in: Movies | February 20, 2017 | by: Irham

Review Film Rings: Samara Bukan Lagi Urban Legend!

Review Rings 1

Masih dengan video mematikan, Samara kembali meneror orang-orang dengan visualisasi surreal yang mencekam. Di instalasi ketiga The Ring ini, Samara menjadi sosok yang tampaknya bukan lagi sebuah ancaman horror untuk satu dua orang. Karena video tersebut sudah di gandakan beberapa kali, dan menjadikan Samara sebagai teror di semua penjuru.

Di film ketiga ini, Samara tidak lagi menghantui keluarga Rachel dan Aidan, namun teror kematian menghantui sepasang kekasih. Kini dengan Holt dan Julia, sepasang kekasih yang berjuang bersama mencari teka teki tentang video mematikan. Julia telah melihat dengan mata kepalanya sendiri, saat rekan  kekasihnya terbunuh oleh hantu video. Sementara Holt tak punya banyak waktu, ia harus menemukan orang lain untuk menonton kopi rekaman video yang telah ia buat. Akhirnya Julia berkorban untuk kekasihnya tersebut.

Review Rings 5

Rings merupakan sekuel ketiga dari dua film yang sebelumnya digarap di tahun 2002 and 2005, tapi kali ini sepertinya dieksekusi dengan lebih matang. Sayangnya itu bukan dari plot cerita yang dihadirkan, melainkan teknis adegan yang ditampilkan. Sementara garis besar cerita juga belum berubah, korban yang sudah menonton video tape harus menggandakan video dan memberikannya kepada orang lain, atau ia akan mati dalam tujuh hari.

Review Rings 4

Pengembangan cerita disekuel baru ‘Rings’, justru terlihat mengadopsi beberapa cerita horror kekinian, sebut saja Conjuring ataupun Ouija. Penonton diajak berteka-teki, apa maksud Samara sehingga ia masih saja bergentayangan dan membunuh orang-orang yang menonton videonya. Padahal, di sekuel sebelumnya, mayat Samara sudah ditemukan dan dikubur dengan layak. Namun ternyata memang masih ada kisah yang belum diketahui oleh penonton, tentang masa lalu Samara.

Tapi jalan ceritanya sendiri, kini lebih mudah ditebak. Samara rupanya ingin balas dendam, dan sampai saat ini tujuannya tersebut belum terlaksana. Lalu dibagian akhir film, kembali menimbulkan pertanyaan apa yang akan terjadi selanjutnya, karena video tersebut ternyata di kopi berkali-kali  hampir ratusan orang. Lalu bagaimana jika video tersebut nantinya muncul di internet dan bagaimana cara menghentikannya?

Review Rings 3

Yang paling banyak merubah nuansa horror di film ini, yaitu lebih banyak karakter yang kini bermunculan dan telah mengetahui tentang hantu Samara. Membuat Samara bukan lagi sebuah ‘urban legend’ tapi menjadi fakta yang bahkan oleh beberapa orang ingin ditelusuri secara sience. Samara tidak lagi ekslusif meneror satu dua orang, tapi bisa ratusan orang layaknya wabah virus atau semacamnya.

Apakah harus menonton dua film sebelumnya? Ya sepertinya anda hanya akan lebih mengerti jika anda telah menyaksikan dua film sebelumnya. Meskipun videonya hampir mirip, namun petunjuk yang diberikan oleh video kali ini berbeda dari yang pernah disaksikan pada dua film sebelumnya. Sehingga cara Julia dan Holt menjawab teka-teki dari video tersebut juga sedikit berbeda.

Sosok hantu Samara sendiri juga sebenarnya tidak ada perubahan yang signifikan, muncul dari layar televisi lalu kemudian membunuh orang dihadapannya. Hal yang tampaknya menjadi nilai lebih di film ketiga franchise The Rings ini, lebih banyak di teknis sinematik di sepanjang film.

Review Rings 2

Backsound yang lebih mencekam dan setting tempat yang juga lebih suram, tentunya selalu mendebarkan jantung penonton saat menyaksikan film. Gereja tua dan pemakaman, serta pemukiman terpencil memang menjanjikan rasa takut penonton. Tidak terlalu banyak Jump Scare  di film ini, yang entah bisa disebut kekurangan atau kelebihan. Sebagian penonton suka dengan kejutan tanpa persiapan, tapi sebagian juga sangat benci dengan hal itu.

Review Rings 6

Sayangnya semakin panjang sekuel film ini dibuat, malah semakin berkurang kesan horror yang dirasakan penonton. Penonton akhirnya akan lebih banyak menduga-duga hal-hal teknis dan strategis untuk bisa lolos dari hantu Samara. Samara lebih mirip sebuah monster atau virus yang mematikan, dan korban harus mencari cara agar bisa selamat dari kutukan video tersebut. Mungkin ini menjadi alasan kenapa dari negeri asalnya, Ringu yang pertama dibuat di Jepang di tahun 1998 sendiri tidak pernah dibuat untuk sekuel berikutnya.

Rings tayang dibioskop tanah air mulai 18 Februari 2017. Penasaran dengan sekuel baru Rings, atau puas dengan dua sekuel sebelumnya, ini akan menjadi pilhan penonton.

 

Tanggal Rilis: 18 Februari 2017

Durasi: 102 Menit

Rating: 17+

Sutradara: F. Javier Guiterrez

Pemain: Matilda Lutz, Alex Roe, Johnny Galecki, Vincent D’Onofrio

Studio: Paramount Pictures, Vertigo Entertaintment

 

 

Tags: