagi penontonnya. Dan itu disuguhkan film ini dengan banyaknya nilai moral yang bisa diambil. Tentang kehidpuan percintaan, persahabatan, politik dagang,keluarga, kehidupan religi, karma hingga bagaimana Joe Coughlin menemukan jati diri dan berdamai dengan kehidupannya, semua menjadi sangat kompleks dan memberikan impresi yang akan diingat penonton saat keluar dari bioskop. Film ini  sangat rekomended bagi anda pecinta film drama. Live by Night mulai tayang di bioskop tanah air mulai 11 januari 2017.

Video Trailer:

Tanggal Rilis: 11 Januari 2017

Durasi: 129 Menit

Sutradara: Ben Affleck

Rating: DEWASA

Pemain: Ben Affleck, Elle Fanning, Brendan Gleeson, Chris Messina, Sienna Miller, Zoe Saldana, Chris Cooper

Studio: Warner Bros Pictures

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES