in: Article - Display - Highlights | February 2, 2017 | by: Luthfi Fuardi

5 Alasan Beralih ke Monitor Ultra-Wide?

Belakangan ini, banyak pabrikan monitor menawarkan monitor LCD/LED dengan layar ultra-wide yang berarti memiliki rasio resolusi layar (aspect ratio) yang lebih lebar dari yang umum digunakan saat ini. Ya, monitor ultra-wide rata-rata memiliki aspect ratio 21:9 di mana kebanyakan monitor LCD/LED konvensional di pasaran memiliki aspect ratio 16:9.

Layar dengan aspect ratio 21:9 tentu saja menawarkan beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan layar 16:9. Sayangnya, masih banyak yang dari pengguna yang belum menyadarinya, sehingga masih ragu untuk beralih ke monitor ultra-wide, dan lebih memilih monitor LCD/LED konvensional. Namun, secara umum, kebutuhan seseorang akan layar monitor seharusnya dapat terpenuhi dengan mudah jika memilih menggunakan layar 21:9!

Buat Anda yang penasaraan dengan apa saja kelebihan dari layar ultra-wide, berikut beberapa alasan dan keuntungan beralih ke monitor lengkung ultra-wide, sesuai pengalaman kami menggunakan monitor lengkung ultra-wide.

Ruang Gerak dan Ruang Kerja yang Lebih Luas

Dengan rasio yang lebih lebar, secara otomatis membuat Anda akan mendapatkan jumlah piksel yang lebih banyak yang akan membuat Anda lebih leluasa mengerakkan mouse Anda, meletakan icon di desktop sebanyak mungkin serta membuka jendela kerja yang dimanapun sesuka Anda.

lg_2

Banyak pengguna profesional membutuhkan sistem PC dengan konfigurasi multi monitor yang bahkan jumlahnya lebih dari dua buah. Namun, sayangnya konfigurasi ini biasanya memakan banyak ruang. Dengan menggunakan monitor ultra-wide 21:9. kami merasa tak perlu lagi menggunakan konfigurasi multi monitor pada saat bekerja. Tak perlunya konfigurasi multi monitor, artinya bisa menghemat ruang kerja di meja kerja kita. Meja kerja yang tadinya terisi penuh dengan bisa Anda manfaatkan untuk hal lainnya.

Kerja Multi Tasking yang Lebih Nyaman

LG38UC99_MultiTask_2_WM

 

Kadang, dengan aspect ratio 16:9 kita bisa merasa kurang nyaman melakukan kerja multi-tasking karena masih terbatasnya lebar monitor. Akan tetapi dengan aspect ratio 21:9 tentunya Anda akan bisa melakukan multi-tasking dengan lebih leluasa karena bisa membuka dua jendela kerja atau lebih sekaligus dan menempatkannya bersebelahan di layar tanpa merasa jendela kerja yang ada terlalu sempit. Atau, Anda bisa bekerja sambil menikmati konten multimedia sekaligus tanpa harus mengorbankan ruangan untuk jendela pekerjaan Anda.

LG38UC99_MultiTask_1_WMf

Contoh gambar di atas menggambarkan dengan monitor ber-aspect ratio 21:9 ini Anda tetap bisa berkerja dengan nyaman dengan file-file Excel atau Power Point, sambil tetap mendapatkan informasi ter-update melalui web browser Anda.

 

Menikmati Konten Video Satu Layar Penuh

LG_10

Banyak pengguna PC yang mengeluhkan adanya “black bar” ketika menikmati konten video di monitor dengan aspect ratio 16:9. Hal itu tidak akan terjadi di monitor dengan aspect ratio 21:9, karena rasio yang digunakan sama dengan yang digunakan oleh video-video modern. Semua black bar akan menghilang berkat aspect ratio yang lebih lebar. Jadi dengan monitor ultra-wide Anda bisa menikmati konten video dengan lebih nyaman di satu layar penuh.

Bermain Game dengan Tampilan yang Lebih Lebar

lg_1

Bermain game! Siapa dari Anda yang tak bermain game saat ini. Memang, bermain game dengan monitor 16:9 tak akan membuat Anda langsung kalah dalam persaingan dengan lawan-lawan Anda. Namun, dengan monitor ultra-wide yang memiliki aspect ratio 21:9, yang tentunya membuat resolusi layar Anda lebih lebar, bisa membuat Anda selangkah lebih di depan. Anda bisa mendapatkan visual lebih lebar dan tentunya sudut pandang yang lebih luas daripada lawan-lawan Anda.

lg-34uc98-w-acu-16_9
Assassin’s Creed Unity 16:9
lg-34uc98-w-acu-21_9
Assassin’s Creed Unity 21:9
LG38UC99_TheDivision 1080p_WM
Tom Clancy’s The Division 16:9
LG38UC99TheDivision 3840 x 1600_WM
Tom Clancy’s The Division 21:9

Contoh gambar di atas adalah contoh gambar dari gameplay game Tom Clancy’s The Division dan Assassin’s Creed Unity besutan ubisoft, di mana kami membandingkan saat dimainaka pada monitor dengan aspect ratio 21:9 dengan 16:9. Seperti yang dapat Anda lihat, sudut sundut pandang di aspect 21:9 lebih lebar ketimbang 16:9 yang membuat Anda bisa melihat objek yang tak terlihat saat dimainkan pada monitor beresolusi 16:9.

Berkurangnya Tingkat Kelelahan Mata

lg_5

Khusus untuk yang monitor lengkung ultra-wide, Anda akan mendapatkan kenyamanan ekstra. Hal ini dikarenakan monitor lengkung memberikan jarak pandang yang sama di setiap sudutnya ke mata Anda. Hal ini secata otomatis akan mengurangi tingkat kelelahan mata Anda saat digunakan dalam jangka waktu yang lama karena mata Anda tak perlu terlalu sering menyesuaikan fokus karena jarak pandang yang berbeda.

lg_6

Monitor LG Ultra-Wide Curved 38UC99 adalah salah satu contoh monitor lengkung ultra-wide lengkung yang dapat memberikan pengalaman penggunaan seperti yang kami gambarkan di atas. Dengan layar 38 inci WQHD+, beresolusis 3840 x 1600 piksel, serta panel IPS, akan memberikan Anda pengalaman dari tingkat yang lebih tinggi dalam menikmati konten visual dan kepuasan menonton.

LG_9

Tak sampai di situ, untuk memberikan pengalaman terbaik dalam menggunakan monitor ini, LG menyematkan fitur On-Screen Control dan Split Screen 2.0 yang memungkinkan Anda melakukan seting gambar pada monitor tanpa harus menyentuhnya.

LG_7

LG juga menyematkan beberapa fitur menarik pada LG Ultra-Wide Curved 38UC99 seperti AMD Freesync hingga 75 Hz yang memungkinkan Anda bermain game dengan lebih nyaman, dan USB Type-C™ & USB 3.0 Quick Charge yang memungkinkan Anda menyajikan video 4K, transfer data, bahkan hingga mengisi ulang baterai perangkat mobile Anda, mulai dari notebook (berkonektor Type-C) hingga smartphone. Selain itu, ada Bluetooth Audio dimana Anda bisa menyambungkan perangkat audio Anda dengan Bluetooth ke monitor ini.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES