in: News | February 23, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Intel Optane Tidak Dukung Platform Skylake!

Akhirnya, Intel mengungkapkan beberapa detail lebih lanjut terkait produk akhir dari teknologi 3D XPoint mereka untuk pasar consumer. Salah satu raksasa chip dunia itu telah membuka suatu halaman khusus yang memuat berbagai informasi terbaru terkait Optane, perwujudan dari teknologi 3D XPoint. Beberapa hal menarik dikemukakan di situs tersebut, termasuk system requirement untuk Optane.

Intel Optane

Tidak Dukung Skylake!

Satu hal menarik terkait Optane, yang mungkin saja akan disayangkan beberapa pihak, adalah Intel ternyata tidak membuatnya bisa digunakan di platform Skylake. Saat ini, berdasarkan informasi yang tertulis di situs tersebut, Optane hanya mendukung Kaby Lake saja. Selain itu, prosesor Kaby Lake juga harus digunakan berpasangan dengan motherboard dengan chipset Intel 200-Series.

Selain platform Kaby Lake, Intel juga menyebutkan spesifikasi lain yang harus dipenuhi untuk mendukung produk Optane pertama, yaitu motherboard harus dilengkapi dengan slot M.2 2280 atau 2242 dengan dukungan jalur PCIe dari chipset. Slot tersebut juga harus mendukung standar NVMe Spec 1.1. Selain itu, BIOS yang digunakan harus mendukung Rapid Storage Technology 15.5.

Baru Hadir Sebagai “Optane Memory”

Sejauh ini, di situs tersebut Intel baru menampilkan 3D XPoint dalam wujud “Optane Memory”. Optane Memory ini berfungsi sebagai sebuah cache untuk sistem yang mendorong performa PC dengan HDD menjadi seakan-akan menggunakan SSD. Sayangnya, belum ada informasi terkait produk lain dengan basis Optane ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES