in: Highlights - Notebook / Laptop | February 28, 2017 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Notebook Gaming: Gigabyte P35X v6

The Notebook

Gigabyte P35X v6 Notebook

Gigabyte P35X v6 tampil sederhana tetapi tetap menawan dengan dominasi warna black matte disekujur bodi. Bodi luar notebook/laptop gaming ini menggunakan bahan plastik keras yang membuatnya terasa kokoh saat digunakan.  Cukup disayangkan kami menemukan bekas sentuhan tangan masih dapat dengan mudah tertinggal pada permukaan bodi notebook/laptop terutama area sekitar keyboard dan sisi belakang layar.

Gigabyte P35X v6 Top Side

Gigabyte P35X v6 Thickness

Gigabyte P35X v6 memiliki ukuran bodi sebesar 38,5 x 27 cm untuk sisi panjang dan lebar. Akan tetapi siapa menyangka jika tebal bodi Gigabyte P35X v6 saat layar ditutup hanya sebesar 2,09 cm saja atau lebih tipis dibandingkan Gigabyte P55W v6 dengan GTX 1060 yang kami ulas diartikel sebelumnya. Tidak sampai disitu saja, bobot Gigabyte P35X v6 pun tergolong ringan untuk spesifikasi yang ditawarkan dengan 2,5 kg saja. Bahkan bobot Gigabyte P35X v6 masih dapat ditekan lebih rendah lagi hingga 2,4 kg. Dengan dimensi dan bobot seperti itu tentu saja membuat Gigabyte P35X v6 tidak memiliki kendala jika dibawa bepergian.

Gigabyte P35X v6 Screen

Gigabyte P35X v6 dilengkapi layar LCD LED ukuran 15,6 inci dengan resolusi 4K/Ultra HD (3840 x 2160 piksel @60 Hz). Tidak aneh memang jika Gigabyte P35X v6 dilengkapi layar dengan resolusi setinggi itu mengingat penggunaan varian graphics card GeForce GTX 1070. Tentu saja kombinasi ukuran layar dan resolusi seperti itu membuat tingkat kerapatan piksel menjadi tinggi, 282 PPI, sehingga membuat tampilan menjadi lebih tajam. Layar Gigabyte P35X v6 juga menggunakan tipe panel IPS (In-Plane Swicthing) yang dikenal mampu menghasilkan reproduksi warna secara akurat dan viewing angle hingga 178 °. Gigabyte pun tidak luput untuk merancang permukaan layar dengan lapisan tidak mengilap sehingga tidak memiliki sifat memantul seperti cermin yang membuat pemakaian menjadi lebih nyaman.

Gigabyte P35X v6 Side View

Seperti inilah sudut maksimal bukaan layar pada Gigabyte P55W v6. Menariknya layar dapat dengan mudah dibuka dengan menggunakan satu tangan tanpa perlu menahan bagian yang lain.

Gigabyte P35X v6 Connector - Left

Beralih pada sektor konektivitas, pada sisi kiri Gigabyte P35X v6 dapat ditemukan lubang kensington security lock, satu port Gigabit Ethernet (RJ45), dua port Type-A USB 3.1 Gen 1 yang menawarkan kemampuan transfer data hingga 5 Gbps, headphone jackmicrophone jack, dan memory card slot untuk tipe SD Card.

Gigabyte P35X v6 Connector - Right

Sementara itu pada sisi kanan dapat ditemukan mini Display Port, satu port Type-A USB 3.1 Gen 1 dengan kemampuan charging dengan daya lebih besar, satu port Type-C USB 3.1 Gen 2 yang menawarkan kemampuan transfer data hingga 10 Gbps, satu port HDMI 2.0, satu port D-Sub, dan satu port DC-IN.

Gigabyte P35X v6 ODD

Gigabyte P35X v6 dilengkapi perangkat optical drive tipe DVD Writer yang ditempatkan pada sisi sebelah depan.

Gigabyte P35X v6 Keyboard & Touchpad

Perangkat input Gigabyte P35X v6 terdiri dari keyboard yang dilengkapi tombol numeric pad dan touchpad. Terdapat tombol “Fn” untuk mengakses fungsi tertentu pada tombol keyboard. Permukaan touchpad menyatu dengan tombol right click dan left click dengan garis putih sebagai pemisah tombol right click dan left click. Gigabyte menempatkan touchpad tepat ditengah posisi tombol spacebar sehingga menambah kenyamanan saat mengetik.

Gigabyte P35X v6 Backlit Keyboard

Keyboard Gigabyte P35X v6 dilengkapi lampu backlit untuk memudahkan penggunaan keyboard pada kondisi gelap atau kurang cahaya. Lampu backlit memancarkan warna putih dengan dua tingkat pengaturan intensitas cahaya.

Gigabyte P35X v6 Power Button & Speakers

Tombol power on/off ditempatkan pada sisi sebelah atas keyboard. Tepat di sisi kanan dan kiri dapat ditemukan dua buah speaker.

Gigabyte P35X v6 Speaker - Right

Gigabyte P35X v6 Speaker - Left

Komponen speaker juga dapat ditemukan pada sisi sebelah depan notebook/laptop.

Gigabyte P35X v6 Indicator Lamps

Tepat pada sisi sebelah bawah area touchpad dapat ditemukan lima lampu indikator yang menunjukkan konektivitas Bluetooth dan Wi-Fi dalam keadaan menyala atau tidak, aktivitas perangkat storage, kondisi baterai, dan kondisi sistem dalam keadaan menyala atau tidak.

Gigabyte P35X v6 Bottom Side

Penampang sisi bawah Gigabyte P35X v6 dengan sejumlah lubang ventilasi tempat udara segar masuk ke dalam bodi notebook/laptop dan tempat keluarnya suara.

Gigabyte P35X v6 Memory Door Access

Pada sisi bawah dapat ditemukan “pintu” untuk mengakses komponen memori/RAM tanpa perlu membongkar seluruh notebook/laptop.

Gigabyte P35X v6 Internal Component

Akses komponen internal Gigabyte P35X v6 dilakukan dengan melepas penutup pada sisi bawah. Gigabyte P35X v6 menggunakan sistem pendingin dengan dua area pelepasan panas terpisah untuk komponen prosesor dan graphics card. Dua area pelepasan panas terpisah membuat beban kerja setiap sirip-sirip heatsink tidak terlampau berat sehingga performa menjadi lebih optimal. Terlihat pula Gigabyte menempatkan komponen baterai menjauh dari prosesor dan graphics card, dua komponen penghasil panas paling tinggi, sehingga umur baterai menjadi lebih awet.

Gigabyte P35X v6 Heatsink

Gigabyte P35X v6 Heatsink v2

Gigabyte P35X v6 mengandalkan sistem pendingin Supra Cool Technology dengan dua buah heatpipe dan dua kipas. Komponen baseplate dari sistem pendingin tersebut tidak hanya digunakan untuk mendinginkan prosesor dan graphics card melainkan juga komponen VRM dan chip memori/VRAM. Komponen baseplate satu dan lainnya dihubungkan oleh heatpipe untuk menyeimbangkan beban pendinginan antar area pelepasan panas.

Gigabyte P35X v6 Ventilation - Left v2

Gigabyte P35X v6 Heatsink - CPU v2

Sisi pada gambar di atas digunakan sebagai area pelepasan panas untuk komponen prosesor. Lubang pembuangan ke arah belakang membuat tangan pengguna menjadi bebas dari resiko paparan udara panas.

Gigabyte P35X v6 Ventilation - Right v2

Gigabyte P35X v6 Heatsink - GPU v2

Sementara itu area ini digunakan untuk pelepasan panas dari komponen graphics card.

Gigabyte P35X v6 Memory

Gigabyte P35X v6 dilengkapi dua slot memori/RAM tipe SO-DIMM DDR4 dengan dukungan kapasitas satu keping hingga 16 GB dan pilihan kecepatan 2400 MHz atau 2133 MHz. Unit pengujian kami dilengkapi dua keping memory/RAM G.Skill RipJaws DDR4 2400 MHz.

Gigabyte P35X v6 M.2 Slots & Wireless Module

Gigabyte P35X v6 dilengkapi dua slot M.2 dengan dukungan SSD konektivitas SATA III 6 Gbps atau NVMe PCIe 3.0 x4. Unit pengujian kami datang dengan satu M.2 SSD NVMe PCIe 3.0 x4 Samsung MZVPV512HDGL.

Gigabyte P35X v6 HDD & ODD

Gigabyte P35X v6 juga dilengkapi konektor SATA III 6 Gbps yang mendukung storage 2,5 inci baik HDD maupun SSD. Unit pengujian kami dilengkapi HDD 2,5 inci 7200 RPM dari Hitachi. Komponen optical drive ditempatkan tepat disebelahnya.

Gigabyte P35X v6 Storage Caddy 01

Gigabyte P35X v6 Storage Caddy 02

Salah satu daya tarik dari Gigabyte P35X v6 adalah notebook/laptop gaming ini menyediakan caddy yang dapat digunakan untuk memasang HDD/SSD 2,5 inci pada tempat optical drive.

Gigabyte P35X v6 Battery Reset Button & ODD Lock Switch

Untuk memasang caddy, terlebih dahulu lepas komponen optical drive dengan menggeser pengunci seperti terlihat pada gambar di atas.

Terlihat pula pada gambar di atas sebuah tombol kecil untuk memutus arus antara baterai dan komponen.

Gigabyte P35X v6 ODD Released

Gigabyte P35X v6 ODD Bay

Lepas komponen optical drive dengan menariknya.

Gigabyte P35X v6 Storage Caddy Released

Masukkan caddy kemudian geser kembali posisi pengunci ke kondisi sebelumnya.

Gigabyte P35X v6 HDD & Caddy SSD

Secara total Gigabyte P35X v6 mampu menampung hingga empat perangkat storage (2X M.2 & 2X 2,5 inci SATA) dengan memasang caddy.

Gigabyte P35X v6 HDD & Caddy Storage

Komponen caddy juga dapat digunakan untuk memangkas bobot Gigabyte P35X v6 dari 2,5 kg menjadi 2,4 kg. Cukup dengan melepas komponen optical drive dan menggantinya dengan caddy kosong.

Gigabyte P35X v6 Battery

Gigabyte P35X v6 dilengkapi baterai dengan kapasitas 75,81 Wh. Kami menjumpai komponen thermal pad diatas baterai yang tampaknya digunakan untuk mengalirkan panas ke bodi notebook/laptop.

Gigabyte P35X v6 Power Adapter

Gigabyte P35X v6 dilengkapi perangkat power adapter (notebook charger) yang mampu menyuplai daya listrik hingga 200 Watt.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES