in: News | February 5, 2017 | by: Dian Syarifuddin

Mozilla Akhirnya Resmi Matikan Firefox OS

Mozilla akhirnya secara total menghentikan pengembangan Firefox OS. Sistem operasi mobile yang diperkenalkan pada 2013 lalu itu sempat mendapat dukungan penuh oleh salah satu raksasa manufaktur asal Taiwan, Foxconn, untuk menghadirkan smartphone berbasis Firefox OS. Selain Foxconn, ZTE yang merupakan produsen asal Tiongkok juga mencoba menawarkan ponsel berbasis Firefox OS pada tahun 2014 lalu.

Firefox OS

Sayangnya, seiring persaingan smartphone yang sangat ketat membuat smartphone berbasiskan OS tersebut tidak begitu sukses. Akibatnya, Mozilla pun memutuskan telah menghentikan pengembangan Firefox OS beserta dukungan lainnya pada awal 2016 lalu.

Setelah memutuskan telah menghentikan dukungan Firefox OS untuk smartphone, Mozilla sempat mengalihkan strateginya dengan menjadikan OS tersebut sebagai pelengkap pada Smart TV. Panasonic yang pertama kali sebagai produsen elektronik ternama yang menggunakan OS besutan Mozilla tersebut pada salah satu Smart TV besutannya. Pada saat itu, Mozilla pun sempat membentuk tim khusus untuk mengembangkan Firefox OS untuk Smart TV.

Sialnya lagi-lagi, OS besutan Mozilla tersebut juga tampaknya tidak berhasil di sektor Smart TV. Mozilla kini sudah merumahkan para tim khusus tersebut yang berjumlah sekitar 50 orang. Pihak Mozilla memberikan pernyataannya terkait penghentian tim khusus pengembang Firefox OS.

“Kami memiliki inisiatif untuk menggeser tim internal yang sebelumnya fokus pada pengembangan IoT (Internet of Things) untuk beralih ke peluncuran dan skala produk komersial kami”. Alasan lain dari penghentian pengembangan Firefox OS ini adalah, Mozilla harus menghemat pengeluaran, karena sistem operasi tersebut sama sekali tidak menghasilkan keuntungan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES