in: Notebook / Laptop | February 20, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook Gaming: ASUS ROG STRIX GL702VM G-SYNC

The Notebook

ASUS ROG STRIX GL702VM Notebook

ASUS ROG STRIX GL702VM tampil menarik dalam balutan warna black matte disekujur bodi yang dipadukan motif metal brush finish pada permukaan area sekitar keyboard dan sisi belakang layar. Warna orange khas ASUS STRIX Series pun tidak luput ditonjolkan pada bagian tertentu dari notebook/laptop ini. Cukup disayangkan kami menemukan bekas sentuhan tangan masih dapat dengan mudah tertinggal pada permukaan bodi notebook/laptop terutama area sekitar keyboard dan sisi belakang layar.

ASUS ROG STRIX GL702VM Screen Bezel

Salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh ASUS ROG STRIX GL702VM terletak pada ukuran bodi. Walaupun menggunakan layar ukuran 17,3 inci, ASUS ROG STRIX GL702VM tampil dengan ukuran bodi lebih ringkas dibandingkan produk sejenis. Penggunaan bezel sempit hanya selebar 1,7 cm untuk sisi atas dan bawah beserta 1,3 cm untuk sisi kanan dan kiri menjadi kunci ASUS ROG STRIX GL702VM dapat memiliki bodi dengan ukuran lebih ringkas dibandingkan notebook/laptop 17,3 inci lainnya. ASUS ROG STRIX GL702VM sendiri memiliki ukuran bodi sebesar 41,5 x 28 cm untuk sisi panjang dan lebar.

Tidak sampai disitu saja, tebal bodi ASUS ROG STRIX GL702VM dalam keadaan layar ditutup pun tergolong tipis dengan 2,47 cm saja. Siapa menyangka dengan tebal seperti itu dapat ditemukan komponen performa tinggi seperti Core i7 6700HQ dan GeForce GTX 1060 di dalam bodi ASUS ROG STRIX GL702VM. Dikombinasikan dengan bobot sebesar 2,7 kg yang tergolong ringan untuk notebook/laptop layar 17,3 inci, membuat ASUS ROG STRIX GL702VM dapat dibawa kemanapun tanpa terlalu membebani pemiliknya.

ASUS ROG STRIX GL702VM Screen

ASUS ROG STRIX GL702VM G-SYNC

ASUS ROG STRIX GL702VM dilengkapi layar LCD LED ukuran 17,3 inci dengan tingkat resolusi gambar 1920 x 1080 piksel. Biasa saja?! Tunggu dulu, layar ASUS ROG STRIX GL702VM telah mendukung tingkat refresh rate di atas rata-rata hingga 75 Hz dan dilengkapi teknologi NVIDIA G-SYNC. Alhasil ASUS ROG STRIX GL702VM siap menampilkan gambar sempurna bebas dari gejala image tearing dengan tingkat frame rate hingga 75 fps. Tidak hanya itu, teknologi NVIDIA G-SYNC juga membuat pengalaman bermain game semakin maksimal dengan hilangnya gejala input lag dan stuttering. Layar ASUS ROG STRIX GL702VM menggunakan tipe panel IPS (In-Plane Swicthing) yang dikenal mampu menghasilkan reproduksi warna secara akurat dan viewing angle hingga 178 °. ASUS pun tidak luput untuk merancang permukaan layar dengan lapisan tidak mengilap sehingga tidak memiliki sifat memantul seperti cermin yang membuat pemakaian menjadi lebih nyaman.

ASUS ROG STRIX GL702VM Side View

Sudut maksimal bukaan layar pada ASUS ROG STRIX GL702VM. Menariknya layar dapat dengan mudah dibuka dengan menggunakan satu tangan tanpa perlu menahan bagian lainnya.

ASUS ROG STRIX GL702VM Left Ports

Beralih pada sektor konektivitas, pada sisi kiri ASUS ROG STRIX GL702VM dapat ditemukan port DC-IN, satu port Gigabit Ethernet (RJ45), satu port Mini Display Port 1.4, satu port HDMI 2.0b, satu port Type-C USB 3.1 Gen 2/Thunderbolt 3, satu port USB 3.1 Gen 1, dan headphone microphone combo jack.

ASUS ROG STRIX GL702VM Right Ports

Sementara pada sisi kanan dapat ditemukan memory card slot, dua port USB 3.1 Gen 1, dan lubang kensington security lock.

ASUS ROG STRIX GL702VM Keyboard & Touchpad

ASUS ROG STRIX GL702VM dilengkapi keyboard dengan tombol numeric pad dan sebuah touchpad yang memiliki permukaan menyatu dengan tombol right click dan left click. Keyboard ASUS ROG STRIX GL702VM memiliki sejumlah keistimewaan seperti jarak penekanan hanya sejauh 1,6 mm sehingga memberikan cepat dalam merespon penekanan tombol. Tidak hanya itu, keyboard juga dilengkapi kemampuan anti-ghosting 30-key rollover yang menjamin input perintah secara sempurna bahkan saat 30 tombol ditekan secara bersamaan. Komponen keyboard juga diklaim memiliki daya tahan tinggi hingga 10 juta penekanan.

ASUS ROG STRIX GL702VM Keyboard - Backlit

Keyboard ASUS ROG STRIX GL702VM dilengkapi lampu backlit untuk memudahkan penggunaan keyboard pada kondisi gelap atau kurang cahaya. Lampu backlit memancarkan warna merah dengan tiga tingkat pengaturan intensitas cahaya. Lampu backlit hanya memiliki satu pilihan warna dan akan mematikan diri saat tombol keyboard tidak digunakan.

ASUS ROG STRIX GL702VM Screen - Back Side

Selain pada keyboard, logo ROG pada sisi belakang layar juga dilengkapi lampu LED yang akan menyala saat sistem dalam keadaan hidup.

ASUS ROG STRIX GL702VM Speaker - Right

ASUS ROG STRIX GL702VM Speaker - Left

ASUS ROG STRIX GL702VM menempatkan komponen speaker di area sekitar keyboard dengan lubang menghadap atas.

ASUS ROG STRIX GL702VM Activity LED

Pada sisi sebelah depan dapat ditemukan tiga lampu indikator yang menunjukkan kondisi notebook/laptop dalam keadaan menyala atau tidak, kondisi baterai dalam keadaan diisi atau tidak, dan aktivitas perangkat storage.

ASUS ROG STRIX GL702VM Bottom Side

Penampang sisi bawah ASUS ROG STRIX GL702VM memperlihatkan sejumlah lubang ventilasi yang ditempatkan di beberapa titik, tempat udara segar masuk ke dalam bodi notebook/laptop.

ASUS ROG STRIX GL702VM Internal Component

Akses komponen internal ASUS ROG STRIX GL702VM dilakukan dengan membuka keseluruhan penutup pada sisi bawah. Terlihat pada gambar ASUS ROG STRIX GL702VM menggunakan sistem pendingin dengan dua area pelepasan panas terpisah untuk komponen prosesor dan graphics card. Terlihat pula ASUS menempatkan komponen baterai jauh dari prosesor dan graphics card yang menghasilkan panas tinggi sehingga umur baterai menjadi lebih awet.

ASUS ROG STRIX GL702VM CPU & GPU Heatsink

Sistem pendingin untuk prosesor dan graphics card dilengkapi dua buah heatpipe tembaga yang mengalirkan panas menuju sirip-sirip heatsink. Selain heatpipe komponen baseplate juga menggunakan bahan tembaga.

ASUS ROG STRIX GL702VM Ventilation - Left

ASUS ROG STRIX GL702VM CPU Cooler

Seperti inilah sistem pendingin untuk “menjinakkan” panas dari prosesor Core i7 6700HQ. Dua buah heatpipe tembaga memiliki tugas mengalirkan panas dari prosesor menuju sirip-sirip heatsink. Sebuah kipas tipe blower akan membuang panas yang terkumpul pada sirip-sirip heatsink ke udara bebas melalui sisi belakang notebook/laptop. Penempatan lubang pembuangan udara pada sisi belakang membuat pengguna mouse, baik tangan normal maupun kidal, terbebas dari paparan udara panas.

ASUS ROG STRIX GL702VM Ventilation - Right

ASUS ROG STRIX GL702VM GPU Cooler

Sementara itu sistem pendingin pada sisi sebaliknya digunakan untuk “menjinakkan” panas dari graphics card GeForce GTX 1060. Dua buah heatpipe tembaga bertugas mengalirkan panas dari graphics card menuju sirip-sirip heatsink. Komponen chip memori GeForce GTX 1060 juga dilengkapi pelat logam di atasnya untuk membantu proses pendinginan. Khusus untuk komponen graphics card, ASUS menggunakan dua buah kipas untuk memastikan temperatur kerja GeForce GTX 1060 serendah mungkin sehingga tetap mampu mengerahkan performa terbaiknya.

ASUS ROG STRIX GL702VM Ventilation - Centre

ASUS menambahkan satu ventilasi ekstra pada sisi tengah untuk mengakomodir pembuangan panas dari kipas pendingin ekstra untuk graphics card.

ASUS ROG STRIX GL702VM Ventilation - Blocking

Dalam keadaan dibuka, kami menemukan ada bagian layar dari ASUS ROG STRIX GL702VM yang agak menutupi lubang ventilasi udara baik untuk sisi prosesor maupun graphics card. Kondisi seperti ini memang membuat aliran udara tidak sepenuhnya mengarah ke belakang tetapi ada juga yang mengarah ke sisi atas permukaan layar.

ASUS ROG STRIX GL702VM M2 & Right Speaker

ASUS ROG STRIX GL702VM dilengkapi satu slot M.2 yang dapat mengakomodir SSD tipe SATA III 6 Gbps maupun NVMe PCIe 3.0 x4. Tepat di sebelah slot M.2 terdapat komponen speaker sisi kanan. Unit pengujian kami dilengkapi satu SSD SATA III 6 Gbps dengan kapasitas 128 GB yang menjadi “rumah” untuk sistem operasi Windows 10.

ASUS ROG STRIX GL702VM SATA & Left Speaker

ASUS ROG STRIX GL702VM juga dilengkapi konektor SATA III 6 Gbps untuk mengakomodir storage HDD dan SSD ukuran 2,5 inci. Unit pengujian kami dilengkapi HDD 2,5 inci dengan kapasitas 1000 GB yang memiliki kecepatan putaran 7200 RPM dari produsen Hitachi.

ASUS ROG STRIX GL702VM Memory & PCH

ASUS ROG STRIX GL702VM dilengkapi dua slot memori/RAM DDR4 (1,2 Volt) dengan dukungan kapasitas hingga 32 GB (2x 16 GB). Untuk pasar Indonesia, produk ASUS ROG STRIX GL702VM dilengkapi satu keping memori/RAM DDR4 kapasitas 16 GB dengan kecepatan 2133 MHz. Tepat di sebelah kanan slot memori/RAM merupakan komponen chipset/PCH motherboard dengan heatsink di atasnya.

ASUS ROG STRIX GL702VM Wireless Card

Komponen wireless card Intel Dual Band Wireless-AC 7265 yang mengakomodir konektivitas nirkabel Wi-Fi ac dan Bluetooth V4.0.

ASUS ROG STRIX GL702VM Power Adapter

ASUS ROG STRIX GL702VM dilengkapi perangkat power adapter (notebook charger) yang mampu menyuplai daya listrik hingga 180 Watt.

ASUS ROG STRIX GL702VM Mouse Bundle

Perangkat mouse ROG SICA disertakan saat membeli produk ASUS ROG STRIX GL702VM.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This: