in: Highlights - Storage Devices | January 10, 2017 | by: Dian Syarifuddin

Review SSD WD Green 240 GB

Sejak resmi memiliki SanDisk tahun lalu, WD (Western Digital) langsung mempercepat strategi bisnisnya dalam menghadapi persaingan SSD (Solid State Drive). Produsen storage ternama dunia asal Amerika Serikat tersebut langsung menghadirkan dua varian SSD di antaranya WD Green dan WD Blue. Masing-masing dari varian SSD tersebut juga tersedia dalam dua pilihan form factor, yaitu SSD SATA 2.5 inci dan M.2 2280.

dscf8042

Setelah sempat mengulas salah satu varian SSD WD, yaitu WD Blue berkapasitas 1 TB, kini giliran salah satu varian lainnya yang akan kami suguhkan kepada Anda, SSD WD Green. Untuk varian yang satu ini, kami menerima salah satu sampelnya dari WD dengan kapasitas 240 GB. Pihak WD hanya menyediakan dua pilihan kapasitas untuk varian SSD WD Green di antaranya 120 GB dan 240 GB. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, berikut kami paparkan ulasan review dari SSD WD Green 240 GB.

Paket Penjualan

Box tampak depan
Box tampak depan

Sebelum menyinggung soal paket penjualan, terlebih dulu kami ulas soal kemasan yang dimiliki SSD WD Green ini. Kemasan yang dimiliki SSD ini tidaklah jauh berbeda dengan SSD WD Blue. Pada kemasannya bisa dibilang tampil cukup sederhana, yang mana tampilan depan hanya menyajikan informasi berupa kapasitas dari SSD serta garansi yang dimiliki SSD WD Green ini.

Box tampak belakang
Box tampak belakang

Begitu pula pada tampilan belakangnya, informasi yang tersaji soal varian SSD ini sangat sedikit. Tidak ada penjelasan soal spesifikasi dari produk, yang tertera hanyalah beberapa logo sertifikasi dari SSD ini serta kegunaan produk yang dapat diaplikasikan ke dalam berbagai sistem, seperti PC, NAS dan surveillance.

dscf8049

Soal paket penjualan, Anda hanya akan menemukan sebuah SSD WD Green, tidak ada aksesoris tambahan, buku manual petunjuk penggunaan, kartu garansi, adapter atau bracket.

SSD WD Green 240 GB

dscf8054

Untuk varian storage WD Green, media penyimpanan untuk varian ini kembali dirancang dan ditujukan untuk sistem PC yang digunakan sehari-hari. SSD ini tidak hanya menawarkan peningkatkan performa pada sebuah PC, tetapi juga diklaim memiliki tingkat ketahanan uji yang cukup baik.

Soal performa yang ditawarkan, pihak WD mengklaim kalau SSD WD Green berkapasitas 240 GB ini mampu menyajikan kinerja sequential Read dan Write mencapai 545 MB/s dan 435 MB/s. Kinerja yang diberikan tersebut berkat penggunaan kontroler SM2256S dari Silicon Motion dan flash NAND besutan SanDisk 15nm tipe TLC.

dscf8061

SSD dengan form factor 2.5 inci dengan ketebalan 7mm ini dapat digunakan di beberapa sistem PC, baik desktop, laptop berukuran slim maupun mini PC yang tentunya memiliki dukungan interface SATA 6 Gbps. Pihak WD juga menyediakan dukungan software bernama WD SSD Dashboard yang dapat di download secara gratis melalui situs resminya. Software tersebut berfungsi untuk memantau kesehatan SSD, temperatur, kapasitas dan lain sebagainya.

Sudah mulai penasaran akan performa yang ditawarkan oleh SSD yang memiliki garansi 3 tahun ini? Berikut akan kami paparkan hasil pengujian kami pada SSD WD Green 240 GB, namun sebelum itu, simak terlebih dahulu platform pengujian yang kami gunakan.

Platform Pengujian

  • Prosesor Intel Core i7 6950X
  • Motherboard ASUS X99 Series Deluxe II
  • RAM DDR4 Kingston HyperX Fury 16GB
  • SSD Intel NVMe 750 Series
  • Graphics Card GeForce GTX 950
  • PSU Corsair CX500
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES