in: Highlights - Storage Devices | January 10, 2017 | by: Dian Syarifuddin

Review SSD WD Green 240 GB

Pengujian

Pada sesi pengujian SSD WD Green 240 GB ini, kami menyertakan hasil pengujian dari dua SSD lainnya dengan kapasitas yang sama dan sama-sama mengusung interface SATA 6 Gbps. Penyertaan dua SSD dari Apacer dan Toshiba pada sesi pengujian ini hanya bertujuan untuk menjadi pembanding akan performa yang ditawarkan SSD WD Green ini. Berikut hasil pengujiannya dengan beberapa benchmark.

HD Tune

hdtune-read

hdtune-write

hdtune-access-time

hdtune-burst-rate

Melalui HDTune, terlihat SSD WD Green 240 GB ini mampu tampil cukup baik dan bersaing dalam menawarkan kinerja Read-nya. Sayang pada hasil Write-nya, kinerja yang ditawarkan terlihat kurang stabil.

CrystalDisk Mark

cdm-read

cdm-write

Pengujian SSD WD Green 240 GB pada saat menggunakan CrystalDisk Mark, mampu mengeluarkan potensi yang sesungguhnya, sebagaiman hasil klaim dari pihak produsen. Baik kinerja Read dan Write yang dihasilkan ternyata cukup kencang, meskipun performa Write terlihat lebih unggul SSD pembanding.

PC Mark 8

pcm-8-score

pcm-8-bandwidth-score

pcm-8-details

Pada hasil pengujian PC Mark 8, SSD WD Green 240 GB ternyata tetap mampu menampilkan performa yang cukup baik meskipun skor yang dihasilkan masih tertinggal dari salah satu SSD pembanding.

Tes Transfer File 6 GB

tes-transfer-file

Pada tes real-life, transfer data sebesar 6 GB yang dihasilkan SSD WD Green 240GB saling bersaing dengan SSD Toshiba Q300. Berdasarkan hasil pengujian pada HDTune, pada hasil ini terlihat juga bahwa kemampuan Write saat mentransfer file kecil 6 GB terlihat cukup lambat.

ATTODisk Benchmark

atto-disk

Meskipun pada hasil pengujian benchmark menghasilkan performa yang berbeda, pada hasil pengujian menggunakan ATTODisk Benchmark terlihat kalau SSD WD Green ini mampu tampil baik dan stabil.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags: