in: News | February 5, 2017 | by: Yufianto Gunawan

China Ingin Genjot Produksi Panel AMOLED

Kebutuhan akan panel layar AMOLED diprediksi memang akan terus meningkat, salah satunya karena produsen laptop dan smartphone mulai berminat menggunakan panel layar itu di lebih banyak produk baru mereka. Namun, produksi panel layar AMOLED sendiri masih sangat terbatas, sehingga membuat permintaan yang ada tidak bisa dipenuhi oleh produsen. Untuk mengatasi hal itu, produsen panel layar di China dilaporkan akan mencoba menggenjot produksi hingga hampir 30x lipat hingga tahun 2020.

Chinese AMOLED

Kejar Produksi Agar Tetap Kompetitif

Saat ini, bila dijumlahkan, produsen panel layar dari China hanya bisa memproduksi 272 ribu m2 panel AMOLED per tahun. Angka itu masih jauh dari yang bisa diproduksi dua raksasa asal Korea Selatan, Samsung dan LG, yang disebut bisa memproduksi hingga 4.95 juta m2 panel AMOLED per tahun. Bila mereka tidak segera mengejar, bukan tidak mungkin produsen dari China akan makin tertinggal di bidang panel AMOLED.

Menurut rencana, produsen panel layar asal China siap menggenjot produksi panel AMOLED hingga mencapai 7.86 juta m2 pada tahun 2020. Namun, angka itu juga masih cukup jauh dari prediksi peningkatan produksi panel AMOLED dari perusahaan asal Korea Selatan. Samsung dan LG disebut akan bisa memproduksi di atas 15 juta m2 panel AMOLED pada tahun 2020 mendatang.

Dunia Kekurangan Pasokan Panel AMOLED

Panel AMOLED sendiri memang baru bisa diproduksi dalam jumlah terbatas, di tengah meningkatnya kebutuhan akan panel itu, karena terbatasnya mesin yang bisa memproduksinya. Hingga beberapa tahun ke depan, produksi mesin itu sendiri memang masih akan sulit ditingkatkan. Produsen panel layar sendiri tentunya berharap hal ini tidak akan mengganggu rencana mereka untuk perluasan kapasitas produksi ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES