in: News | February 2, 2017 | by: Yufianto Gunawan

BackBlaze: HDD 3 TB Paling Awet

Sejak beberapa tahun lalu, BackBlaze, penyedia solusi backup ke cloud, selalu menampilkan statistik terkait tingkat kerusakan HDD yang ada di data center mereka. Beberapa waktu lalu, mereka merilis laporan untuk tahun 2016 lalu. Berdasarkan laporan tersebut, terlihat satu hal yang cukup menarik, di mana HDD 3 TB memiliki tingkat kerusakan paling kecil!

HDD

3 TB Terbaik, 5 TB Terburuk

Laporan BackBlaze menunjukkan bahwa HDD 3 TB, dari berbagai merek, yang mereka gunakan memiliki tingkat kerusakan hanya 1.40% saja. Sementara, HDD 5 TB menjadi yang terburuk di data center BackBlaze, dengan tingkat kerusakan 2.22%. Kapasitas HDD yang paling banyak digunakan oleh BackBlaze, 4 TB, menempati posisi kedua dari bawah, tepat di atas 5 TB, dengan tingkat kerusakan 2.06%, sementara kapasitas 6 TB dan 8 TB hanya mencatatkan tingkat kerusakan di bawah 2%, tetapi di atas 1.40%.

BackBlaze Stat 2016

HGST Paling Awet

Beralih ke merek, berdasarkan laporan dari BackBlaze, HDD dari HGST adalah yang paling awet di data center mereka, dengan tingkat kerusakan hanya 0.6% saja. Secara keseluruhan, BlackBlaze mengalami tingkat kerusakan HDD 1.95% dari seluruh HDD di data center mereka sepanjang tahun 2016 lalu. Angka ini sudah lebih rendah dari tahun 2015, di mana mereka mengalami tingkat kerusakan 2.47%.

Sample Tidak Rata

Satu hal yang mungkin membuat akurasi laporan dari BackBlaze ini tidak terlalu tinggi adalah adanya perbedaan jumlah sample. BackBlaze memang tidak menyeragamkan jumlah HDD yang ada di data center mereka, baik dari sisi kapasitas maupun merek. Jadi, perbedaan jumlah sample itu bisa jadi berpengaruh pada hasil akhir statistik yang ditampilkan, dan bisa saja tidak mencerminkan tingkat kerusakan aktual di masyarakat.

Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES