in: Storage Devices | February 21, 2017 | by: Dian Syarifuddin

Review HDD Eksternal: WD My Passport 4 TB USB 3.0

WD (Western Digital) boleh dibilang sebagai salah satu produsen yang namanya sangat mendunia di industri storage. Ada begitu banyak varian media penyimpanan berbasis Hard Disk Drive (HDD) yang ditawarkan, mulai dari model internal maupun eksternal. Seiring waktu pun, ketersediaan model storage dari WD pun terus bertambah di pasaran dengan kapasitas yang lebih lapang.

DSC03357

Namun pada Oktober 2016 lalu, WD mencoba melakukan penyegaran tampilan pada salah satu varian portable storage mereka dari seri My Passport. Untuk varian portable storage milik WD yang satu ini, hadir dengan desain yang lebih stylish. Tidak hanya perubahan pada tampilannya saja, pihak WD mengklaim kalau desain body pada WD My Passport kali ini lebih ramping, serta hadir dalam beberapa pilihan warna yang lebih menarik. Penasaran seperti apa tampilan dan paket penjualan yang disajikan WD My Passport yang satu ini? Berikut ulasan lengkapnya kami hadirkan untuk Anda.

Paket Penjualan

DSC03352 DSC03354

WD ternyata tidak hanya melakukan pembedahan desain pada perangkatnya saja, tetapi juga pada kemasan yang dimiliki oleh My Passport ini. Media penyimpanan portabel berkapasitas 4 TB yang mampir ke meja pengujian kami ini memiliki kemasan yang didominasi dengan dua warna, antara lain putih dan kuning.

Pada tampilan depan kemasannya, terdapat sebuah foto dari produk WD My Passport yang disertai dengan beberapa informasi seputar fitur, kapasitas dan masa garansinya. Sedangkan pada tampilan belakangnya terdapat beberapa informasi tambahan, seperti kompatibilitas dan beberapa fitur yang disertakan dalam beberapa pilihan bahasa.

DSC03366

Mengenai paket penjualan yang tersaji, WD My Passport ini hanya dilengkapi dengan beberapa kelengkapan utamanya berupa kabel konektor USB 3.0. Adapun mengenai kelengkapan software esensial WD untuk backup dan lainnya, tersedia di dalam HDD eksternalnya.

WD My Passport 4 TB

DSC03386

WD My Passport (2016) ini hadir dengan balutan bahan material plastik yang sangat solid dan elegan dengan setengah body tampil glossy dan setengahnya matte. Sang produsen menawarkan 6 varian warna menarik di antaranya black, read, white, blue, orange dan yellow. Soal kapasitas yang tersedia cukup lengkap dan lapang, mulai dari 1 TB, 2 TB, 3 TB dan 4 TB.

DSC03392

Pada tampilan belakangnya tidak jauh berbeda, tampil dengan setengah glossy dan matte. Pada sisi belakang ini juga Anda akan menemukan beberapa informasi seputar sertifikasi yang dimiliki media penyimpanan ini. Selain itu, pada tiap-tiap sudutnya terdapat bantalan karet. Hal tersebut ditujukan untuk meredam getaran dan juga tidak licin. Ukuran body dari WD My Passport ini juga diklaim oleh sang produsen lebih ramping. Kami pun merasa cukup nyaman saat menggenggamnya.

DSC03408

DSC03404

WD My Passport 4 TB ini tentunya didukung dengan interface USB 3.0. Dukungan interface ini mampu membuat perangkat ini menawarkan kecepatan Read/Write yang jauh lebih baik dibanding USB 2.0. Di sebelah konektornya, WD menyertakan lampu LED berwarna putih sebagai indikatornya. Sudah penasaran dengan performa yang ditawarkan WD My Passport ini? Sebelum kita memasuki segmen hasil pengujiannya, berikut kami tampilkan terlebih dahulu platform pengujian yang kami gunakan.

Platform Pengujian

  • Prosesor Intel Core i7 6950X
  • Motherboard ASUS X99 Series Deluxe II
  • RAM DDR4 Kingston HyperX Fury 16GB
  • SSD Intel NVMe 750 Series
  • Graphics Card GeForce GTX 950
  • PSU Corsair CX500
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES