in: News | February 16, 2017 | by: Luthfi Fuardi

EVGA Sematkan 9 Sensor Untuk Atasi Masalah Suhu!

Tahun 2016 mungkin bukan tahun terbaik dari EVGA, di mana produk GeForce GTX 1070 dan GTX 1080 FTW mengalami masalah suhu kerja. Pada awal tahun 2017 tepatnya pada event CES 207 lalu, EVGA tampilkan pertama kali iCX Cooler sebagai solusi bagi masalah yang menimpa mereka tersebut.

EVGA iCX 2

Awalnya EVGA hanya memberikan solusi melalui update BIOS, tetapi akar masalah ini ternyata ada pendingin di sekitar VRM dan memori. Ini artinya software monitoring juga harus bisa bekerja lebih baik lagi, karena saat ini software monitoring hanya memantau suhu dari GPU dengan menawarkan berbagai kecepatan kipas. Namun, untuk mengatasi masalah softweare monitoring ini, peningkatan suhu kerja komponen lain akan menyebabkan kecepatan kipas meningkat.

EVGA iCX 1

Solusi iCX Cooler dari EVGA ini diklaim menjadi solusi terbaik untuk menghindari semua resiko tersebut, di mana teknologi ini didesain lebih baik dengan dibekali sembilan sensor agar bisa memantau suhu kerja dengan lebih detil. Sensor-sensor berkerja dilokasi yang berbeda. Satu untuk GPU, tiga untuk memori dan lima untuk PWM di mana semua sensor-sensor ini dipantau masing-masing melalui aplikasi EVGA’s Precision XOC.

EVGA iCX 7

Untuk mendinginkannya, terdapat dua kipas pada iCX Cooler yang dapat bekerja secara independent  atau dibuat tidak sinkron dan kecepatannya bisa berbeda bergantung pada kecepatan suhu dari GPU, PWM dan memori. Satu kipas akan bekerja khusus untuk mengatasi suhu GPU dan satu kipas lainnya akan bertugas menangani suhu dari memori dan PWM.

EVGA iCX 5

Sebagai tambahan, graphic card dengan sistem pendingin baru ini akan mendukung profile RGB kustom yang berbasiskan suhu kerja graphic card. Shroudnya pun akan dilengkapi dengan LED indkator G, P, dan M. Warnanya akan berubah sesuai dengan suhu kerja graphic card ini dan akan berwarna merah jika telah mencapai suhu di atas 83°C.

EVGA iCX 4

EVGA iCX 6

EVGA juga melakukan perbaikan pada sirip-sirip heatsinknya di mana kali ini setengah dari sirip-sirip heatsinknya dibuat lebih renggang. Bagian backplate-nya pun mendapatkan perubahan di mana backplatenya kali ini bersinggungan langsung dengan komponen yang berada di bagian belakang graphic card.

EVGA iCX 3

Graphic card pertama EVGA yang akan menggunakan solusi pendingin ini pertama kali adalah EVGA GeForce GTX 1080 FTW2 iCX yang akan dibandrol US$680. EVGA juga akan tetap menawarkan graphic card dengan ACX 3.0 Cooler, sementara graphic card SC2 dan FTW2 berbasis iCX akan dijadikan sebagai produk premium.

Tags: