in: News | January 14, 2017 | by: Dian Syarifuddin

Seagate Tutup Salah Satu Pabrik Terbesarnya di Tiongkok

Seagate

Salah satu produsen storage ternama dunia, Seagate, dilaporkan akan menutup salah satu pabrik pembuatan HDD (Hard Disk Drive) yang berada di Tiongkok. Pabrik tersebut kabarnya merupakan salah satu pabrik terbesar milik Seagate yang tepatnya berada di kota Suzhou. Keputusan penutupan pabrik tersebut dikatakan oleh Seagate sebagai bagian dari penghematan biaya pengeluaran.

Dampak dari penutupan pabrik tersebut tentunya tidak hanya mengurangi jumlah pasokan HDD milik Seagate, tetapi juga kepada seluruh karyawannya. Sebagai salah satu pabrik HDD terbesar, Seagate terpaksa harus memberhentikan sekitar 2200 karyawan. Seagate kabarnya akan mulai memberhentikan semua karyawannya di pabriknya pada 18 Januari mendatang.

Pihak Seagate menyampaikan penyataan resminya, “Sebagai bagian dari efisiensi biaya operasional, kami telah memutuskan pilihan yang paling sulit yakni dengan menutup pabrik di Suzhou, Tiongkok. Kami pun merasa sangat menyesal bahwa keputusan ini telah berdampak pada semua karyawan yang berada di Suzhou”. 

Menurut berita yang kami kutip dari AnandTech, pabrik terbesar milik Seagate tersebut merupakan pabrik bekas salah satu kompetitornya, yakni Maxtor. Seagate secara resmi mengakuisisi Maxtor dan memiliki pabrik tersebut sejak tahun 2006 silam. Sayangnya Seagate belum memiliki rencana, mau digunakan sebagai apa fasilitas yang ada di pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 10 hektar tersebut.

Pada 2016 lalu, Seagate sudah memberhentikan sekitar 8000 karyawannya dari beberapa lokasi pabrik yang berbeda. Selain melakukan pengurangan jumlah karyawan, Seagate juga ternyata telah mengurangi jumlah produksi HDD yang biasanya memproduksi sekitar 55 – 60 juta unit HDD per kuartal, menjadi sekitar 35 – 40 juta unit HDD per kuartal di tahun lalu.

 

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES