in: Highlights - Storage Devices | January 10, 2017 | by: Dian Syarifuddin

Review SSD WD Green 240 GB

Kesimpulan

dscf8066

Meskipun beberapa pihak ada yang menilai bahwa WD terlambat dalam mengikuti persaingan SSD, hal tersebut lantas tidak membuat gentar WD dalam menjajakan SSD andalannya. Setelah resmi memiliki nama brand SanDisk dan segala teknologi paten yang dimilikinya, WD langsung “tancap gas” menghadirkan SSD yang terdiri dalam dua varian langsung, WD Green dan WD Blue, yang masing-masing tersedia dalam dua form factor, yaitu 2.5 inci dan M.2 2280.

Sesuai dengan strategi bisnisnya dalam menjajakan produk storage-nya yang terbagi dalam beberapa varian warna, SSD WD Green 240 GB ini tampaknya memang disiapkan untuk para pengguna PC harian. Dengan performa yang bisa diandalkan serta beberapa fitur yang dimilikinya, SSD WD Green ini telah menjadi pilihan menarik bagi Anda yang ingin mengupgrade dari HDD ke SSD. Terlebih lagi, harga yang ditawarkan berada pada Rp. 1.055.000 untuk SSD berkapasitas 240 GB  terbilang cukup kompetitif dengan brand-brand SSD lainnya dengan kapasitas yang sama.

Dengan mengusung kontroler yang terbilang cukup lama dari Silicon Motion, SM2256S, WD Green 240 GB diklaim memiliki kecepatan transfer data mencapai 545 MB/s (read) dan 435 MB/s (write). Meski pada HDTune hasilnya kurang maksimal, pengujian dengan CrystalDisk Mark ternyata mampu memberikan kecepatan tinggi. Secara keseluruhan, SSD ini bisa diandalkan oleh Anda yang menginginkan storage kencang untuk dapat menjalankan berbagai program, termasuk game, dengan cepat.

Meskipun pada paket penjualan yang tersaji tergolong sangat minim, SSD WD Green yang disertai garansi selama 3 tahun ini telah dilengkapi dengan software WD SSD Dashboard. Software yang dapat diperoleh secara gratis melalui situs resmi WD tersebut dapat melakukan pemantauan, seperti kesehatan, performa, kapasitas, temperatur dan lain sebagainya. Bagi Anda yang tertarik ingin menggunakan SSD WD Green ini, pihak WD menyediakan dua pilihan kapasitas di antaranya 120 GB dan 240 GB.

Kelebihan:

+ Kinerja Read dan Write cukup kencang

+ Tersedia Dukungan Software WD SSD Dashboard

Kekurangan:

– Minim Paket Penjualan

Data Teknis

Produsen Western Digital
Info http://www.wdc.com
Harga Rp. 1.055.000
Distributor Astrindo Senayasa & WPG Indonesia
Garansi 3 Tahun
MTBF 1.75  juta jam
Kapasitas 240 GB
Interface SATA 6Gbps

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags: