in: News | February 4, 2017 | by: Yufianto Gunawan

GMail Tidak Dukung Windows XP & Vista

Sebuah keputusan terkait akses GMail baru saja diputuskan oleh Google. Kini, GMail tidak lagi bisa diakses oleh pengguna dua sistem operasi lawas dari Microsoft, yaitu Windows XP dan Windows Vista. Namun, hal itu hanya akan terjadi bila pengguna menggunakan browser besutan Google sendiri, Chrome.

GMail & Chrome

Dorong Update Chrome ke Versi Baru

Windows XP dan Windows Vista memang sudah tidak lagi mendapatkan update untuk browser Chrome, sehingga pengguna kedua sistem operasi itu harus puas dengan Chrome yang sudah tidak diupdate berbulan-bulan. Kedua sistem operasi itu terakhir kali mendapatkan update Chrome ke Chrome 49. Sementara, saat ini versi stabil terakhir dari Chrome adalah Chrome 55.

Google tampaknya mempertimbangkan aspek keamanan dari browser mereka itu yang sudah tidak diupdate berbulan-bulan. Menggunakan GMail di browser dengan sistem keamanan yang ketinggalan jaman bisa jadi dipandang sebagai suatu hal yang berbahaya bagi pengguna layanan mereka. Oleh karena itu, Google memutuskan untuk tidak lagi mendukung penggunaan GMail di Chrome di Windows XP dan Windows Vista.

Masih Bisa Diakses dengan Browser Lain

Sejauh ini, Google hanya mencabut dukungan untuk Chrome 53 ke bawah dari GMail. Sehingga, bila pengguna mengakses GMail dengan menggunakan browser selain Chrome, layanan email Google itu masih bisa diakses. Google sendiri menyebutkan bahwa kebijakan ini akan mulai berlaku tanggal 8 Febuari 2017 mendatang.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES